Festival Kelabba Madja Sabu Raijua 2021

  • Whatsapp

Festival Jelajah Pesona Kelabba Madja Sabu Raijua 2021 dikhususkan untuk para wisatawan Lokal, Nasional dan Internasional diluar pulau sabu yang akan mengunjungi seluruh destinasi pariwisata yang ada di pulau Sabu Raijua.

Di kalabba Maja juga terdapat tiga batu besar yang melambangkan sosok bapak, ibu dan anak. Di antara ketiga batu tersebut ada satu tempat yang dijadikan altar persembahan bagi Dewa Maja. Tiap purnama bulan Juli, warga setempat melakukan ritual pemotongan hewan kurban untuk memohon keselamatan dan kesuburan. Pada Oktober 2018 lalu, Kelabba Maja dinobatkan sebagai surga tersembunyi terpopuler dan meraih juara satu dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

Bacaan Lainnya
Festival Kelabba Madja Sabu Raijua 2021
Festival Kelabba Madja Sabu Raijua 2021

Festival Kelabba madja kali ini diharapkan akan mampu mendorong dunia pariwisata di Kabupaten Sabu Raijua. Serta turut memajukan aneka wisata yang lain, seperti kuliner, kebudayaan dan ekonomi kreatif ke seluruh dunia. Salah satunya adalah mengembangkan dan memperkenalkan kain tenun Sabu yang saat ini disukai oleh banyak orang.

Berikut ini adalah urutan acara Festival Kelabba Madja 2021:

Upacara pembukaan festival diawali dengan parade budaya dan penobatan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menjadi Mone Hawu Raijua. Prosesi penobatan diawali alunan nyanyian kuno berbahasa lokal oleh tetua adat, diikuti mone ama dari enam wilayah adat.

Nyanyian secara solois itu lalu diikuti ratusan warga, laki dan petempuan yang mengenakan pakaian adat. Mereka berdiri membentuk setengah lingkaran sementara Gubernur VBL berdiri berhadap-hadapan dengan tetua adat yang melantunkan “lagu pelantikan” VBL sebagai Mone Hawu Raijua itu.

Hari Pertama

Pada hari pertama festival, akan ada acara seremonial tradisional, tarian Habba Koorai dengan 100 peserta, konferensi pers, dan gala dinner yang dihibur dengan musik Kladik Haba Koorai dan Tarian Hoko Due.

Hari Kedua

Pada hari kedua, akan ada kegiatan trekking ke Pantai Kepo di Desa Helapadji, Kecamatan Sabu Liae. Acara ini akan diwarnai dengan tampilan Tarian Kenoto.

Setelah itu pergi ke Pantai Rae Nea, Desa Loborui, Kecamatan Sabu Timur dengan dengan diiringi tarian Waratada, Tarian Delo, dan kompetisi mendayung.

Hari Ketiga

Pada hari ketiga, akan di adakan trekking ke Gua Mabala yang termasuk dalam API 2019. Selanjutnya ke Desa Tradisional Kujiratu dan Pantai Nyiwudu.

Adapun di hari keempat, kunjungan dikhususkan di sekitar area Kelaba Madja.

Pembentangan Kain Tenun Sabu Sepanjang 68 meter di Kelabba Madja

Di hari terakhir festival Kelabba Madja Sabu Raijua, akan di adakan pembentangan kain tenun Sabu dengan panjang 68 meter dan lebar 91 cm yang akan dibentangkan di sepanjang lembah Kelabba Madja. Adapun kain tenun ini akan dibentangkan oleh penari dari SMAN 1 Hawu Mehara.

Kain tenun ini adalah karya Ibrahim Bire Logo, warga Sabu Raijua. Kain ini telah memecahkan rekor MURI sebagai kain tenun terpanjang.

Selain pembentangan kain tenun di lembah Kelabba Madja, akan ada pertunjukan Ledo Djara, yaitu tarian yang dilakukan oleh para kuda. Yang uniknya, tarian ini cuman ada satu-satunya di dunia, tepatnya di Pulau Sabu.

Tahun depan, selain Festival Jelajah Pesona Kelabba Madja, Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua juga akan menggelar Festival Niki Madja di Kecamatan Raijua, sebab di sana ada telapak kaki Gadja Mada, Bukit Senyum, Baju Madja, sumur Madja dan masih banyak objek wisata menarik lainnya.

Last Update: 8 Juni 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *