Kolam LOTI NAIONI yang Viral di Kota Kupang Bersifat Musiman, Simak Penjelasanya!

  • Whatsapp

Kolam LOTI NAIONI yang Viral di Kota Kupang Bersifat Musiman, Simak Penjelasanya! – Betantt.com, Usai badai tropis Seroja yang menerjang wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), muncul fenomena pulau baru di sekitar perairan Kabupaten Rote Ndao, serta kolam baru hasil bekas tambang batuan karst di Loti, Nainoni – Kota Kupang.

Selain terjadi fenomena pulau baru, usai badai Seroja juga terbentuk danau baru di Kelurahan Sikumana, Kota Kupang.

Bacaan Lainnya

Kolam Loti Naioni Bersifat Musiman, Ini Penjelasanya

Dikutip dari Tirto.id, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dr. Herry Kota mengatakan fenomena alam terbentuknya danau baru di Kelurahan Sikumana, Kota Kupang saat terjadinya badai siklon tropis Seroja merupakan jenis danau dolina atau danau karst.

Namun, ia menegaskan bahwa danau dolina merupakan danau musiman sehingga ketika musim kemarau dengan penguapan yang tinggi maka air yang ada kembali menjadi kering.

Ia memperkirakan air dalam danau di Kelurahan Sikumana itu kembali mengering saat wilayah NTT masuk musim kemarau pada Oktober mendatang.

Menurutnya, intensitas hujan yang sangat tinggi ketika terjadi badai tropis Seroja memungkinkan terbentuknya danau dolina seperti terjadi di Kelurahan Sikumana.

Sedangkan potensi adanya longsoran pada daerah sekitar danau baru itu menurutnya sangat kecil, karena tidak ada tekanan air yang besar menuju danau yang baru terbentuk itu.

Baca Juga: Oeluan, Oebubun, Oesoko Hingga ke Oelbinose: 10+ Tempat Wisata Instagramble di TTU 2021

Baca Laman Berikutnya —->

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *