Gua Liang Toge Elar, Manggarai Timur

Gua Liang Toge Manggarai – Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang berada di selatan khatulistiwa. Provinsi ini merupakan wilayah kepulauan. Jika Provuinsi Nusa Timur memiliki tidak sedikit tempat wisata menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi keindahannya seperti Taman Nasional Komodo, hutan hujan serta stepa yang luas sehingga tidaklah berlebihan.

Berada dikawasan hutan dilereng gunung atau tepatnya berada di Kelurahan Lempang Paji, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia.

Baca juga: Tapa Kolo atau Nasi Bakar, Makanan Khas Manggarai

Gua Liang Toge, Kelurahan Lempang Paji, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur
Gua Liang Toge, Kelurahan Lempang Paji, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur

Gua Alam Liang Toge pada mulanya ditempati oleh nenek moyang dari Suku Rajong yang sekarang adalah masyarakat di Kelurahan Lempang Paji dan sekitarnya.

Bahwa fosil tersebut sudah berusia lebih dari dua diperkirakan oleh gua Alam Liang Toge menjadi dikenal oleh wisatawan semenjak ditemukannya fosil manusia purba pada tahun 1960 oleh seorang arkeolog yang.

Selain terdapat Gua Liang Toge, Dikawasan ini juga banyak terdapat gua alam lainnya serta terdapat satu benteng yang sampai sekarang masih terpelihara dengan sungguh baik.

Baca juga: Gua Rangko, Sensasi Bersantai di Gua Alam

Benteng ini disebut dengan Benteng Rajong yang merupakan pusat pertahanan dari warga Suku Rajong jaman dahulu pada saat terjadinya perang sipil.

Selain memiliki nilai sejarah yang tidak rendah, Gua Alam Liang Toge juga mempunyai keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Stalagtit dan Stalakmit di dinding gua terukir dengan sungguh indah dan memesona sejak ribuan tahun yang kemudian.

Selain itu dimulut gua juga terdapat sebuah batu yang menyerupai paruh burung. Ritual adat atau hajatan besar di kampung dilakukan oleh konon batu ini dikenal sebagai tempat untuk menaruh persembahan bagi masyarakat sekitar yang hendak.

Warga sekitar percaya bahwa gua ini sebagai tempat dimana leluhur-leluhur mereka dulu pernah tinggal dan bahkan arwah nenek moyang mereka masih tetap bernaung di gua ini.

Baca juga: Gua Liang Bua Rumahnya ‘The Hobbit’ Homo Floresiensis dari Manggarai

Keunikan lainya dari gua ini yang bisa Anda temukan merupakan area hutan di sekitar gua sama sekali tak pernah dijamah oleh tangan warga sekitar sehingga keindahan dan keasrian hutan tetap terjaga dengan baik sekali.

Gua Liang Toge, Kelurahan Lempang Paji, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur

Selain itu di sekitar Gua Alam ini mengalir air bersih yang sejuk sekali dan segar. Sumber air ini tidak sedikit digunakan oleh warga sekitar untuk konsumsi rumah tangga dan mengaliri lahan pertanian.

Menjelajahi Gua Alam di Kabupaten Manggarai Timur memang sungguh menakjubkan dimana disini terdapat persawahan dan perkebunan yang subur sekali dan hijau dipadu dengan nuansa alam pegunungan dan panorama hutan lebat yang masih alami.

Akses Menuju Gua Alam

Untuk bisa Menjelajahi Gua Alam ini, Kamu dapat menempuhnya dari Borong melalui Bea Laing menuju Kelurahan Lempang Paji di Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur dengan waktu tempuh sekitar lima jam.

Selanjutnya dari Lempang Paji, Anda diharuskan untuk berjalan kaki menuju Gua dengan jarak sekitar 1 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Peta Lokasi Gua Alam

Kabupaten Manggarai Timur