Beranda Nusa Tenggara Timur Desa Fatuulan, Negri Di Atas Awan dari Timor

Desa Fatuulan, Negri Di Atas Awan dari Timor

Desa yang terletak di Kecamatan Ki'e, Kabupaten Timor Tengah Selatan ini menyimpan pesona alam yang luar biasa indah. Saking indahnya, sampai disebut dengan Negeri di Atas Awan.

Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi yang memiliki banyak keindahan alam yang mempesona. Hampir di setiap wilayahnya memiliki daya tarik wisatawan tersendiri. Salah satunya adalah Desa Fatuulan.

Desa yang terletak di Kecamatan Ki’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan ini menyimpan pesona alam yang luar biasa indah. Saking indahnya, sampai disebut dengan Negeri di Atas Awan. Penasaran bagaimana keindahan desa yang satu ini?

Fakta Unik Desa Fatuulan:


Desa ini diselimuti kabut tebal hampir sepanjang hari

Gak salah kalau disebut desa di atas awan, hal itu karena tempat ini diselimuti kabut tebal! Fenomena alam seperti ini bisa kamu saksikan hampir sepanjang hari lho.

Desa Fatuulan, Negri Di Atas Awan dari Timor
instagram/ldo.bima13

Pemandangan alamnya membuat kamu berasa damai deh pokoknya

Di desa Fatuulan, kamu akan menemui pesona padang yang hijau, tanaman yang tumbuh subur, dan banyaknya hewan libar seperti kuda yang berkeliaran. Benar-benar seperti negeri lain yang subur dan damai deh!

Baca Juga:   5 Daftar Spot Wisata Terindah di Sumba Barat Daya

Dari atas bukit, kamu juga bisa menikmati keindahan Pantai Kolbano lho!

Karena desa ini berada di ketinggian 1800 mdpl, gak salah kalau kamu bisa melihat hamparan pantai Kolbano dari atas bukit desa Fatuulan.

Desa Fatuulan, Negri Di Atas Awan dari Timor
instagram/fance_lussie

Berada di antara bukit-bukit, desa ini terlihat sepi dan tenang

Jarak antara rumah warga di desa ini juga tidak berdekatan. Oleh karena itu, desa ini terlihat tenang dan damai. Duh jadi pengin menghabiskan waktu di sini deh!

Banyaknya pohon yang rindang dan tinggi, membuat desa ini juga memberikan kesan misterius

Kesan misterius itu sudah nampak sejak pagi. Sepanjang perjalanan ke desa Fatuulan, kamu akan menerobos jalanan hutan dan kabut yang tebal. Kok jadi keingat film horor ya?

Desa Fatuulan, Negri Di Atas Awan dari Timor
instagram/fennyfeven

Medan jalannya yang unik akan menyiksakan cerita tersendiri

Kalau dalam bahasa Dawan Timor, Fatuulan berarti batu (fatu) dan hujan (ulan). Jika digabungkan berarti batu hujan. Nama ini menggambarkan kondisi jalan setempat dengan batu besar yang lembab. Kondisi ini mendominasi daerah perkampungan sekitar.

Meski perjalanannya menantang, pemandangan di desa ini benar-benar bagus! Destinasi ini sangat cocok untuk kamu yang sesekali ingin menjauh dari keramaian kota.

Baca Juga:   Wisata Gong Perdamaian dan Taman Nostalgia Kota Kupang

Berada di Antara Bukit

Keindahan alami yang dimiliki Desa Fatu’ulan salah satunya karena kawasan ini berada di antara perbukitan. Udara yang masih segar, pohon-pohon hijau menjadi kenikmatan hakiki saat berkunjung ke kawasan ini. Pemandangannya sangat cocok bagi Teman Traveler yang jenuh dengan suasana kota yang padat, berdebu dan bising. Karena di sini, suasananya masih sepi. Rumah-rumah antar penduduk masih berjarak cukup jauh. Sudah terbayang kesegarannya?

Desa Fatuulan, Negri Di Atas Awan dari Timor
instagram/fance_lussie

Rindang Pepohonan dan Kabut Pagi

Secara geografis, Desa Fatu’ulan terletak di atas gunung dengan ketinggian 1000 mdpl. Kawasan ini juga berada satu tempat dengan hujan tropis yang masih asli dan lebat. Karena faktor-faktor alam inilah, kondisi Fatu’ulan sangat kaya akan pepohonan. Suhu udara yang sejuk, dihiasi kabut-kabut menjadi pemandangan yang setiap hari bisa Teman Traveler saksikan. Sepanjang hari, siap-siap saja dengan suhu udara yang sejuk dan asri.

Baca juga:

Hamparan Rumput Hijau yang Menyegarkan

Dalam bahasa Dawan-Timor, Fatu’ulan terdiri atas nama Fatu yang artinya bukit/gunung dan Ulan yang artinya hujan. Jika digabungkan menjadi bukit hujan. Nyatanya, di kawasan ini curah hujan lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan lain di Timor Tengah Selatan. Masyarakat Desa Fatu’ulan terbiasa dengan hujan yang lebih sering, bahkan saat wilayah lain dilanda kemarau.

Baca Juga:   Pantai Batu Lobang Maritaing Alor, Surga Tersembunyi di Batas Negri

Karena curah hujan yang berbeda, lebih tinggi, dibanding kawasan lain, kawasan ini ditumbuhi rumput yang cantiknya sama persis dengan yang ada di Kashmir India. Dengan lanskap yang landai, pepohonan dan rumput hijau yang subur, ditambah pemandangan dari sekawanan kuda dan binatang ternak lain, Teman Traveler akan betah dan berpikir ulang untuk cepat-cepat pulang.

Desa Fatuulan, Negri Di Atas Awan dari Timor
instagram/fance_lussie

Pemandangan dari Atas Batu di Ketinggian

Di Desa Fatu’ulan ada sebuah tebing batu besar yang fenomenal. Dari sini, Teman Traveler bisa menyaksikan pemandangan yang super indah. Dari hamparan Laut Timor, kelokan sungai dan Pantai Kolbano. Tidak ketinggalan juga awan-awan serta kabut yang menutupinya. Berada di atas batu tersebut, Teman Traveler serasa sedang berada di negeri atas awan.

Kecantikan Desa Fatu’ulan di Timor Tengah Selatan, tiada lagi selain menakjubkan. Tidak berlebihan jika desa ini disamakan dengan Kashmir di India. Atau, boleh lah rasanya jika ia dijuluki sebagai Kashmirnya Indonesia. Setuju?

desa fatuulan

KOMENTAR ANDA