Beranda Desa Adat 5 Daftar Spot Wisata Terindah di Sumba Barat Daya

5 Daftar Spot Wisata Terindah di Sumba Barat Daya

Sumba Barat Daya adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang menghadirkan berbagai keindahan alam yang luar biasa. Dari gunung, bukit, danau yang indah, pantai yang eksotis, hingga kearifan lokal yang dibungkus dengan budaya yang indah.

Sumba Barat Daya – Nusa Tenggara Timur tampaknya bisa mendapatkan gelar sebagai sumber petualangan super eksotis. Ada begitu banyak situs petualangan yang indah di timur Nusa Tenggara, khususnya di Sumba.

SBD adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang menghadirkan berbagai keindahan alam yang luar biasa. Dari gunung, bukit, danau yang indah, pantai yang eksotis, hingga kearifan lokal yang dibungkus dengan budaya yang indah.

Pantai Bwanna – Karang Bolong adalah ikonnya!

Pantai Bwanna tidak jauh dari desa tradisional Ratenggaro, sekitar 30 menit dengan mobil. Pantai Bwanna adalah salah satu pantai yang memiliki ikon tersendiri. Ikon pantai ini adalah batu berlubang besar yang membentuk pintu.

Pantai Bwanna atau ada juga yang menyebutnya Bawana.
Pantai Bwanna atau ada juga yang menyebutnya Bawana.

Lokasinya yang dikelilingi oleh tebing membuat pantai Bwanna semakin eksotis. Pantai ini memungkinkan Anda untuk bebas memilih cara dan tempat untuk menikmati pantai. Bagi Anda yang ingin bermain pasir dan air, Anda bisa saja di bawah pantai, tetapi jika Anda ingin melihat pantai ini secara keseluruhan, panjat salah satu tebing untuk tampilan penuh.

Pantai Ratenggaro – Budaya dan keindahan pantai

Di dekat desa tradisiona Ratenggaro, jarak antara desa tradisional dan pantai sudah cukup dekat. Bagi Anda yang datang ke sini, pastikan untuk membawa uang tunai untuk kompensasi di sini.

Letaknya berdekatan dengan pantai dan memiliki laut cantik di belakang kampungnya
Letaknya berdekatan dengan pantai dan memiliki laut cantik di belakang kampungnya

Kekhasan pantai ini tidak hanya terletak pada bentang alamnya, tetapi juga budayanya. Pantai Ratenggaro dilengkapi dengan beberapa batu besar dengan pahatan unik. Batu itu bukan hiasan, melainkan makam orang Ratenggaro sebelumnya.

Kampung Adat Ratenggaro – kearifan lokal yang sederhana

Desa Tradisional Ratenggaro adalah salah satu desa tradisional yang paling banyak dikunjungi karena kearifan lokal dan keindahan alamnya. Ini menghadirkan karakteristik rumah tradisional dengan atap tinggi menyerupai menara.

Penyambutan tarian khas Sumba oleh remaja wanita Desa Ratenggaro
Penyambutan tarian khas Sumba oleh remaja wanita Desa Ratenggaro

Penduduk setempat harus memenuhi kebutuhan mereka dengan menjadi nelayan. Mereka menjadi nelayan dan juga menenun jaringan sehingga banyak petualang membawa dan membeli kain.

Pantai Mandorak

Tidak jauh dari Danau Weekuri, Pantai Mandorak adalah salah satu tempat paling eksotis di Sumba Barat Daya, Pulau Sumba. Pantainya tidak terlalu besar, ia memiliki pemandangan yang cukup ajaib.

Pantai Mandorak terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.
Pantai Mandorak terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Pantai berpasir putih halus ini, formasi miring dan air laut biru jernih membuat pantai ini lebih menyenangkan bagi mata. Selain itu, batu-batu besar seperti tebing curam memberi mereka yang melihatnya ingin melompat dari sana.

Danau Weekuri – danau indah

Danau yang indah ini dekat laut, sehingga air danau ini juga berasal dari laut, bentuk, ukuran, dan warna air pirus yang luar biasa membuat siapa pun berenang di sini.

Tidak seperti danau-danau lainnya, air di Danau Weekuri terasa asin
Tidak seperti danau-danau lainnya, air di Danau Weekuri terasa asin

Bagi Anda yang berani melompat di atas tebing di danau ini, Anda bisa memanjat batu untuk bersenang-senang atau menguji adrenalin!

Danau Weekuri telah menjadi salah satu situs petualangan dengan fasilitas lengkap. Sudah ada jalan setapak di sepanjang pagar yang mengelilingi danau.

Di sekitar danau, penduduk setempat menjual kain Sumba. Sayangnya, tidak ada fasilitas makanan dan minuman yang dapat Anda temukan di sini, jadi sepertinya Anda harus membawa makan siang Anda sendiri.

Peta Lokasi


POSTING MENARIK LAINYYA