Beranda Air Terjun Air Terjun Oenesu Kupang Barat, Wisata Diujung Barat Pulau Timor

Air Terjun Oenesu Kupang Barat, Wisata Diujung Barat Pulau Timor

Keteduhan pohon-pohon besar dan tinggi dan deru air akan memberi Anda perasaan terapi alami gratis di tempat ini.

Gerbang selamat datang ke wisata Air Terjun Oenesu
Gerbang selamat datang ke wisata Air Terjun Oenesu

Betantt.com – Kita tahu bahwa Kupang di Nusa Tenggara Timur kering dan panas. Namun di balik gersangnya Kupang, terdapat oase menyegarkan, adalah air terjun Oenesu, sebuah oase nyata di kota Kupang. Hujan adalah sesuatu yang jarang terjadi di sini. Panasnya sinar matahari yang membakar Anda memberi kesan mencari tempat yang bisa memberikan perasaan segar namun tidak jauh dari Kupang. Salah satu atraksi favorit untuk menghilangkan kelelahan dan matahari terik adalah Air Terjun Oenesu. Wisata alam di desa Oenesu, di Kecamatan Kupang Barat, di Kabupaten Kupang, berjarak sekitar 20 kilometer dari kota Kupang.

Biaya tiket masuk sebesar 2.000 rupiah per orangnya dan 1.000 rupiah untuk parkir motor
Biaya tiket masuk sebesar 2.000 rupiah per orangnya dan 1.000 rupiah untuk parkir motor

Air terjun Oenesu adalah salah satu tempat favorit turis karena pesona air terjun yang dikelilingi oleh beberapa pohon. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan cuaca panas dengan panasnya kota Kupang selama musim kemarau. Selain itu, keteduhan berbagai jenis pohon memungkinkan setiap pengunjung merasa tenang dan segar. Luar biasa, air terjun Oenesu memiliki air terjun bertingkat hingga empat lapisan.

Meski di musim kemarau, aliran di air terjun ini akan tetap mengalir meskipun sedikit
Meski di musim kemarau, aliran di air terjun ini akan tetap mengalir meskipun sedikit

Setiap level, di antaranya, adalah kolam renang yang berbentuk alami, sehingga banyak pengunjung terbiasa berenang atau berenang. Airnya mengandung banyak kapur. Selama musim hujan, aliran dan volume air Oenesu berlimpah. Meski demikian, airnya selalu jernih. Selama musim panas, air tidak pernah mengering, tetapi tidak sebanyak selama musim hujan. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir untuk menikmati air terjun ini setiap saat.

Ada 2 buah jalur yang dapat digunakan untuk turun menikmati air terjun ini
Ada 2 buah jalur yang dapat digunakan untuk turun menikmati air terjun ini

Keteduhan pohon-pohon besar dan tinggi dan deru air akan memberi Anda perasaan terapi alami gratis di tempat ini. Pemerintah daerah tidak hanya menawarkan suasana segar dan pemandangan alam yang indah, tetapi juga beberapa kios untuk memungkinkan Anda merasakan dan menikmati air terjun yang tersisa. Selain itu, pemerintah setempat juga telah membangun jembatan kecil sehingga Anda dapat menikmati air terjun indah yang jatuh di atas bebatuan. Lokasi ini juga banyak digunakan oleh keluarga yang bersantai untuk makan siang di bawah gazebo yang tersedia.

Air terjun ini memiliki 4 buah tingkatan
Air terjun ini memiliki 4 buah tingkatan

Pesona air terjun Oenesu yang megah juga banyak digunakan untuk selfie, model foto dan foto pernikahan. Pemerintah Kabupaten Kupang telah menjalankan Area Rekreasi Oenesu sejak awal tahun 1990. Situs air terjun 1,5 hektar ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti tempat berlindung. berupa sembilan lopo, tangga menuju lokasi air terjun. Selain itu, Oenesu juga dilengkapi dengan jalur, tempat parkir, zona MCK dan ruang ganti. Bahkan dengan pelayanan seperti itu, rasa frustrasi Anda akan terbayar setelah beberapa menit di tempat ini.

Air Terjun Oenesu berjarak kurang lebih 17 km dari Kupang
Air Terjun Oenesu berjarak kurang lebih 17 km dari Kupang

Udara bersih dan pemandangan alam pohon-pohon tinggi di sekitar lokasi air terjun akan membuat Anda merasa nyaman dan malas untuk meninggalkan tempat ini. Biaya masuk Rp.1500 untuk dewasa, Rp.1000 untuk anak-anak. Parkir mobil roda empat berharga Rp.2.000 dan Rp.1.000 rupee untuk kendaraan roda dua. Untuk sampai di sana, Anda membutuhkan kendaraan pribadi atau kendaraan roda dua. Untuk menyewa kendaraan roda empat, sehari di kota Kupang bervariasi antara Rp.500.000 dan Rp.600.000 . Jika Anda naik ojek, perjalanan bisa bernilai Rp 100.000.

Air Terjun Oenesu terletak di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang
Air Terjun Oenesu terletak di Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang

Setelah mencapai lokasi, dua jalur dapat digunakan untuk turun ke dasar air terjun. Untuk jalur pertama, di sebelah kiri area, ada lereng yang cukup curam yang kemudian mengarah ke jembatan di bawah air terjun utama. Dari jembatan ini, Anda bisa melihat beberapa level air terjun. Meski jalur kedua melintasi jembatan kayu cukup memprihatinkan karena kayu kecil telah dipasang untuk menutup ruas tersebut. Kemudian, undakannya cukup curam untuk mencapai dasar air terjun. Saran bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, Anda harus membawa persediaan yang cukup karena di sini Anda tidak akan melihat toko-toko yang menjual makanan dan minuman.

POSTING MENARIK LAINYYA