Wisata terfavorit di Kota Kupang dan sekitarnya

Wisata Favorit di Kupang, merupakan kota terbesar sekaligus ibukota dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Nusa Tenggara sendiri adalah sebuah pulau di sebelah timur Bali. Karena lokasinya yang strategis Kupang menjadi tempat transit kapal laut internasional.

Karakter orang Kupang yang ramah seperti juga orang Indonesia lainnya menjadikan daya tarik sendiri sebagai tujuan wisata. Di Kupang terdapat beberapa obyek wisata misalnya Pantai Lasiana, Pantai Tablolong, dan lain-lain.

Kota Kupang sering mendapat julukan kota karang selain julukan kota kasih. Ini memang benar karena hampir disetiap tanah dalam wilayah kota kupang dipadankan dengan karang oleh Sang Pencipta.

Kupang memang terkenal akan panas yang terik. Apalah arti pantai yang indah kalau mataharinya tidak mendukung. Panas memang menjadi ciri khas kota kupang. Kalau kemarau tiba, pemandangan yang lazim terlihat yakni dedaunan yang berubah warna menjadi coklat.

Kalau di Kupang bemo itu angkutan kota alias mikrolet, kalau di Sulawesi namanya pete-pete. Apa bedanya dengan angkot di daerah lain? Oh jangan salah bemo di kota Kupang bak “diskotik berjalan” lengkap dengan kerlap-kerlip lampu dan music non stop. Kadang anak mudanya malahan tidak naik angkot yang tidak pernah dimodifikasi. Bemo di Kupang juga relatif terjangkau, paling mahal itu Rp. 2000,- untuk satu kali perjalanan. Angkotnya nyaman murah lagi. Makanya bemonya jarang sepi.

istilah Beta bukan cuma di Ambon saja. Istilah beta atau saya juga masuk dalam kata yang paling banyak di pakai di Kupang. Beta itu kadang disingkat “b” iya “b” doang yang artinya saya. Kalau kamu itu istilahnya “lu”. Kalau pernah dengar iklan yang bilang “beta sonde pernah terlambat lagi ke sekolah”, seperti itulah bahasa Kupang. Sonde itu artinya tidak.

Momen sunset di pantai menjadi daya tarik tersendiri yang akan membuat siapapun enggan untuk beranjak meninggalkannya.

Potensi wisata Kupang disajikan dalam ragam wisata yang cukup bervariasi sehingga semakin memanjakan wisatawan untuk berwisata ke destinasi yang diinginkan.

Selain wisata pantai yang menawan, Kupang juga memiliki potensi wisata lainnya yang tak kalah eksotis seperti air terjun dan juga taman wisata yang asik buat nongkrong dan berselfie ria.

Tidak cukup hanya berwisata saja, kamu juga bisa mengeksplore ragam budaya daerah yang masih sangat kental, salah satunya adalah dengan melihat secara langsung proses pembuatan tenun ikat khas Kupang yang terkenal mahal.

Jenis tenun ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan dan bisa menjadi souvenir berharga untuk kerabat atau keluarga.

Bukan tanpa alasan mengapa jenis kain tenun dari NTT terbilang mahal. Hal ini dikarenakan lamanya proses pembuatan untuk menghasilkan sebuah kain tenun cantik.

Mulai dari pemintalan kapas menjadi benang, proses pewarnaan dengan bahan alami, membentuk pola benang dengan cara diikat, hingga akhirnya proses menenun menggunakan peralatan tradisional.

Dengan proses yang begitu panjang, sangatlah wajar jika jenis kain tradisional khas NTT ini menjadi salah satu souvenir yang cukup mahal.

Jadi buat kamu yang memiliki budget lebih bisa membeli oleh-oleh khas yang unik ini setelah puas berwisata di Kupang.

Untuk objek wisata hits, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Kupang NTT berikut ini:

Subasuka Water Park

Subasuka Water Park ini merupakan salah satu destinasi wisata air yang berada di Kupang, Subasuka Water Park ini terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tepatnya di Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, NTT.

Subasuka Water Park Kota Kupang. Wisata Favorit Kupang
Subasuka Water Park Kota Kupang

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, minggu atau hari biasa.

Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Saat weekday, harga tiket masuk Subasuka Water Park adalah Rp20,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Subasuka Water Park adalah Rp20,000.00.

Subasuka Water Park buka jam 09.00 dan tutup jam 17.00. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Asia/Makassar.

Kupang Waterpark

Kupang Waterpak merupakan wisata rekreasi yang terlengkap yang berada di Kota Kupang dengan luas mencapai 1 hektare ini menjadikan wisata air keluarga ini menjadi yang terluas di Kupang dan paling hits juga guys. Menginat Kupang memiliki cuaca yang panas kayaknya rekreasi air adalah pilihan yang tepat juga.

Kupang Waterpark. Wisata Favorit Kupang
Kupang Waterpark

Taman rekreasi air Kupang Waterpark bukan hanya sekedar kolam renang melainkan anda bisa bermain air dengan mencoba 22 wahana permainan di sini di perbolehkan untuk segala usia.

Disini terdapat kolam renang arus di mana layaknya bermain air di laut kolam ini mampu menciptakan arus sepanjang 100 meter.

Anda juga bisa mencoba papan seluncur sejauh 8 meter melingkar seperti spiral, istana balon, three racing slide dll. Sangatlah menyenangkan untuk membawa keluarga anda untuk bermain di Kupang waterpark guys namun yang memiliki anak -anak kecil harap selalu di pantau karena luas tempat rekreasi air ini sangat luas jangan sampai hilang ya.

Tempat wisata ini menjadi wisata rekreasi yang sangat cocok, seru dan menyenangkan untuk di kunjungi saat berada di Kota Kupang nantinya. Tempatnya yang luas, lengkap dan terpopuler di Kupang

Gua Kristal

Gua Kristal Bolok Kupang. Wisata Favorit Kupang
Gua Kristal Bolok Kupang

Gua Kristal yang terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, sudah tidak sedikit membuat warga Kota Kupang dan tak ketinggalan semua pelancong dari penjuru kota-kota besar penasaran guna datang, menyaksikan dan menikmatinya lebih dekat.

Taman Rekreasi Gua Monyet

Tempat rekreasi yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur ini berada di Kelurahan Tenau, Kecamatan Alak, Kota Kupang, dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan maupun penduduk setempat setiap harinya. Oh iya, lokasinya mudah ditemukan kok, karena terletak dipinggir jalan raya menuju ke dermaga laut Tenau.

Taman Rekreasi Gua Monyet. Wisata Favorit Kupang
Taman Rekreasi Gua Monyet

Walaupun monyet-monyet disini terbilang jinak, ada baiknya kalian tetap menjaga barang bawaan atau ditinggal di mobil, mengingat bagaimanapun juga ini masih masuk dalam kategori hewan buas. Selama didalam, kalian akan disuguhkan dengan banyak aksi dan tingkah dari para monyet mulai dari bergelantungan, meloncat dari satu pohon ke pohon lain, berkejaran, berguling serta menggendong anaknya. Ini menjadikan pemandangan yang menarik perhatian para pengunjung.

Taman Nostalgia dan Gong Perdamaian

Taman Nostalgia diresmikan pertama kali pada tahun 2011. Wisata Favorit Kupang
Taman Nostalgia diresmikan pertama kali pada tahun 2011

Wisata Favorit Kupang – Di samping Bukit Cinta yang menjadi lokasi ‘terhits’ para muda mudi Kupang menguras waktu di senja hari, Kota Kupang pun menawarkan satu lokasi wisata berupa taman kota yang diberi nama Taman Nostalgia. Memiliki luas lokasi sekitar 500 m2, taman ini dihiasi oleh pepohonan dan tumbuhan rindang di masing-masing sudutnya seperti tanaman Bunga Bougenvile dan Flamboyan, yang semakin meningkatkan kesan sejuk dan asri di taman ini.

Bukit Cinta Penfui

Belum puas rasanya bilamana menjelajahi Kupang tanpa mampir ke bukit cantik yang terletak dekat dengan Bandara El Tari, Kupang ini. Hamparan bukit dengan luas belasan hektar tersebut disebut Bukit Cinta sebab bukit ini tidak jarang dijadikan sebagai lokasi memadu kasih semua pemuda dan pemudi Kupang.

Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan membuat lokasi ini selalu ramai dikunjungi. Wisata Favorit Kupang
Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan membuat lokasi ini selalu ramai dikunjungi

Setiap menjelang senja hari, bukit ini tak pernah sepi. Selalu saja diisi oleh sekelompok anak muda yang tampak memanfaatkan bukit ini sebagai lokasi untuk sebatas berkumpul, bersenda gurau dan berfoto-foto ria.

Air Terjun Tesbatan

Air Terjun Tesbatan Oekabiti Kupang. Wisata Favorit Kupang
Air Terjun Tesbatan Oekabiti Kupang

Wisata Favorit Kupang – Air Terjun Tesbatan berada di Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang. Berjarak kurang lebih 50 Km dari Kota Kupang. Untuk mencapai ke lokasi disarankan menggunakan kendaraan pribadi, karena air terjun ini letaknya cukup tersembunyi dari jalan umum.

Air Terjun Oenesu

Panasnya sinar matahari yang membakar Anda memberi kesan mencari tempat yang bisa memberikan perasaan segar namun tidak jauh dari Kupang. Salah satu atraksi favorit untuk menghilangkan kelelahan dan matahari terik adalah Air Terjun Oenesu. Wisata alam di desa Oenesu, di Kecamatan Kupang Barat, di Kabupaten Kupang, berjarak sekitar 20 kilometer dari kota Kupang.

Gerbang selamat datang ke wisata Air Terjun Oenesu
Gerbang selamat datang ke wisata Air Terjun Oenesu

Air terjun Oenesu adalah salah satu tempat favorit turis karena pesona air terjun yang dikelilingi oleh beberapa pohon. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan cuaca panas dengan panasnya kota Kupang selama musim kemarau. Selain itu, keteduhan berbagai jenis pohon memungkinkan setiap pengunjung merasa tenang dan segar. Luar biasa, air terjun Oenesu memiliki air terjun bertingkat hingga empat lapisan.

Pantai Lasiana

Pantai Lasiana Kupang. Wisata Favorit Kupang
Pantai Lasiana Kupang

Lasiana, Pantai landai dengan luas 3,5 hektar ini dihiasi oleh selama 65 pohon kelapa dan 230 pohon lontar yang berderet di sepanjang hamparan pasir putih pantai ini. Ditambah dengan gulungan ombaknya yang tidak terlampau besar, menjadikan suasana di dekat pantai terasa sejuk dan asri. Perpaduan pasir putih dan birunya laut pun kian menambah kecantikan Pantai Lasiana.

Pantai Manikin

Wisata Favorit Kupang – Di pantai ini, Anda dapat melihat aktivitas memancing di Bagan, Pulau Semau, Pulau Kera, dan Tanjung Sulamu, yang akan menarik untuk dilihat ketika matahari terbit dari ufuk barat. Keindahan matahari terbenam yang indah di pantai banyak digunakan oleh pengunjung untuk selfie, foto model yang disiapkan.

Pantai Manikin Kupang. Wisata Favorit Kupang
Pantai Manikin Kupang

Untuk menghindari penyempitan pantai akibat gelombang laut, pemerintah setempat mengambil inisiatif untuk membangun tanggul untuk mengurangi dampak gelombang di pantai Manikin. Selain tanggul di sepanjang pantai ini, tanggul alami juga dibuat dalam bentuk barisan pohon. Baris pohon juga sangat berguna dalam mencegah erosi yang disebabkan oleh gelombang laut.

Pantai Batu Nona Oesapa

Wisata Favorit Kupang – Salah satu pantai di Kupang adalah Pantai Batu Nona di Jalan Raya Raya km 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Batu Nona Oesapa Kupang. Wisata Favorit Kupang
Pantai Batu Nona Oesapa Kupang

Pantai Batu Nona adalah salah satu pantai paling populer di kota Kupang untuk menghilangkan kepenatan. Pantai ini sangat indah dengan pasir putih halus dan karang menghiasi pantai. Di satu sisi, banyak pohon palem menambah keindahan pantai ini. Pantai ini juga menyediakan kolam yang tersedia untuk pengunjung dengan harga Rp15.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Pantai Oesina (Air Cina)

Pantai Oesina adalah salah satu pantai berpasir putih di Desa Lifuleo yang menghadap ke Selat Semau dengan panjang 1 Km, dengan ciri khas pasir putih menciptakan wilayah ini menjadi tujuan wisata pilihan di Kabupaten Kupang.

Pantai Oesina (Air Cina) Kupang. Wisata Favorit Kupang
Pantai Oesina (Air Cina) Kupang

Dengan jarak selama 30 Km dari Kota Kupang ke Kupang Barat atau selama 45 menit perjalanan darat, memungkinkan wilayah ini paling mudah dicapai oleh wisatawan yang hendak menikmati alam yang masih alami dan indah. Potensi wisata bahari yang bisa dinikmati di samping pantai pasir putih di area ini ialah pengunjung bisa melakukan snorkeling untuk menyaksikan terumbu karang dan ikan-ikan karang yang cantik, selain itu pengunjung dapat mencarter perahu nelayan untuk sekedar wisata mancing di dekat pantai.

Pantai Tablolong

Tablolong, Pantai berpasir putih ini, diapit oleh Pulau Rote dan Timor, sering digunakan setiap tahun sebagai arena olahraga untuk memancing, secara nasional atau internasional.

Pantai Tablolong Kupang. Wisata Favorit Kupang
Pantai Tablolong Kupang

Perairan dalam jarak 10 mil dari DAS Tablolong adalah jalur terbang yang cukup populer dari Laut Timor ke Laut Sawu. Selain itu, kekayaan biota laut menjadikan penghasil ganggang Tablolong NTT terbesar.

Gunung Fatule’u

Fatule’u ialah sebuah bukit batu dengan elevasi 1.111 Mdpl, yang terletak di kawasan Desa Nunsaen, Kecamatan Fatule’u Tengah. Fatule’u pun mempunyai sebuah makna dalam Bahasa Dawan/Atoin Meto yang berarti “Batu Keramat”. – wisata favorit kupang

Gunung Fatule’u Kupang. Wisata Favorit Kupang
Gunung Fatule’u Kupang

Pendakian mengarah ke puncak Gunung Fateleu memakan waktu tidak cukup lebih 1.5 – 2 jam, tergantung dari kesehatan tiap pengunjung. Jalur pendakian mengarah ke puncak Gunung Fateleu nyaris seluruhnya bertipikal bebatuan cadas dengan kemiringan selama 60 – 90 derajat. Cukup memacu keberanian, adrenalin dan mental masing-masing pendakinya.

Kota Kupang

Tinggalkan Balasan