Beranda Pulau Flores Manggarai Barat Eksplorasi Labuan Bajo, Surganya Pariwisata NTT

Eksplorasi Labuan Bajo, Surganya Pariwisata NTT

PESAN SPONSOR

Labuan Bajo, Komodo, Manggarai Barat

Labuan Bajo, Komodo di Kabupaten Manggarai Barat – merupakan salah satu destinasi yang paling dipandang di dunia. Tidak heran apabila kawasan ini seringkali masuk kedalam daftar liburan terbaik versi media Internasional. Dengan pemandangan yang unik dan keindahan yangkhas menjadi daya tarik dari Labuan Bajo.

Indonesia dipenuhi keindahan alam yang tengah memukau para petualang mancanegara. Terletak di kawasan tropis, membuat Indonesia memiliki banyak sekali keindahanyang terpancar melalui pantai, gunung, hingga flora dan faunanya. Sama seperti Labuan Bajo yang memiliki banyak sekali spot yang dapat mengisi rasa haus petualang. Tidak heran apabila Labuan Bajo seringkali di sebut-sebut surganya para petualang.

Labuan Bajo memang terkenal dengan binatang purba komodo yang memiliki bentuk seperti kadal raksasa. Namun seiring popularitas yang kian menanjak, menjadikan spot ini patut untuk di eksplorasi dan menemukan banyak spot untuk di jelajahi. Spot yang terbilang unik dan menjadi salah satu ciri khas yang di miliki kawasan ini maupun Indonesia.

Pulau Komodo & Pulau Rinca

Komodo yang mengeluarkan liur mengandung racun. Labuan Bajo, Komodo, Manggarai Barat.
Komodo yang mengeluarkan liur mengandung racun

Kedua pulau ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pelancong internasional. Terdengar dari namanya, spot ini adalah habitat asli bagi kadal raksasa komodo.

Secara administratif, pulau ini termasuk ke wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT
Secara administratif, pulau ini termasuk ke wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT

Anda bisa mengamati secara langsung dari dekat komodo. Anda akan di ajak trekking menelusuri hutan dan mendaki bukit untuk melihat kehidupan liar komodo.

Terdapat 3 macam jalur, yaitu short track, medium track, dan long track.

Pantai Pink

Pink Beach Komodo Island bisa ditempuh dengan menyewa dengan speed boat atau kapal dari Labuan Bajo. Labuan Bajo, Komodo, Manggarai Barat.
Pink Beach Komodo Island bisa ditempuh dengan menyewa dengan speed boat atau kapal dari Labuan Bajo.

Seringkali disebut dengan panggilan ‘Pantai Merah’ oleh masyarakat setempat. Namun warna merah muda yang terpancar dari pantai ini memberikan nuansa yang berbeda untuk panorama pantainya. Yang uniknya lagi warna pink ini terlihat gradasi dengan pasir putih. bagi Anda para pecinta alam bawah laut, spot ini adalah spot yang cocok untuk Anda snorkeling karena karang laut dan koral yang sangat indah.

Manta Point

Manta Point meruapak salah satu spot di tengah lau yang bisa di nikmati dengan mengamati pemandangan keindahan bawah laut. Sesuai dengan namanya pula, Anda bisa berenang bersama manta ray. Dengan berenang dan snorkeling di spot ini Anda bisa merasakan sensasi petualangan berbeda.

Pulau Padar

Biru dan jernihnya air di Pulau Padar. Labuan Bajo, Komodo, Manggarai Barat.
Biru dan jernihnya air di Pulau Padar

Pulau Padar mulai menanjak pamrnya sejak tahun 2014 dimana banyak sekali foto dan ulasa para petualang yang pernah berkunjung ke spot ini. Hingga sekarang, pulau ini menjadi spot favorit untuk dikunjungi di kawasan Labuan Bajo. Selain itu Anda bisa menikmati pemandangan dari danau ini dengan menyaksikan sunset dan sunrise dia atas bukit Pulau Padar.

Pulau Kambing

Pulau Kambing, Komodo, Labuan Bajo. Labuan Bajo, Komodo, Manggarai Barat.
Pulau Kambing, Komodo, Labuan Bajo

Tidak seperti namanya, Pulau ini tidak terdapat kambing sama sekali atau tidak memiliki aroma seperti kambing. Tapi pulau kecil yang terletak di labuan Bajo ini menyimpan banyak sekali keindahan yang diwarnai oleh jernihnya air laut dan alam bawah laut yang sangat indah, oleh karena hal tersebut diving dan snorkeling menjadi kegiatan yang tepat di spot ini. Spot yang sangat tenang ini bisa memberikan Anda sensasi relaksasi dengan pemandangan yang indah.

Pulau Kalong

Pulau Kalong di Taman Nasional Komodo, Surganya Para Kelelawar di Flores. Labuan Bajo, Komodo, Manggarai Barat.
Pulau Kalong di Taman Nasional Komodo, Surganya Para Kelelawar di Flores

Spot ini menjadi salah satu yang unik di labuan Bajo. Dengan pemandangan matahari senja yang diwarnai ribuan kalong berterbangan di pulau ini menjadikan pemandangan yang sangat indah. Anda bisa menikmati pemandngan ini setiap senja dan menjadi salah satu pemandangan unik.

Pantai Gede

Terletak di Desa Gorontalo, jarak desa ini dari Labuan Bajo sekitar 1 kilometer dengan akses jalanan beraspal sehingga sangat mudah bagi pengunjung untuk megunjungi spot yang satu ini. Yang membuat unik pantai ini adalah dua bukit yang membentang, yaitu Bukit Pramuka dan Bukit Gorontalo. Dengan pasir putih yang panjang dan pemandangan pulau-pulau kecil menjadikan spot ini sebagai tempat yang cocok untuk menyaksikan view sunset terbaik.

Gua Batu Cermin

Gua Liang Bua Rumahnya 'The Hobbit' Homo Floresiensis dari Manggarai_Betantt. Labuan Bajo, Komodo, Manggarai Barat.
Gua Liang Bua Rumahnya ‘The Hobbit’ Homo Floresiensis dari Manggarai_Betantt (1)

Spot yang satu ini terletak di Desa Batu Cermin, kurang lebih 3 kilometer dari Labuan Bajo. Sinar matahari yang masuk kedalam gua seolah-olah merefleksikan cahaya kecil ke area lain di gua, layaknya cermin. Yang unik dari gua sepanjang 200 meter ini adalah ssepanjang lorong di penuhi oleh stalagtit dan stalagmit yang memberikan pemandangan yang indah di dalam gua. Selain itu, tidak jarang juga di temukannya fosil hewan laut yang menempel di dinding gua. Seperti fosil terumbu karang, ikan, dan penyu.

Gua ini pernah diteliti lebih lanjut oleh Theodore Verhoven, seorang pastor Belanda yang juga seorang arkeolog, pada tahun 1951. Menurut penelitian Verhoven, gua ini selama ribuan tahun yang lalu berada di dasar laut.

Danau Sano Nggoang

Danau ini merupakan danau vulkanik terbesar di kawasan timur Indonesia dengan luas mencapai 513 ektar dan kedalaman hingga 500 meter. Anda bisa melihat panorama danau ini dengan jelas di Puncak Golo Dewa yang letaknya bersebelahan. Spot ini merupakan spot terbaik untuk melihat pemandangan Danau Sano Nggoang.

Burung Pitta di kawasan Danau Sano Nggoang, Manggarai Barat, Flores, NTT. Labuan Bajo, Komodo, Manggarai Barat.
Burung Pitta di kawasan Danau Sano Nggoang, Manggarai Barat, Flores, NTT.

Tentunya Anda bisa mencapai spot ini dari Kampung Nunang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Danau Sano Nggoang menjadi habitat asli 90 jenis burung dan 4 diantaranya adalah endemik flores. APabila Anda ingin menginap, spot ini menjadi spot yang tepat pula, bro.

Petualangan di Nusa Tenggara Timur memang sangat seru, khususnya di labuan Bajo karena memiliki banyak spot untuk di eksplorasi dan memancarkan pemamndangan yang sangat unik sehingga memberikan sensasi yang berbeda pula bagi para petualang.

Peta Lokasi Labuan Bajo

Labuan Bajo, Manggarai Barat

- Advertisement -
Avatar
Marko Konohttps://www.betantt.com/
Admin Utama dan Pendiri Situs Betantt.com. Si Pencinta Malam, Penikmat Gelap dan Penggila Kopi Pahit Manggarai 🙂 Anak Kampung yang suka dengan hal-hal berbau teknologi. Suka ngutak ngatik internet semenjak kelas 1 STM. Saat ini bekerja sebagai staf teknik di salah satu perusahaan swasta khusus untuk area Pulau Flores dan Pulau Sumba. Suka Blogging, Browsing, NgeYuoTube dan punya cita-cita mengembangkan bisnis online lokal sendiri.

Tinggalkan Balasan

Rekomendasi Admin

Pantai Watu Parunu, Keindahan Dibalik Kesunyian

Pulau Sumba yang adalah salah satu pulau yang menjadi unsur dari distrik Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan tidak sedikit sekali potensi wisata...

Pesona Ile Api, Gunung Api dari Lembata Flores

Lembata tidak saja tentang tradisi perburuan ikan paus, daya tarik alam dan kebijaksanaan lokalnya tak kalah unik untuk dijelajahi dan diperdalam. Salah satu pesonanya berada di suatu tanjung sebelah unsur utara pulau ini, yaitu Gunung Ile Api.

Pulau Rutong, Pulau Eksotis dalam Kawasan Riung 17 Pulau

Pulau Rutong pun menyimpan daya tarik dengan pemandangan pasir putihnya yang estetis dan sukses menjadi pesona wisata wilayah ini. Kondisi perairan di dekat Pulau Rutong juga sangat bening sehingga ikan-ikan yang sedang berenang, serta terumbu karang yang berwarna-warni terlihat terlihat dengan jelas dari atas kapal.

Gunung Egon Eksotisme Gunung Api di Sikka

Gunung Egon yang terletak di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur menyimpan bukti letusan dahsyat yang pernah terjadi, dengan adanya sebuah kawah luas menganga lebar yang akan menimbulkan rasa takjub bagi siapapun yang melihatnya. Gunung Egon sendiri berada di wilayah timur dari Maumere atau sekitar tiga puluh kilometer dari ibu kota Kabupaten Sikka tersebut.