Beranda Nusa Tenggara Timur 10+ Tempat Wisata Paling Hits di Maumere 'Nian Tanah Sikka'

10+ Tempat Wisata Paling Hits di Maumere ‘Nian Tanah Sikka’

PESAN SPONSOR

10 Tempat Wisata di Maumere – Ibukota Kabupaten Sikka di pesisir timur laut Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, kota Maumere merupakan tempat pementasan yang sempurna untuk memulai petualangan yang tak terlupakan untuk mengeksplorasi keindahan Flores yang menakjubkan. Kota itu sendiri diberkati dengan pemandangan perbukitan dan gunung yanh indah serta laut berwarna biru jernih yang jernih.

Maumere adalah kota terbesar di Flores, bahkan lebih besar dari Labuan Bajo di pantai barat pulau. Maumere biasa dijadikan pintu masuk alternatif bagi wisatawan untuk berwisata ke Taman Nasional Komodo, Sisi dari Labuan Bajo. Sementara, mereka yang ingin menghadiri perayaan Paskah di Larantuka, Mereka juga akan memulai dari Maumere, yang lebih mudah dihubungkan melalui udara ke daerah lain di Indonesia.

Maumere berada di bagian tersempit dari pulau yang panjang ini, ketika seseorang berdiri di desa Koting dekat kota Nita, Seseorang akan memiliki pandangan yang bagus sampai ke Laut Flores ke utara dan Laut Savu dengan Samudera Hindia.

Saat ini, Maumere juga merupakan titik awal untuk mendaki Danau Tiga Warna yang terletak di rute ke Ende.

Maumere dulunya merupakan tempat snorkeling dan diving favorit bagi wisatawan, dibuat terkenal oleh Sao Wisata Resort yang dibangun oleh pahlawan Flores sendiri, Frans Seda. Sayangnya, tsunami tahun 1992 menghancurkan sebagian terumbu karang dan kota. Sebelum itu, Maumere dianggap oleh banyak orang sebagai ilustrasi sejati “Flores” atau Bunga Kepulauan Nusa Tenggara Timur. Setelah hampir dua dekade, kota ini akhirnya kembali ke keindahannya yang dulu melalui Bandara Frans Seda yang baru direnovasi (dahulu disebut Bandara Wai Oti).

Sebelum kapal dagang Belanda tiba di sini pada abad ke-16, Maumere dikenal sebagai Sikka Alok atau Sikka Kesik. Di sini, pedagang dari China dan Makassar berdagang dengan penduduk setempat. Pedagang ini sering tinggal berhari-hari di dekat pelabuhan yang disebut Waidoko. Dengan kedatangan Belanda, Belanda kemudian membangun kantor pemerintahan di Sikka dan memberi nama baru ke daerah tersebut seperti Maunori, Mautenda, Mauwaru, Maurole, Mauponggo, dan jelas Maumere di Sikka.

Karena mayoritas anggotanya beragama Katolik, keberadaan kota ini tidak dapat dipisahkan dari gereja Larantuka. Katolisisme pertama kali diperkenalkan di sini pada tahun 1566 oleh dua misionaris dari Dominika bernama P.Joao Bautista da Fortalezza dan Simao da Madre de Deos. Mereka pertama kali memulai misinya di Paga, sebuah kota kecil sekitar 45km barat Maumere, dikirim oleh P.Antonio Cruz dari kota Larantuka. Hari ini, setiap tahun kongregasi dari Maumere menuju ke Larantuka untuk bergabung dalam Semana Santa Easter Holy Week Ritual.

Ada banyak sekali tempat wisata di maumere yang bisa kita kunjungi. Mungkin, memang banyak yang belum mengetahui tentang potensi wisata yang ada di kota Maumere. Namun, sebenarnya kota ini sendiri menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang pastinya akan sanggup membuat kalian terpesona dengan keindahannya. Berikut adalah beberapa wisata yang bisa Anda datangi ketika ke berkunjung ke Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka di Pulau Flores, NTT.

Pantai Koka

Sebagai salah satu destinasi wisata bahari di indonesia, memang tak mengherankan jika kawasan Maumere memiliki keindahan pantai yang tak bisa dianggap remeh. Salah satu destinasi tempat wisata di maumere yang berupa pantai adalah Pantai Koka. Sebuah pantai dengan keindahan yang tak perlu diragukan lagi.

Pantai Koka Sikka Maumere Flores Kecamatan Paga Nusa Tenggara Timur (1). Wisata Maumere Sikka
Pantai Koka Sikka Maumere Flores Kecamatan Paga Nusa Tenggara Timur

Jika kita berkunjung ke pantai yang satu ini maka kita akan disuguhi dengan keindahan pantainya yang sangat menawan. Pantai yang satu ini bukanlah tergolong pantai yang sepi, namun juga bukan tergolong pantai yang sangat ramai. Pantai ini akan menjadi lumayan ramai ketika hari libur tiba atau saat weekend menjelang. Biasanya yang banyak datang menuju lokasi adalah para anak muda yang berada di kawasan Maumere ataupun beberapa kawasan lain yang berada di sekitar kawasan maumere.

Pantai yang satu ini memiliki pasir yang berwarna kecoklatan dan sangat halus. Warna merah kecoklatan dari pasir ini akan sangat kontras dengan warna biru bening dari laut. Jika kalian berkunjung ke pantai yang satu ini maka kalian akan langsung tertarik untuk melepas alas kaki dan merasakan kelembutan pasirnya secara langsung. Jika kita perhatikan secara seksama, pantai Koka ini memiliki sedikit kemiripan dengan pantai tanjung Aan yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Lombok. Meskipun, pantai yang satu ini sudah terkenal keindahan alamnya, namun, bisa dikatakan bahwa fasilitas yang ada di kawasan ini masih sangat minim.

Alamat: Wolowiro, Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Patung Bunda Maria Bukit Nilo ( Maria Bunda Segala Bangsa)

Sebagai salah satu destinasi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur, kota Maumere memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang masih belum banyak orang ketahui. Tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan cukup berbeda dari lokasi wisata yang lain. Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu bagian dari wisata religi di Indonesia, tempat ini memang cukup terkenal bagi para umat Katolik yang berada di kawasan maumere.

Ini adalah 'Patung Maria Bunda Segala Bangsa'. Wisata Maumere Sikka
Ini adalah ‘Patung Maria Bunda Segala Bangsa’.

Keberadaan patung Bunda Maria setinggi 28 meter ini memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat maumere. Patung yang berada di Bukit Keling-Nilo, Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita, ini memang tak hanya banyak dikunjungi oleh pemeluk agama katolik saja. Namun, banyak juga wisatawan pemeluk agama lain yang juga datang untuk melihat kemegahan dan keindahan dari patung ini.

Patung Maria Bunda Segala Bangsa merupakan salah satu karya besar dari Kongregasi Carmel
Patung Maria Bunda Segala Bangsa merupakan salah satu karya besar dari Kongregasi Carmel

Patung seberat 6 ton ini mulai dibangun pada tahun 2004 dan diresmikan sebagai sebuah lokasi wisata religi pada tahun 2005 oleh Almarhum Uskup Agung Ende Mgr. Abdon Longinus da Cunha. Daya tarik yang ada di kawasan ini tak hanya berasal dari patung ini saja. Namun, keindahan alam yang sangat menawan dari bukit ini juga menjadi sebuah nilai lebih yang tak bisa di abaikan begitu saja. apalagi jika kita datang pada saat menjelang matahari tenggelam. Pemandangan salah satu sunset terindah di Indonesia akan menyambut kita.

Alamat: Wuliwutik, Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Teluk Maumere

Rekomendasi tempat wisata di Maumere (Flores – NTT) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Teluk Maumere. Teluk Maumere adalah salah satu tempat snorkeling terbaik di Kota Maumere dan sekitarnya.

Teluk Maumere. Wisata Maumere Sikka
instagram/bang7efri

Pasalnya, kawasan teluk yang berada di Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur ini mempunyai sebuah taman laut lengkap dengan terumbu karang, dan biota laut yang begitu eksotis.

Bukan hanya itu saja, disekitar Teluk Maumere juga terdapat 19 pulau kecil yang juga menarik dikunjungi seperti Pulau Kojadoi, Pulau Kojagete, Pulau Sukun, Pulau Babi, Pulau Kambing, dan lainnya.

Pulau Pangabatang

Berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Pelabuhan Laurens Say di Kota Maumere, destinasi ini cocok untuk Anda yang ingin menyepi. Di pulau yang hanya memiliki penduduk sekitar 60-80 orang ini terdapat satu pelabuhan kecil tempat bagi beberapa kapal nelayan untuk bersandar.

Pulau Pangabatang Maumere. Wisata Maumere Sikka
instagram/lia.liung

Ketika sampai Anda akan merasa seperti berada di pulau pribadi dan disambut oleh bentangan pasir putih yang berpadu dengan air laut jernih berwarna biru toska yang masih perawan.

Di Pulau Pangabatang ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru untuk menikmati keindahannya seperti berenang, berjemur, snorkeling, hingga diving untuk melihat pemandangan bawah lautnya yang masih alami. Tidak perlu khawatir, ombak di sekitar pulau ini tergolong kecil sehigga aman untuk Anda berenang tanpa perlu takut terbawa arus.

Alamat: Pulau Pangabatang di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

Pantai Waiara

Kabupaten Sikka di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga mempunyai banyak sekali pantai cantik, yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, salah satunya adalah Pantai Waiara.

instagram/usetinaa

Lokasi Pantai Waiara hanya berjarak kurang lebih 11 kilometer dari pusat Kota Maumere, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Wai Ara, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Selain dikenal memiliki pemandangan pantai yang begitu indah, Pantai Waiara juga dikenal mempunyai perairan dengan terumbu karang berwarna-warni, dan beragam jenis biota laut yang eksotis.

Pantai Kajuwulu

Pantai Kajuwulu berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat Kota Maumere, atau lebih tepatnya lagi berada di Jalan Raya Magepanda, Desa Magepanda, Kecamatan Sikka, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Kajuwulu Maumere. Wisata Maumere Sikka
instagram/enotunya

Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih, dan air laut yang jernih dengan gradasi warga agak kebiru-biruan. Selain itu, para wisatawan juga bisa melakukan beberapa kegiatan seru lainnya di pantai ini seperti berenang dan snorkeling.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa lebih menikmati pemandangan indah dari pantai dengan hamparan pasir putih ini dari atas sebuah puncak bukit, yang berada disekitar Pantai Kajuwulu.

Pantai Wairterang

Pantai yang lokasinya berjarak kurang lebih 28 kilometer dari pusat Kota Maumere ini tidak kalah mempesona jika dibandingkan dengan sejumlah pantai cantik lainnya di Kabupaten Sikka dan sekitarnya.

Pantai Wairterang
instagram/innaatu

Disamping itu, pantai yang secara administratif berada di Desa Wairterang, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur ini juga mempunyai beberapa spot snorkeling dan diving (menyelam).

Salah satu spot diving (menyelam) yang paling populer di perairan Pantai Wairterang, yaitu sebuah kapal milik jepang bekas peninggalan perang dunia kedua.

Hutan Mangrove Magepanda

Kabupaten Sikka di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga mempunyai sebuah hutan mangrove, yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Hutan Mangrove Magepanda.

Hutan Mangrove Magepanda Maumere. Wisata Maumere Sikka
instagram/aryapandusedjati

Hutang mangrove dengan luas kurang lebih 70 hektar ini menawarkan pemandangan hutan mangrove yang hijau, suasana laut yang tenang, dan udara yang begitu menyejukan.

Jika kamu penasaran seperti apa keindahan Hutan Mangrove Magepanda ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Replika Kota Betlehem

Apakah kamu tahu nama kota kelahiran yesus? Ya! Kota tersebut bernama ” Kota Betlehem ” di Palestina. Nah, jika kamu ingin mengetahui seperti apa bentuk kota tersebut tidak harus pergi ke Pelestina.

Replika Kota Betlehem
instagram/apriliadiaz15

Cukup berkunjung ke Kabupaten Sikka, atau lebih tepatnya di Bukit Iligai, Desa Nelle Wutung, Kecamatan Nelle, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Pasalnya, di bukit tersebut dibangun replika Kota Betlehem.

Pantai Paga

Pantai yang berada di Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur ini memang cukup jauh dari pusat Kota Maumere, yaitu sekitar 48 kilometer dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan.

instagram/yury.okh

Walaupun lokasinya cukup jauh, namun para wisatawan tidak akan dibuat kecewa dengan keindahan pantai yang ditawarkannya. Lebih menariknya lagi, para wisatawan juga bisa berwisata kuliner di pantai ini.

Gereja Tua Sikka

Wisata Maumere Sikka – Dirancang oleh arsitek yang juga merancang Katedral Jakarta, gereja ini dibangun pada tahun 1983. Walaupun sudah berusia tua, namun gereja ini masih berdiri kokoh dengan kubah setinggi 10 meter yang ditopang oleh kuda-kuda atap berbahan kayu jati. Yang menark dari gereja ini adalah desain gereja yang merupakan gabungan dari gaya bangunan Eropa dan Sikka.

Gereja Tua Sikka Maumere. Wisata Maumere Sikka
instagram/failani_ismail_darmaji

Kehadiran unsur Sikka paling jelas terlihat saat Anda memasuki ruangan gereja di mana seluruh dindingnya dihiasi oleh lukisan tenun ikat Sikka bermotif Gabar (motif khusus pakaian raja) dan Wenda (motif pakaian yang dipakai masyarakat). Selain itu, terdapat pula lukisan kaca di altar yang sudah ada sejak gereja ini berdiri yang menambah keindahannya.

Gereja Tua Sikka Maumere. Wisata Maumere Sikka
instagram/failani_ismail_darmaji

Lokasi gereja tua ini berjarak kurang lebih 28 kilometer dari pusat Kota Maumere, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Sikka, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Salah satu keunikan dari gereja yang didominasi dibangun dengan mengunakan kayu ini yaitu terdapat sebuah prasasti yang bertuliskan nama dari seorang pastor generasi pertama di Desa Sika.

Gunung Egon

Wisata Maumere Sikka – Walaupun aktivitas vulkaniknya terus meningkat, dan sering juga menimbulkan keresahan bagi penduduk setempat. Namun dalam kondisi normal, Gunung Egon adalah salah satu gunung favorit untuk didaki di Kabupaten Sikka.

Gunung Egon
instagram/soben_indo

Lokasi gunung ini lumayan jauh dari pusat ibukota Kabupaten Sikka, yaitu kurang lebih 30 kilometer atau secara administratif terletak di Kecamatan Waigiti, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Doreng

Wisata Maumere Sikka – Rekomendasi tempat wisata di Maumere (Flores – NTT) yang menarik dikunjungi terakhir yaitu Pantai Doreng. Lokasinya berada di Desa Nen Bura, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Doreng Maumere. Wisata Maumere Sikka
instagram/meg_n_gael

Kurang lebih sama dengan pantai-pantai cantik yang ada di Kabupaten Sikka, dan sekitarnya, pantai ini juga menawarkan keindahan pantai dengan hamparan pasir putih, lengkap dengan pemandangan laut yang biru.

Museum Bikon Blewut

Wisata Maumere Sikka – Destinasi tempat wisata di Maumere yang satu ini memang sangat berbeda dengan yang lain. Hal tersebut dikarenakan tempat yang satu ini banyak menyimpan sejarah yang berhubungan dengan kota Flores. Jika kita berkunjung ke suatu kota maka sebaiknya kita juga sedikit mengetahui mengenai sejarah kota tersebut.

Museum Bikon Blewut berada di area Sekolah Tinggi Filsafat Katolik di Ledalero. Wisata Maumere Sikka
Museum Bikon Blewut berada di area Sekolah Tinggi Filsafat Katolik di Ledalero.

Untuk mengetahui sejarah suatu kota maka, tempat yang pas dan sesuai adalah museum. Sebagai salah satu destinasi museum unik di Indonesia, keberadaan Museum Bikon Blawut yang berada di maumere ini memang cukup penting. Museum yang masuk di dalam kawasan Sekolah Tinggi Filsafat Katolik di Ledalero, ini menyimpan banyak sejarah masa lampau Flores yang berupa artefak dan fosil-fosil manusia purba. Museum ini Sendiri di dirikan pada tahun 1973 oleh seorang Misionaris SVD, Pastor Theodor Verhoeven.

Sebagian besar penemuan yang ada di museum ini merupakan hasil koleksi penggalian yang dilakukan oleh tim yang dipimpin Pater Verhoeven di beberapa gua di Flores dan Lembata, termasuk fosil manusia purba Flores. Wisata Maumere Sikka
Sebagian besar penemuan yang ada di museum ini merupakan hasil koleksi penggalian yang dilakukan oleh tim yang dipimpin Pater Verhoeven di beberapa gua di Flores dan Lembata, termasuk fosil manusia purba Flores.

Beliau selain sebagai seorang Pastor juga merupakan seorang arkeolog. Fosil dan artefak yang ada di dalam museum ini sendiri merupakan hasil penggalian beliau di gua-gua yang berada di sekitar Maumere. Banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Maumere selalu menyempatkan waktunya berkunjung ke Museum ini. Jika kalian datang dan berkesempatan untuk berkunjung ke Maumere, jangan lewatkan untuk berkunjung ke lokasi ini.

Alamat: jln raya maumere – ende, univ. Ledalero, Nita, Maumere

Desa Doka

Wisata Maumere Sikka – Mengunjungi Maumere tak akan pernah lengkap jika kita hanya memburu keindahan alamnya saja. Ada sisi lain yang juga harus kita jelajahi selama berada di Maumere. Penjelajahan budaya dan ada asli masyarakat yang berada di Maumere merupakan salah satu hal yang bisa kita lakukan.

Desa Doka. Sebuah Desa yang juga menjadi salah satu destinasi wisata budaya di Indonesia.
Desa Doka. Sebuah Desa yang juga menjadi salah satu destinasi wisata budaya di Indonesia.

Jika kalian ingin merasakan suasana budaya yang kental dengan keramah tamahannya dan kearifannya maka kalian bisa berkunjung ke Desa Doka. Sebuah Desa yang juga menjadi salah satu destinasi wisata budaya di Indonesia. Desa yang berada di balik gunung ini memang menyimpan kearifan lokasi khas masyarakat Flores dan Maumere. Selain itu kita juga bisa membeli dan melihat langsung salah satu hasil kebudayaan yang sangat terkenal dari Flores, yaitu kain tenunnya.

Siapa yang tak mengenal keindahan dan kualitas dari kain tenun yang berada di kawasan Flores ini. Untuk dapat menuju kawasan yang satu ini memang tidak terlalu susah. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi dan menempuh jarak sejauh 20 km dari kota Maumere. Perjalanan ini mungkin akan sedikit melelahkan, namun, setibanya di kampung ini, maka kalian akan bisa melihat beragam kegiatan khas masyarakat yang masih sangat menjunjung tinggi kebudayaan daerah mereka.

Alamat : Desa ini berada di Kecamatan Maumere, Kabupaten Sikka.

Gunung Rokatenda

Wisata Maumere Sikka – Gunung yang pernah meletus di tahun 2013 ini berada di Pulau Palue yang memiliki luas 41 km persegi. Untuk sampai sini, ada dua jalur laut yang bisa Anda tempuh, melalui Pelabuhan Maumere atau Pelabuhan Ropa.

Gunung Rokatenda Pulau Palue Maumere. Wisata Maumere Sikka
instagram/enzo_derosary

Saat sampai, Anda bisa beristirahat sejenak di Kampung Awa sebelum memulai pendakian selama 4 jam untuk sampai ke puncak Rokatenda. Lumayan memakan waktu dan tenaga memang, tapi rasa lelah Anda akan langsung terbayar lunas saat sampai di puncaknya.

Anda akan disambut oleh hamparan tanah gersang dari kawah Gunung Rokatenda yang terlihat seperti bukan di bumi. Jelajah sedikit ke sudut yang lain, kamu akan menemukan pemandangan berupa hamparan Laut Flores yang membentang sejauh mata memandang.

Pulau Kojadoi

Wisata Maumere Sikka – Konon Kojadoi, nama pulau ini merupakan pemberian dari Raja Maumere. Kojadoi berasal dari dua kata dalam Bahasa Maumere, yaitu “Koja” yang berarti Kenari dan “Doi” yang berarti Kecil. Kojadoi berarti pulau Kenari Kecil karena di utaranya terdapat pulau Kojagete, pulau Kenari Besar.

Pulau Kojadoi Maumere. Wisata Maumere Sikka
instagram/bang7efri

Pulau Kojadoi merupakan satu dari 17 pulau yang berada di Kabupaten Sikka, Flores, NTT. Dari total tersebut, hanya delapan yang berpenghuni yaitu Kojadete, Dambilah, Sukun Pemana, Palue, Babi, Sukun, Pangabatang dan Kojadoi. Pulau Kojadoi sendiri memiliki panjang sekitar 300 meter dan lebar seratus meter saja.

Pulau Kojadoi Maumere. Wisata Maumere Sikka
Pulau Kojadoi Maumere

Pulau ini dapat ditempuh setengah jam dari pelabuhan Laurens Say, Maumere dengan kapal cepat. Jika menggunakan kapal engkol, pulau ini membutuhkan waktu minimal dua jam pelayaran.

Hal unik yang ada di Kojadoi adalah jembatan batu sepanjang 680 meter yang menghubungkan dusun Kojagete di daratan sebelah utara dan dusun Kojadoi di Pulau Kojadoi, di sebelah selatannya. Jembatan ini terbuat dari campuran batu dan karang yang dibangun oleh TNI AD pada tahun 1979.

Dalam perjalanan waktu, warga bergotong royong secara swadaya menimbun jembatan ini dengan bantuan. Pada tahun 2014, Pemerintah Daerah Sikka memberikan bantuan untuk perbaikan jembatan unik ini.

Dari kejauhan saat air laut pasang, jembatan ini terlihat seperti garis sedikit melengkung yang menghubungkan pulau Kojagete dan Kojadoi. Dua buah bukit batu di utara dan selatan pulau ini terlihat mengapit sepenggal daratan rata di tengahnya.

Saat ini lebar jembatan telah memiliki lebar sekitar dua meter, dengan ketinggian hingga tiga meter. Dengan kondisi saat ini, warga Kojadoi dapat melintasi jembatan ini meski air laut sedang pasang.

Kota Maumere

- Advertisement -
Avatar
Marko Konohttps://www.betantt.com/
Admin Utama dan Pendiri Situs Betantt.com. Si Pencinta Malam, Penikmat Gelap dan Penggila Kopi Pahit Manggarai 🙂 Anak Kampung yang suka dengan hal-hal berbau teknologi. Suka ngutak ngatik internet semenjak kelas 1 STM. Saat ini bekerja sebagai staf teknik di salah satu perusahaan swasta khusus untuk area Pulau Flores dan Pulau Sumba. Suka Blogging, Browsing, NgeYuoTube dan punya cita-cita mengembangkan bisnis online lokal sendiri.

Tinggalkan Balasan

Rekomendasi Admin

Pantai Watu Parunu, Keindahan Dibalik Kesunyian

Pulau Sumba yang adalah salah satu pulau yang menjadi unsur dari distrik Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan tidak sedikit sekali potensi wisata...

Pesona Ile Api, Gunung Api dari Lembata Flores

Lembata tidak saja tentang tradisi perburuan ikan paus, daya tarik alam dan kebijaksanaan lokalnya tak kalah unik untuk dijelajahi dan diperdalam. Salah satu pesonanya berada di suatu tanjung sebelah unsur utara pulau ini, yaitu Gunung Ile Api.

Pulau Rutong, Pulau Eksotis dalam Kawasan Riung 17 Pulau

Pulau Rutong pun menyimpan daya tarik dengan pemandangan pasir putihnya yang estetis dan sukses menjadi pesona wisata wilayah ini. Kondisi perairan di dekat Pulau Rutong juga sangat bening sehingga ikan-ikan yang sedang berenang, serta terumbu karang yang berwarna-warni terlihat terlihat dengan jelas dari atas kapal.

Gunung Egon Eksotisme Gunung Api di Sikka

Gunung Egon yang terletak di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur menyimpan bukti letusan dahsyat yang pernah terjadi, dengan adanya sebuah kawah luas menganga lebar yang akan menimbulkan rasa takjub bagi siapapun yang melihatnya. Gunung Egon sendiri berada di wilayah timur dari Maumere atau sekitar tiga puluh kilometer dari ibu kota Kabupaten Sikka tersebut.