Betantt.comWisata Favorit Lembata – Lembata adalah sebuah kabupaten di Provinsi NTT yang terletak di antara Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Alor.

Dengan batas wilayah Laut Flores di sebelah utara dan Laut Sawu di sebelah selatan. Sementara di sebelah barat berbatasan dengan Selat Boleng serta Selat Lamakera, dan di sebelah timur berbatasan dengan Selat Alor.

Dengan kondisi geografis berupa gugusan kepulauan, keindahan alam di Kabupaten Lembata begitu mengagumkan.

Tidak heran jika wilayah kabupaten yang beribukota di Lewoleba ini memiliki banyak destinasi unggulan. Sebagai referensi, berikut ini adalah 10 tempat wisata di Kabupaten Lembata NTT yang wajib disambagi.

Baca juga: Desa Lamalera Lembata: Tradisi Para Pemburu Paus Tradisional di Flores

Taman Daun Lewoleba

Liburan sambil belajar di alam terbuka bisa kamu dapatkan di Taman Daun Lewoleba. Taman Daun ini merupakan taman baca yang lahir dari rasa keprihatinan terhadap kurangnya sumber-sumber bacaan yang ada di di Lembata.

Taman Daun Lewoleba - Lembata. Wisata Favorit Lembata
Taman Daun Lewoleba – Lembata

Disana disediakan buku-buku bacaan secara gratis serta selalu intens dengan berbagai aktivitas terkait literasi secara swadaya oleh relawan yang tergabung di dalamnya.

Lokasi: Lewoleba Barat, Nubatukan, Kabupaten Lembata, NTT.

Bukit Cinta Waijarang

Wisata Favorit Lembata – Sebuah prasasti bertuliskan “Love” dengan sentuhan patung tangan membentuk hati menjadi ikon tempat wisata hits yang satu ini. Pesona bukit dengan pemandangan padang rumput yang menghampar semakin membuat destinasi wisata ini digandrungi oleh para traveler.

Bukit Cinta Waijarang
Bukit Cinta Waijarang

Lokasi: Desa Bour, Kecamatan Nabatukan, Kabupaten Lembata, NTT.

Desa Nelayan Lamalera

Ada banyak hal menarik yang bisa dinikmati di desa wisata ini, salah satunya adalah ritual penangkapan ikan paus secara tradisional yang membuat keberadaan desa ini semakin unik.

Desa Nelayan Lamalera - Lembata. Wisata Favorit Lembata
Desa Nelayan Lamalera – Lembata

Lokasi: Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata, NTT.

Baca juga: Pesona Ile Api, Gunung Api dari Lembata Flores

Dapur Alam Karun Watuwawer

Daya tarik berupa uap panas berkekuatan besar dari sumber gas bumi menjadi salah satu magnet yang menarik perhatian wisatawan. Dengan sumber panas bumi tersebut masyarakat setempat membuat beberapa lubang kecil dan memasukkan aneka ragam bahan makanan, seperti ubi-ubian, jagung, kacang dan lainnya. Dalam waktu sekitar 1-2 jam berbagai jenis makanan telah matang dan siap untuk dinikmati bersama. Sangat unik ya!

Dapur Alam Karun Watuwawer Lembata. Wisata Favorit Lembata
Dapur Alam Karun Watuwawer Lembata

Lokasi: Sebelah barat Desa Atakore, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, NTT.

Baca juga: Pesona Gunung Ile Ape di Lembata

Air Terjun Lodovavo Atawuwur

Keindahan air terjun alami ini akan memikat siapa saja untuk menikmati pesonanya lebih lama. Hembusan angin sejuk akan terasa begitu menyegarkan, sangat cocok untuk merefresh pikiran.

Air Terjun Lodovavo Atawuwur Nagawutun Lembata. Wisata Favorit Lembata
Air Terjun Lodovavo Atawuwur Nagawutun Lembata

Lokasi: Desa Atawai, Kecamatan Nagawutun, Kabupaten Lembata, NTT.

Tanjung Nuhanera

Dengan eksotisme keindahan bawah lautnya yang menakjubkan, destinasi wisata yang satu ini banyak dilirik sebagai lokasi diving dan snorkeling. Beberapa event wisata dan bahari juga sering diselenggarakan di tempat ini sehingga membuat Tanjung Nuhanera semakin populer di kalangan traveler.

Tanjung Nuhanera Lembata. Wisata Favorit Lembata
Tanjung Nuhanera Lembata

Lokasi: Kawasan Teluk Waienga, Kabupaten Lembata, NTT.

Pantai Mingar

Berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Lewoleba, Pantai Mingar nan eksotis bisa menjadi destinasi pilihan saat berkunjung ke Lembata. Perubahan pantai dari pasir putih selama bulan April-Januari menjadi batu karang dan sedikit pasir hitam di bulan Februari-Maret adalah salah satu keunikan yang disajikan pantai ini.

Pantai Mingar Lembata. Wisata Favorit Lembata
Pantai Mingar Lembata

Lokasi: Desa Mingar, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata, NTT.

Pantai Waijarang

Dengan akses jalan yang cukup mudah karena tak jauh dari ibukota kabupaten, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang mengagumkan.

Pantai Waijarang Lembata. Wisata Favorit Lembata

Selain panorama pantai yang khas, pemandangan Gunung Boleng di pulau seberang menjadi bonus istimewa yang memanjakan mata. Terlebih lagi ada Kumah resort yang ada di area sekitar.

Lokasi: Desa Waijarang, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, NTT.

Pantai Bean

Pantai dengan panorama eksotis ini sering disebut-sebut sebagai duplikatnya Phuket di Thailand. Akses jalan yang cukup sulit akan segera terbayarkan dengan keindahan pantai berpasir putih yang menghampar di depan mata.

Pantai Bean Lembata. Wisata Favorit Lembata
Pantai Bean Lembata

Lokasi: Dori Pewut, Kecamatan Atadei, Kabupaten Lembata, NTT.

Pantai Lewolein

Wisata Favorit Lembata – Tempat rekreasi yang satu ini menawarkan sensasi liburan yang luar biasa dengan panorama alamnya yang mengagumkan. Di bagian timur, pengunjung bisa menikmati indahnya sunset di puncak Gunung Ile Ape. Beberapa fasilitas seperti gazebo, toilet serta pusat jajanan akan membuat liburan semakin sempurna.

Pantai Lewolein Lembata. Wisata Favorit Lembata
Pantai Lewolein Lembata

Lokasi: Desa Dikesare, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata, NTT.

Peta Kabupaten Lembata

Kabupaten Lembata