Beranda Pulau Flores Ngada 10+ Tempat Wisata Terhits di Ngada

10+ Tempat Wisata Terhits di Ngada

PESAN SPONSOR

Wisata Ngada – Beribukota di Bajawa, terletak di Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan luas wilayah mencapai 1.621 km2, Kabupaten Ngada memiliki suhu yang cukup sejuk karena berada di dataran tinggi.

Kota Bajawa memiliki potensi wisata alam dan budaya yang luar biasa, tidak mengherankan jika daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para traveller di NTT.Berikut ini 10 Tempat Wisata atau Daftar Destinasi Pariwisata Terbaru dan Terpopuler di Bajawa yang bisa menjadi rujukan untuk Anda para pelancong:

Taman Laut Riung 17 Pulau

Taman laut yang terletak di pantai utara Pulau Flores ini menyajikan keindahan alam yang sangat luar biasa, baik panorama pantainya yang berpasir putih maupun keindahan alam bawah lautnya. 

Taman Laut Riung 17 Pulau
Taman Laut Riung 17 Pulau

Salah satu yang sangat populer adalah objek wisata Mawar Laut yang eksotis. Di kawasan taman laut ini pengunjung juga bisa menikmati keindahan laut dari atas bukit di Pulau Tiga yang menyajikan nuansa laut dengan gradasi warna yang berbeda.

Lokasi: Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, NTT.

Pantai Ena Bhara

Suasana pantai yang masih sangat alami dengan paduan pasir putih dan air laut yang biru menjadi suguhan alam yang begitu menenangkan pikiran. Lembutnya angin yang berhembus membuat suasana pantai semakin sejuk dan bikin rileks.

instagram/gita.marselina

Lokasi:  Desa Waebela, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, NTT.

Air Terjun Ogi

Wisata Ngada – Dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter, suasana di tempat wisata alam ini semakin sejuk karena berada di lingkungan yang masih sangat asri dan alami. Hawa sejuk yang berhembus diantara rimbunnya pepohonan membuat siapapun akan betah untuk berlama-lama menikmati suasana dan keindahan air terjunnya.

Air Terjun Ogi
instagram/yuyunlado_chanz

Lokasi: Desa Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT.

Air Terjun Wae Roa

Wisata Ngada – Air terjun yang masih sangat alami ini memiliki dua tingkatan air terjun dengan aliran airnya yang jernih dan menyegarkan. Berada di antara rimbunnya pepohonan yang menghijau, aliran air terjun Wae Roa menyajikan keindahan alam yang begitu menyejukkan mata. Tempat yang rekomended untuk menenangkan pikiran.

Air Terjun Wae Roa. Wisata Ngada, Bajawa.
instagram/prettybtr

Lokasi: Desa Tiworiwu, Kecamatan Jerebu’u, Kabupaten Ngada, NTT.

Danau Wawomudha

Panorama yang indah di Danau Wawomudha bisa dinikmati dengan mendaki bukit sekitar 30 menit.  Danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Wawomudha sehingga memuculkan 3 kawah kecil dengan warna yang cukup unik, sekilas tampak mirip dengan Danau Kelimutu namun dalam versi yang lebih mini.

Danau Wawomudha
instagram/nttadventure

Lokasi: Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT.

Wisata Alam Air Panas Mangeruda

instagram/backtobackpack23

Air panas alami di kawasan wisata ini berasal dari sumber mata air panas di sebuah kolam. Air panas dengan suhu sekitar 30 derajat tersebut mengalir diantara bebatuan sehingga menyerupai air terjun kecil. Aliran airnya yang hangat bisa memberikan efek relaksasi bagi tubuh dan pikiran.

Lokasi: Mangeruda, Desa Piga, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, NTT.

Kampung Adat Belaraghi

instagram/bajawapictures – from @thesweetamelia

Masyarakat di kampung ini masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat yang merupakan peninggalan nenek moyang, salah satunya dengan bangunan rumah yang khas. Keramahan warga akan membawa pengunjung dalam suasana yang lebih hangat. Biasanya pengunjung akan dijamu dengan hidangan tradisional berupa ubi, pisang, dan talas yang disajikan dengan kopi maupun arak.

Lokasi: Kaligejo, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, NTT.

Kampung Adat Bena

Terletak di kaki Gunung Inerie, suhu udara di kawasan adat Bena ini terasa sangat sejuk dan dingin.  Bentuk rumah adat di kampung tradisional ini sangat unik dan khas, menghadirkan sebuah budaya yang tak lekang oleh waktu. Masyarakatnya yang ramah mampu memberikan rasa nyaman, sehingga wisatawan semakin betah untuk tinggal lebih lama.

Desa Bena terdiri dari kurang lebih 45 buah rumah yang saling mengelilingi dan membentuk huruf U
Desa Bena terdiri dari kurang lebih 45 buah rumah yang saling mengelilingi dan membentuk huruf U

Lokasi:  Desa Tiworiwu, Kecamatan Jerebu’u, Kabupaten Ngada, NTT.

Panorama Manulalu

Berada tak jauh dari Kampung Bena terdapat suatu tempat yang pun tak kalah menariknya guna didatangi. Panorama Manulalu namanya. Untuk pengujung yang berkeinginan mengeksplorasi keindahan yang beda di Kota Bajawa, tak salahnya menyempatkan diri sejenak menyaksikan dan merasakan panorama alam Gunung Inerie dari Panorama Manulalu.

Terletak di Kabupaten Ngada ,di kaki bukitnya terdapat kampung adat yang terkenal yaitu Kampung Bena
Terletak di Kabupaten Ngada ,di kaki bukitnya terdapat kampung adat yang terkenal yaitu Kampung Bena

Panorama Manulalu adalah spot terbaik untuk merasakan panorama 360 derajat Gunung Inerie yang dikelilingi oleh perbukitan. Pengunjung bisa sejenak melepas lelah seraya bersantai merasakan pemandangan estetis di depan mata. Dengan tempatnya yang sedang di punggungan bukit dan udara di dekat yang menyejukkan, menjadikan lokasi ini sebagai tempat kesayangan untuk merasakan panorama alam di dekat kaki Gunung Bajawa.

Gunung Inerie

Bentuk Gunung Inerie benar-benar serupa piramida dengan pucuknya yang runcing. Terdapat sejumlah tempat di dekat Gunung Inerie yang dijadikan sebagai spot untuk merasakan keindahan dari gunung berapi yang masih aktif ini. Aimere dan Penginapan Manulalu, disinggung sebagai lokasi terbaik untuk merasakan panorama Gunung Inerie, karna dari lokasi itulah format dari gunung yang terakhir kali meletus pada tahun 1970 ini bakal terlihat jelas laksana piramida yang lancip.

Gunung Inerie Ngada Bajawa. Wisata Ngada, Bajawa.
instagram/bulle.d.air

Tak puas melulu menikmati panoramanya dari kejauhan, usahakanlah untuk langsung memanjat gunung yang mempunyai elevasi 2.245 meter di atas permukaan laut ini. Walaupun tergolong lumayan tinggi, untuk menjangkau puncak dari Gunung Inerie hanya dibutuhkan waktu selama tiga sampai lima jam.

Pulau Rutong

Pulau Rutong pun menyimpan daya tarik dengan pemandangan pasir putihnya yang estetis dan sukses menjadi pesona wisata wilayah ini. Kondisi perairan di dekat Pulau Rutong juga sangat bening sehingga ikan-ikan yang sedang berenang, serta terumbu karang yang berwarna-warni terlihat terlihat dengan jelas dari atas kapal.

Pulau Rutong. Wisata Ngada, Bajawa.
instagram/emiarfan

Kondisi perairan di dekat Pulau Rutong juga sangat bening sehingga ikan-ikan yang sedang berenang, serta terumbu karang yang berwarna-warni terlihat terlihat dengan jelas dari atas kapal. Air laut di dekat Pulau Rutong yang berwarna hijau toska seakan memberi suatu sinyal untuk para pengunjung guna segera berenang atau melakukan pekerjaan snorkeling di area ini.

Pulau Kelelawar Ontoloe

Pulau Ontoloe. Wisata Ngada, Bajawa.
instagram/lasugondo

Pulau kelelawar bakau berdiam dan menghiasi pulau terbesar di teluk Riung yakni pulau Ontoloe. Kelelawar-kelelawar bakau tersebut bergantungan pada ranting-ranting bakau baik siang maupun malam hari. Sungguh merupakan pemandangan yang sangat menakjubkan karena sangat banyak jumlahnya mencapai puluhan ribu ekor. Kelelawar bakau tersebut bergantungan pada ranting bakau yang rendah dan relatif cukup mudah terjangkau. Oleh deru mesin dan bunyi sirene Speed Board yang mendekat ke arah kelelawar-kelelawar tersebut beterbangan di sekitar lokasi pemukimannya sampai dengan saat pengunjung meninggalkan lokasi mereka.

Kawah Wawomuda Bajawa

Kawah ini terletak di dusun Ngoranale, kelurahan Susu, kecamatan Bajawa, kabupaten Ngada. Untuk mencapainya, harus berkendara selama kurang lebih 15 menit dan mendaki gunung dengan berjalan kaki sekitar 30 menit (setengah jam).

instagram/deborah.francisconi

Kawah Wawomuda terbentuk pada tahun 2001 setelah gunung Wawomuda meletus. Setelah meletusnya gunung tersebut, terbentuklah kawah ini. Kawah ini memiliki tiga kawah kecil dengan warna yang berbeda, yaitu kuning, coklat, dan merah kecoklatan. Kawah ini sering pula disebut Mini Kelimutu, karena perubahan warna pada kawah ini terjadi dari hasil reaksi vulkanis serta mikroorganisme yang ada di air kawah.

Air Panas Boba Soka

Kisah tentang Air panas Soka yg terletak 200 meter dari SDI Soka, desa Boba 1 , kecamatan Golewa Selatan, kab.Ngada tidak sekedar tempat rekreasi pemandian, tetapi kolam pemandian yg memiliki ukuran kurang lebih 12 meter x 8 meter mampu menampung 25 orang sekali berendam. Kolam air panas Soka Boba 1 memiliki khasiat menyembuhkan segala penyakit, baik penyakit medis maupun penyakit non medis, bahkan patah tulangpun mampu disembuhkan. Kolam air panas Soka sudah terkenal khasiat menyembuhkan sejak zaman nenek moyang.

Kolam Renang Air Panas Soka
Kolam Renang Air Panas Soka

Pada masa itu hanya orang-orang tertentu saja yg datang mandi karena menderita penyakit menahun dari arah Timur Mauponggo. Bagi nenek moyang masa itu datang berendam di kolam tepat jam subuh, karena pada jam itu penunggu kolam ada dua gadis cantik dan tujuh dayang-dayang juga sangat cantik sangat ramah tamah hadir pada jam itu. Dengan demikian orang yang mandi jam itu pasti sembuh.

Pantai Lengkosambi-Riung

Pantai Lengkosambi-Riung. Wisata Ngada, Bajawa.
instagram/rimania_dawa

Wisata Ngada – Warna air lautnya yang jernih berwarna hijau toska, terumbu karangnya padat dan terjaga dengan baik, riak ombaknya yang tenang menyapu lembut bibir pantai berbatu karang serta dikelilingi hijaunya hutan bakau yang menjadi habitat ribuan kelelawar. Inilah sebait cerita tentang keindahan Pantai Lengkosambi di Kecamatan Riung yang jarang terekspos media.

Pantai Leko Ena

Wisata Ngada – Keunggulan dari destinasi ini adalah keadaan alamnya yang sejuk karena dipesisir pantainya ditumbuhi oleh hutan waru yang rimbun dan pepohonan kelapa. Selain itu kalian juga bisa menikmati keindahan pemandangan piramida alam gunung Inerie yang sudah dikenal dunia. Untuk kalian yang ingin kulineran dengan nuansa seafood, kalian juga bisa dapatkan di destinasi wisata ini, kalian dapat menikmati beberapa menu makanan lokal masyarakat setempat, seperti ika lawa (ikan lawar), ikan bakar, ikan kuah, ra’a rete gurita, dan siput, kalian juga bisa menikmati kuliner lokal hasil pertanian masyarakat setempat seperti umbi-umbian, lawar batang pisang, lawar daun pisang, dll dengan cara memesan kepada masyarakat yang kalian temui di lokasi pantai tersebut.

Nah, bagi kalian yang ingin mengisi akhir pekan untuk melepaskan penat di alam pantai bersama orang-orang tersayang, sekarang ini pantai Leko Ena bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kalian kunjungi.

Alamat: Desa Ruto-Kecamatan Inerie-Kabupaten Ngada.

Puncak Wolobobo

Wisata Ngada – Wolobobo merupakan sebuah bukit yang berada di kawasan hutan lindung Wolobobo dengan ketinggian 1,500 m diatas permukaan laut. Di kawasan ini terdapat menara Telkom yang menjulang. Tempat ini merupakan salah satu alternative untuk melihat kota Bajawa dan desa – desa di sekitarnya dan gunung Inerie dan Ebulobo. Selain itu bukit wolobobo juga menjadi tempat melihat matahari terbit terbaik di Bajawa. Berada di atas puncak bukit akan memberikan kesan damai dan tenang serta nyaman karena jauh dari kebisingan dan suara kendaraan, hanya terdengar kicauan burung dan aktivitas penduduk setempat di kebun. Berdasarkan informasi yang didapat, kawasan bukit Wolobobo akan dibangun jalan setapak mengililingi bukit ini sehingga wisatawan yang berkunjung dapat melihat pemandangan yang disajikan dari berbagai arah.

Puncak Wolobobo. Wisata Ngada, Bajawa.
instagram/lasugondo

Untuk mencapai tempat ini anda dapat menyewa kendaraan atau Ojek karena tidak ada angkutan umum yang melalui kawasan ini. Jalur menuju wolobobo melalui Desa Boua, terdapat sebuah pertigaan kanan jalan apabila anda datang dari arah Bajawa. Anda akan melewati perkebunan penduduk serta hutan ampupu sebelum mencapai puncak bukit wolobobo. Tidak perlu berjalan kaki karena jalan aspal sudah di buka sampai puncak bukit ini. Hotel terdekat dari bukit wolobobo adalah Hotel Silverin Bajawa – Wolokole.

Peta Lokasi Kabupaten Ngada

Ngada

- Advertisement -
Avatar
Marko Konohttps://www.betantt.com/
Admin Utama dan Pendiri Situs Betantt.com. Si Pencinta Malam, Penikmat Gelap dan Penggila Kopi Pahit Manggarai 🙂 Anak Kampung yang suka dengan hal-hal berbau teknologi. Suka ngutak ngatik internet semenjak kelas 1 STM. Saat ini bekerja sebagai staf teknik di salah satu perusahaan swasta khusus untuk area Pulau Flores dan Pulau Sumba. Suka Blogging, Browsing, NgeYuoTube dan punya cita-cita mengembangkan bisnis online lokal sendiri.

Tinggalkan Balasan

Rekomendasi Admin

Pantai Watu Parunu, Keindahan Dibalik Kesunyian

Pulau Sumba yang adalah salah satu pulau yang menjadi unsur dari distrik Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan tidak sedikit sekali potensi wisata...

Pesona Ile Api, Gunung Api dari Lembata Flores

Lembata tidak saja tentang tradisi perburuan ikan paus, daya tarik alam dan kebijaksanaan lokalnya tak kalah unik untuk dijelajahi dan diperdalam. Salah satu pesonanya berada di suatu tanjung sebelah unsur utara pulau ini, yaitu Gunung Ile Api.

Pulau Rutong, Pulau Eksotis dalam Kawasan Riung 17 Pulau

Pulau Rutong pun menyimpan daya tarik dengan pemandangan pasir putihnya yang estetis dan sukses menjadi pesona wisata wilayah ini. Kondisi perairan di dekat Pulau Rutong juga sangat bening sehingga ikan-ikan yang sedang berenang, serta terumbu karang yang berwarna-warni terlihat terlihat dengan jelas dari atas kapal.

Gunung Egon Eksotisme Gunung Api di Sikka

Gunung Egon yang terletak di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur menyimpan bukti letusan dahsyat yang pernah terjadi, dengan adanya sebuah kawah luas menganga lebar yang akan menimbulkan rasa takjub bagi siapapun yang melihatnya. Gunung Egon sendiri berada di wilayah timur dari Maumere atau sekitar tiga puluh kilometer dari ibu kota Kabupaten Sikka tersebut.