PANTAI ABUDENOK MALAKA –  merupakan pantai selatan yang terletak di sebuah teluk. Teluk Abudenok terletak 80 km selatan kota Atambua tepatnya di Besikama Desa Rabasahain, Kecamatan Malaka Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kabupaten Malaka, Kabupaten bungsu di Nusa Tenggara Timur memiliki kekayaan garis pantai yang panjangnya mencapai 81 Kilo Meter, tanpa tebing, hanya dipisahkan muara sungai.

Pantai Abudenok, Desa Rabasahain, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur terkenal akan sunrise yang indah.
Pantai Abudenok, Desa Rabasahain, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur terkenal akan sunrise yang indah. Instagram/ theby_mugello

Baca juga: Pantai Motadikin dan Maubesi, Pesona Rai Malaka di Perbatasan NKRI-Timor Leste

Mulai dari tapal batas negara Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste di Motamasin, Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur hingga Desa Lamea, Kecamatan Wewiku, terbentang garis pantai yang menyimpan keindahan dan keistimewaan tersendiri.

Ada yang menakjubkan juga, apabila hari cerah dapat terlihat gunung dan bukit di daerah Australia Utara. Pantai ini sangatlah dekat dengan wilayah perairan Australia. Tak heran, sebagian nelayan “katanya” sudah seringkali menangkap ikan sampai perbatasan Australia. 

Baca juga: Pantai Atapupu, Keindahan di Pinggir Kota Atambua

Jika ingin menikmati Sunrise, Abudenok adalah pilihan yang tepat, karena keindahan yang sangat menakjubkan ketika matahari pagi mulai memancarkan sinarnya yg indah. Diiringi suara ombak yang sangat menghipnotis suasana yang mampu memangsa segala kejenuhan aktivitas sehari-hari.

Kembali pada sisi eksotik, Abudenok sangat indah pada sore hari, terlihat begitu eksotik saat matahari mulai pelan-pelan ditelan bumi, warna pasir hitam yang sangat eksotik menambah indahnya pemandangan juga gulungan ombak yang berdatangan sangat menyenangkan hati siapa saja yang lagi berada di pesisir pantai Abudenok.

Abudenok merupakan pantai yang bersih dan indah, pantai yang masih belum di jangkau banyak orang sehingga pantai ini masih sangat indah akan kecantikan alamnya, juga dihiasi pohon pirus sepanjang pantai yang membuat keindahan tersendiri dari pantai ini.

Baca juga: Wisata Kolam Susuk Atambua, Lagu Koes Plus dan Lokasi Syuting Film

Akses ke Lokasi Pantai

Untuk mencapai teluk ini, kita harus menggunakan perahu (sampan) dengan lama perjalanan ± 30 menit. Seperti pantai lannya, Abudenok menyuguhkan suasana pagi hari dengat sunrise-nya yang memesona. Ya, matahari pagi di tempat ini menjadi penghangat seketika kala menghalau tiupan “angin laut Maubesi” yang lumayan kencang. Begitu juga dengan suasana sore hari. Pantai ini terlihat sangat eksotik apalagi sejenak berkeliling menyusuri pantai ini dengan menggunakan perahu nelayan, sudah pasti pantai ini menawarkan keindahan tersendiri.

Tidak kalah menarik, Pesona Kawasan Wisata Pantai Abudenok, di Desa Rabasahain, Kecamatan Malaka Barat, yang dapat dijangkau dalam waktu kurang lebih satu jam dari Kota Betun.

Baca juga: Fulan Fehan, Festivalnya serta Perpaduan Keindahan Budaya di Timor

Hamparan puluhan hektar hutan cemara akan segera menyapa anda ketika memasuki kawasan wisata pantai ini. Hamparan panjang pasir kecokelatan siap menanti anda. Di tempat ini pun anda dapat menikmati berbagai jenis ikan dan udang segar yang dapat diperoleh dari para nelayan yang mangkal di sekitar kawasan pantai Abudenok.

Peta Lokasi Pantai

Kabupaten Malaka

Tinggalkan Balasan