Pantai Batu Lobang di Maritaing, Alor

Pantai Batu Lobang di Maritaing Kabupaten Alor – Dengan luas luas wilayah perairan mencapai 10.773,62 km2 dan panjang sampai 287,1 km. Salah satu destinasi wisata itu adalah Pantai Dulibala di Elok, Kelurahan Maritaing, Kecamatan Alor Timur. Pantas bila pantai ini mendapatkan julukan surga tersembunyi di ujung selatan Pulau Alor berbatasan langsung dengan negara tetangga, Timor Leste .

Pantai Dulibala, Pantai Batu Lobang, Elok, Kelurahan Maritaing, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur
Pantai Dulibala, Pantai Batu Lobang, Elok, Kelurahan Maritaing, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur

Baca juga: Pulau Kepa Alor: Pantai Jernih dengan Karang Terindah di Dunia

View this post on Instagram

Late post#maritaing#110519

A post shared by Nina Alimahi (@ninaalimahi) on

Air laut berwarna kehijauan dengan panorama lembah dan perbukitan batu karang sepanjang lebih dari 1 kilometer ini menawarkan panorama spektakuler. Pengunjung bisa memiliki dua pilihan menikmati ‘sajian’ pantai ini, dari bibir pantai atau dari atas perbukitan batu karang.

Masyarakat setempat bahkan memberikan nama lain Pantai Dulibala, Pantai Batu Lobang. Pemberian nama tersebut bukan tanpa sebab. Terdapat batu karang raksasa berlubang sehingga membuat salah satu titik ini terlihat sebagai goa di bibir pantai.

Baca juga: Eksplorasi Alor Negri Seribu Moko ‘Kita Deng Kita Jadi’

Goa di bibir pantai  ini terbentuk karena  proses alamiah abrasi berupa pengikisan di bibir pantai oleh pukulan gelombang laut  secara terus -menerus. Meski menawarkan panorama elok, namun pantai ini masih belum terjamah mengingat jarak jauh dari pusat Ibukota Kalabahi. Membutuhkan waktu 4 jam perjalanan darat menuju Maritaing, lalu  meneruskan perjalanan dengan medan berat. Lokasi ini sementara baru bisa dijangkau dengan  kendaraan off-road  berpenggerak empat roda .

Selain memiliki budaya orisinal, Alor juga memiliki potensi alam  alami untuk penggemar adventure alam sebagai bagian dari rangkaian cincin api, gunung api sabuk pasifik dan kaya dengan geoheirtage. Silahkan datang ke Alor.

Baca juga: Takpala, Kampung Adat, Lego Lego dari Negeri Seribu Moko Alor

Pantai Terindah Di Pulau Alor ini akan memanjakan mata Anda dengan air laut yang jernih dengan warna hijau tosca yang dipadu dengan hamparan pasir putih dan dasar laut yang memesona menciptakan pesona air kehijauan akan membuat Anda betah berlama-lama berada di pantai yang indah bagaikan surga ini.

Selain memiliki panorama pantai yang sangat  cantik dan menakjubkan, Di Pantai Dulibala juga terdapat bebatuan karang berlubang yang terkikis oleh ombak dan Anda dapat menikmati pemandangan indah pantai dari sini yang oleh penduduk sekitar disebut Naa “Batu Berlubang” untuk berfoto ria.

Di Pantai Dulibala, Anda juga dapat langsung membeli ikan dari nelayan setempat yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Ikan yang dijajakan masih sangat segar dan bersih untuk dibakar. 

https://www.instagram.com/p/BldBYv5BSgC/

Baca juga: Tips Penting Berwisata di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

Pantai yang letaknya cukup tersembunyi dan jauh dari pusat Kota Kalabahi ini masih sangat alami dan sepi. Berlibur ke Pantai Dulibana bagaikan berlibur ke pantai pribadi karena tidak banyak pengunjung yang datang. Perjalanan dari kota Kalabahi menuju Pantai Dulibala membutuhkan waktu yang cukup lama dengan medan yang cukup berat.

Tetapi sesampainya di Pantai Dulibala, Anda akan disuguhkan dengan panorama pantai yang indah bagaikan surga kecil yang membuat Anda betah berlama-lama berada di pantai ini.

Berlibur le Pantai Batu Lobang Alor yang sepi akan memberikan nuansa damai dan tenang untuk menikmati sensasi Surga Kecil Diujung Selatan Indonesia ini.

Akses ke Lokasi Pantai

Untuk menuju Pantai Dulibala, Anda harus menggunakan kapal feri ke Dermaga Kalabahi atau dengan menggunakan pesawat terbang menuju Bandara Mali dari Kupang, Ibulota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya dari kota Kalabahi, Anda menggunakan angkutan umum atau menyewa kendaraan menuju Kelurahan Mariting di Kecamatan Alor Timur. Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan motor atau kendaraan khusus perbukitan 4WD seperti mobil Jeep atau Hartop dengan jarak tempuh sekitar 50 menit menuju Desa Elok.

Peta Lokasi Pantai

Pulau Alor