Daftar Isi

50+ Fitur Terbaru Instagram yang Patut Anda Coba Sekarang!, Sadar akan banyaknya pengguna, Instagram pun terus menambah fitur demi tetap mampu bersaing.

Fitur Instagram Story, yang dirilis beberapa waktu lalu, merupakan bentuk adaptasi dari pesaing terdekatnya yakni Snapchat.

Kedua fitur di dua media sosial yang bersaingan ini pun menjadi salah satu bukti bahwa Facebook melalui Instagram ingin memonopoli dunia media sosial.

Di sisi lain, Instagram pun terus mengadopsi fitur yang sudah populer di berbagai media sosial lain. Bila Anda aktif bermain Instagram, maka Anda pasti menyadari bahwa Instagram rutin melakukan pembaharuan dan ada berbagai fitur baru Instagram yang mulai bermunculan.

Sejak diakuisisi oleh perusahaan internet raksasa Facebook, Instagram terus berevolusi menjadi salah satu media sosial yang paling diminati.

Tercatat, saat ini sudah ada lebih dari 100 juta pengguna aktif Instagram di seluruh dunia. Hal ini pun jelas mempertegas kedigdayaan Instagram sebagai media sosial favorit di era ini.

Instagram terus berupaya menjadi salah satu media sosial terdepan, terutama lewat Instagram Story.

50+ Fitur Terbaru Instagram yang Patut Anda Coba Sekarang!
50+ Fitur Terbaru Instagram yang Patut Anda Coba Sekarang!

50+ Fitur Terbaru Instagram yang Patut Anda Coba Sekarang!

1Fitur Truth or Dare, tebak-tebakan, dan fitur interaktif lainnya di Insta Story.

2Di Insta Story, kini Anda bisa menggunakan hashtag secara tersembunyi sehingga tidak mengganggu tampilan kontennya.

3Instagram Threads di DM, di mana pengguna bisa berbagi media secara lebih privat dengan beberapa orang layaknya dalam sebuah forum tertutup.

4Video dengan orientasi landscape di IGTV. Kini IGTV tidak hanya bisa memutar video vertikal seperti sebelumnya.

5Instagram Shoppable Posts

Lewat fitur ini, Anda bisa mengetuk produk yang ditag di sebuah foto untuk kemudian melihat informasi lengkapnya hingga berujung pada pembelian.

6Informasi tentang akun Instagram Anda (menu ‘About This Account’ )

Lewat fitur ini, Anda bisa melihat informasi historikal akun Anda seperti tanggal bergabung, negara hingga riwayat username yang pernah digunakan.

7Mengajukan status verifikasi (ikon centang berwarna biru seperti halnya Twitter) langsung dari menu pengaturan di akun Anda.

8Menyaring DM dengan lebih mudah.

Aktivitas Anda (Your Activity), sebuah halaman yang bisa Anda buka untuk melihat aktivitas Anda selama periode waktu tertentu, berisi pula informasi tentang durasi Anda menggunakan akun Instagram.

9Membagikan postingan di feed Instagram ke Insta Story dengan lebih mudah, atau sekedar merepost Insta Story orang lain yang kebetulan menge-tag akun Anda.

10Tampilan profil akun Instagram yang baru. Anda akan melihat tampilan yang lebih minimalis dengan Bio yang lebih singkat (ada tombol ‘more’ yang bisa diketuk untuk melihat bio dengan lebih lengkap).

11Alt Text untuk accessibility dan untuk memberitahu algoritma Instagram terkait media yang Anda unggah.

12Posting ke beberapa akun sekaligus sekarang bisa dan bahkan lebih gampang.

13Sticker Penghitung Mundur, di mana Anda bisa membuat semacam giveaway/promo dengan waktu hitung mundur di Instagram Story.

14Hashtag Insights yang tersedia untuk pengguna Instagram Business maupun Creator Account, bisa digunakan untuk menganalisa hashtag mana yang paling besar pengaruhnya terhadap sebuah postingan.

50+ Fitur Terbaru Instagram yang Patut Anda Coba Sekarang!

15Template Instagram Story, di mana Anda bisa menggunakan template yang didesain secara khusus dan dengannya Anda bisa tinggal mengganti kontennya saja.

Template Instagram Story semacam ini dulunya dibuat secara manual dulu untuk kemudian diunggah ke dalam Insta Story. Sekarang, setiap pengguna bisa memanfaatkan template buatan Instagram sendiri.

16Fitur ‘On This Day’ seperti yang ada di Facebook, di mana Anda bisa mengunggah ulang media yang diambil/diunggah di hari yang sama setahun atau beberapa tahun lalu.

17Berbagai fitur Insta Story seperti gif, polling, #hashtag, lokasi, timer, dan sebagainya kini bisa dipilih hanya dengan swipe ke atas, tak perlu lagi mengetuk tombol sticker seperti sebelumnya.

18Fitur anti-bully bernama Restrict, di mana pengguna bisa memblokir interaksi dengan akun-akun yang cenderung menyebarkan berita hoax, kebencian, dan sebagainya.

19Fitur Dark Mode, di mana tampilan aplikasi Instagram akan mengikuti konfigurasi fitur dark mode di smartphone Anda.

20Download seluruh konten Anda yang ada/sudah dibagikan ke Instagram.

21Bagikan rekaman Instagram Live Anda ke Instagram Story.

22Selfie sticker di Instagram Story, bisa dikombinasikan dengan konten lain di Instagram Story.

23Kini Anda bisa melakukan video call melalui DM Instagram.

50+ Fitur Terbaru Instagram yang Patut Anda Coba Sekarang!

24Anda bisa mute atau menghapus follower Instagram Anda.

25Anda bisa membagikan konten yang ada di feed akun Instagram Anda ke Instagram Story. Selain itu, Anda juga bisa membagikan konten orang lain ke Instagram Story Anda.

26Instagram kini tidak akan memberi tahu Anda apabila ada orang yang mengambil screenshot Instagram Story Anda.

27Fitur Eksplor semakin lengkap dengan Instagram Topic Channels, berisi konten yang berada dalam topik tertentu yang sesuai dengan kriteria konten yang Anda sukai.

28Pesan You’re All Caught Up akan muncul sebagai penanda bahwa Anda sudah melihat seluruh konten yang ada di Timeline Anda dengan konten terbaru.

29IGTV yang mengandung beragam video vertikal berdurasi lebih dari 1 menit kini hadir sebagai pesaing utama YouTube.

30Fitur Sticker Poll, Love Slide, #Hashtag, dan Questions di Instagram Story. Cara menggunakannya sama seperti menggunakan stiker lainnya di Instagram Story.

31Berbelanja di Instagram dengan fitur Instagram Shop. Hanya saja, sepertinya pebisnis di Indonesia belum bisa menggunakan fitur ini.

32Menyematkan musik di Instagram Story. Kini, seluruh penggun Instagram bisa menyematkan musik sebagai pelengkap konten Instagram Story-nya.

33Status online/offline dari teman Anda melalui DM Instagram. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat orang yang Anda ikuti/dan yang mengikuti Anda, apakah mereka online/offline, lewat DM Instagram.

34Upload konten yang berusia lebih dari 24 jam ke Instagram Story.

50+ Fitur Terbaru Instagram yang Patut Anda Coba Sekarang!

35Tonton Instagram Stories di PC melalui browser.

36Live Face Filters, memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur augmented reality dengan menambahkan sticker atau konten lainnya saat live video.

37Laporkan tayangan Live Video secara anonim.

38Filter komentar: Pilih siapa saja yang bisa mengomentari foto/video Anda. Anda juga bisa memblokir kata kunci tertentu atau melarang pengguna tertentu untuk mengomentari konten Instagram Anda.

39Fitur Zoom dan Musik Dramatis: Dalam rangka menyambut Halloween 2017

40Edit Foto Teman dan Kirimkan via DM

Fitur terbaru Instagram selanjutnya adalah mengedit foto teman dan mengirimkannya via DM. Anda bisa menambahkan berbagai aksesoris virtual seperti topi, kumis dan berbagai hiasan lain dan tunjukkan hasil editan Anda lewat DM.

41Kirimkan Permintaan Untuk Bergabung di Live Video Orang Lain

Kini Anda bisa ‘duet’ dengan pengguna lain yang sedang live streaming di akun Instagram-nya. Anda hanya perlu tap tombol “Go live with …” dan tunggu konfirmasi darinya.
Apabila setuju, Anda pun bisa live bersama dengannya. Atau bila Anda ingin live streaming, Anda juga bisa langsung mengajak teman-teman yang lain untuk berkolaborasi.

42Story Archive dan Story Highlights

50+ Fitur Terbaru Instagram yang Patut Anda Coba Sekarang!

Sebelumnya, Instagram telah memperkenalkan fitur Archive di mana postingan yang sudah sempat diupload bisa ‘disimpan’ ke dalam sebuah arsip pribadi.
Dengan fitur tersebut Anda bisa secara non-permanen menghapus foto/video yang sudah sempat diupload dengan cara memasukkannya ke dalam arsip pribadi Anda dan bisa sewaktu-waktu mengembalikannya lagi seperti sedia kala.
Instagram Story pun kini dilengkapi dengan fitur serupa lewat fitur Story Archive. Sementara itu untuk Story Highlights, Anda bisa mengelompokkan Story yang sudah pernah diupload ke dalam satu space baru di profil Anda.
Anda bisa menempatkan Story Highlights sebanyak yang Anda mau dari arsip dan Story tersebut akan tampil secara horizontal tepat di atas foto-foto Instagram Anda.

43Follow Hashtag Tertentu

Sekarang Anda bisa mengikuti hashtag tertentu yang Anda minati, sama seperti akun Instagram pada umumnya.
Berdasarkan hashtag tertentu, Anda pastinya bisa menyesuaikan feed Instagram Anda dengan hal-hal yang menarik bagi lewat pilihan hashtag yang lebih spesifik.
Nantinya, setiap foto dari pengguna yang menggunakan hashtag yang Anda follow akan muncul di feed Anda, sehingga semua foto yang berhubungan dengan minat Anda akan semakin mudah untuk terus disaksikan, baik berupa foto maupun video.

44Bagikan Live Video Lewat Direct Message (DM)

Ada kalanya Anda sedang asik broadcasting live video di Instagram namun banyak teman Anda yang melewatkannya. Kini teman-teman Anda bisa tetap mengikuti ‘siaran tunda’ live video via DM.
Anda pun bisa membagikan live video orang lain ke teman-teman Anda via DM. Cukup tap icon Direct seperti biasa kemudian tentukan kepada siapa Anda hendak mengirimkan live video tersebut.

45Aplikasi Instagram Untuk Desktop

Sebelum munculnya aplikasi Instagram untuk desktop, para pengguna hanya bisa menggunakan Instagram melalui web browser atau pun aplikasi pihak ketiga.
Aplikasi Instagram untuk desktop kini sudah resmi dirilis di Windows Store dan iTunes, hanya saja, fitur upload gambar belum tersedia.

46Gunakan Instagram Tanpa Internet

Saat ini, fitur Instagram Offline masih hanya tersedia di smartphone Android saja. Itu pun hanya di Android Noutgat 7.0 saja.
Meski tidak ada internet, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil dan mengedit foto hingga mengupload-nya. Foto Anda baru akan terupload hingga Anda terhubung dengan internet.
Anda juga bisa berinteraksi dengan berbagai postingan di timeline Anda seperti memberi like atau komentar, dan semuanya baru akan muncul ketika Anda terhubung dengan internet.

47Posting 10 Konten Sekaligus

Fitur ini memang sudah mulai sering digunakan oleh pengguna Instagram namun tidak lengkap bila belum menyebutnya di sini.
Bila sebelumnya kita dibatasi untuk memposting satu foto atau video saja, dengan hadirnya fitur ini, kita diberikan keleluasaan untuk memposting konten baik foto maupun video maksimal hingga 10 postingan, bisa juga dikombinasikan antara foto dan video dalam satu postingan.
Tap tombol “multiple images”, kemudian tandai foto/video mana saja yang ingin Anda posting. Anda juga bisa mengatur urutan konten tersebut.

48Otentikasi Dua Langkah

Fitur ini dihadirkan untuk memperketat keamanan akun Instagram Anda. Ada banyak sekali data Anda yang tersimpan di Instagram, dan jangan biarkan orang lain mengetahuinya.
Demi keamanan akun Anda, tentu Anda wajib menggunakan fitur keamanan yang satu ini. Untuk menggunakannya, silahkan masuk ke Profil Anda => Menu => Two-Factor Authentication => Require Security Code dan ganti tombol yang tersedia dari abu-abu menjadi berwarna biru.
Kemudian Anda harus menghubungkan nomor ponsel Anda karena melalui nomor tersebutlah kode akses Instagram Anda akan dikirimkan.

Baca Juga:

49Pesan yang Terhapus Otomatis

Agar bisa terus bersaing bahkan mengalahkan Snapchat, Instagram juga menghadirkan fitur pesan yang bisa terhapus secara otomatis. Pada awalnya, fitur inilah yang membuat Snapchat begitu digandrungi.
Untuk menggunakan fitur yang satu ini, pengguna Instagram hanya butuh masuk ke Direct Messages. Di bagian Direct Messages, gunakan ikon kamera berwarna biru untuk mengirimkan pesan berupa foto/video yang bisa terhapus secara otomatis.
Perlu diingat bahwa Anda harus menggunakan kamera berwarna biru saja, bila menggunakan warna lain (abu-abu), pesan yang terkirim akan permanen.

50Simpan atau Bookmark

Instagram memang tidak menyediakan fitur untuk mendownload gambar/video untuk digunakan di tempat lain. Namun, apabila Anda menyukai postingan tertentu dan ingin melihatnya lagi di lain waktu, fitur Bookmark bisa digunakan khusus untuk hal tersebut.
Sama seperti fitur yang terdapat di Pinterest yakni Pin-it, Anda juga bisa membuat koleksi berupa foto dengan tema tertentu yang sudah Anda bookmark di akun Instagram Anda.

51Eraser Brush

Bila Anda sudah pernah menggunakan fitur edit brush/sikat saat hendak mengedit foto di Instagram Story, Instagram menambahkan satu lagi fitur edit brush yang diberi nama Eraser Brush.
Ambil foto lewat Instagram Story dan gunakan brush lain yang Anda inginkan. Apabila fotonya sudah dipenuhi oleh warna lain, tap Eraser Brush dan perlahan hapus di bagian yang Anda inginkan. Fitur ini sangat bagus untuk membuat foto yang tidak biasa di Instagram Story Anda.

52Hashtag di Instagram Story

Fitur ini juga hanya terdapat di Instagram Story. Fitur Hashtag memungkinkan Anda untuk menempatkan sticker di Instagram Story Anda, di mana hashtag tersebut ditempatkan di atas sticker tersebut.
Sama seperti postingan Instagram lainnya, Instagram Story Anda nantinya bisa dicari menggunakan hashtag yang Anda gunakan.

53Rewind (Putar Balik)

Rewind ini berfungsi untuk memutar balik video yang ada di Instagram. Hanya saja, fitur yang satu ini cuma bisa digunakan di Instagram Story.
Bila fitur Boomerang mengulang-ulang gerakan saat video merekam penggunanya, fitur Rewind ini akan memutar rekaman dari bagian paling akhir ke bagian awal.

54Face Filter

Salah satu fitur terbaru Instagram diberi nama Face Filter. Bila Anda sudah pernah bermain Snapchat, maka Anda pasti familiar dengan fitur ini.
Face Filter merupakan salah satu fitur terbaru Instagram yang diadopsi dari fitur yang sudah lama ada di Snapchat. Filter ini memberikan efek ‘lucu’ saat kamera menghadap ke wajah seseorang.
Entah menjiplak atau tidak bukanlah masalah asal fitur ini dapat bekerja dengan baik, dan yang pasti fitur yang satu ini akan sangat menarik bagi seluruh pengguna setia Instagram.
Fitur ini hanya bisa digunakan di Instagram Story.

55Fitur Baru Instagram, #MonthofGood Menyambut Ramadan 2020

Merayakan Ramadan membuat orang-orang ingin membagikan momen Ramadan mereka. Platform Instagram merupakan salah satu platform pilihan netizen yang ramai digunakan saat bulan suci ini tiba. Netizen dari seluruh dunia mengakses Instagram untuk berbagi pengalaman dan perayaan mereka selama bulan Ramadan, dan ada lebih dari 16 juta penggunaan kata ‘Ramadan’ di Instagram pada tahun 2019 saja. Demikian melansir website resmi Instagram. Menyadari betapa pentingnya bulan Ramadan bagi umat muslim di seluruh dunia. Instagram berinisiatif membantu penggunanya untuk tetap merayakan Ramdhan dengan meriah. Instagram meluncurkan hashtag #MonthofGood di Instagram untuk menginspirasi semua orang untuk berkumpul, menyebarkan kebaikan dan berbuat baik di bulan suci Ramadan. Disamping itu Instagram juga meluncurkan kembali filter Instagram bertema Ramdahan. Berikut beberapa cara Instagram memeriahkan Ramadan 2020 Instagram mengundang penggunanya untuk melakukan berbagi tindakan baik, besar atau kecil, selama sebulan, dan mengajak pengguna lainnya melakukan hal yang sama, dengan menggunakan tagar #MonthofGood Instagram mendorong pengunanya melakukan kegiatan yang baik yang dilakukan dengan sederhana. Seperti, mengucapkan terima kasih kepada para profesional kesehatan, memposting komentar positif, atau menayangkan berbuka secara virtual untuk menyatukan teman dan keluarga dari seluruh dunia. Instagram kembali meluncurkan efek kamera AR Ramadan Lantern di Instagram, yang menampilkan ikonografi terkait dengan Ramadan dan termasuk salam dalam Bahasa Inggris, Arab, Bahasa, Turki dan Persia. Anda dapat menemukannya di kamera Stories Anda.