Beranda Belu Pantai Teluk Gurita Atapupu di Atambua. Keindahan Diperbatasan NKRI-Tiles

Pantai Teluk Gurita Atapupu di Atambua. Keindahan Diperbatasan NKRI-Tiles

Dahulu lokasi ini mempunyai nama Kuit Namon dan adalah pelabuhan alam yang dipakai untuk berdagang. Kebanyakan semua pedagang itu berasal dari Asia dan Eropa yang bertujuan untuk menggali cendana dan lilin.

Pantai Teluk Gurita terletak di Kecamatan Kakuluk Mesak ± 18 km dari kota Atambua kearah Barat Laut, dan perjalanan bisa ditempuh dalam tempo ± 30 menit. Teluk ini telah dijadikan pelabuhan alam semenjak nenek moyang. Air lautnya jernih, berpasir putih dan berombak tenang, berpadu dengan hijaunya bukit-bukit yang mengelilinginya. Teluk yang pun dinamai Kuit Namon ini ternyata menjadi surganya semua pemacing. Anda bisa melakukan pekerjaan memancing di seputar teluk ini dari tepi pantai, maupun menggunakan perahu guna memancing di telaga Konkas yang bersangkutan langsung dengan Teluk Gurita.

Sunset Di Pantai Teluk Gurita
Sunset Di Pantai Teluk Gurita

Dibalik keindahan alamnya yang cantik, Teluk Gurita pun menyimpan sejarah.

Dahulu lokasi ini mempunyai nama Kuit Namon dan adalah pelabuhan alam yang dipakai untuk berdagang. Kebanyakan semua pedagang itu berasal dari Asia dan Eropa yang bertujuan untuk menggali cendana dan lilin. Suatu hari kapal saudagar dari Spanyol datang di pelabuhan ini guna berdagang. Saat sedang bertransaksi tiba-tiba kapal itu dililit oleh gurita raksasa sampai akhirnya kapal itu tenggelam. Sejak saat tersebut tempat ini diganti namanya menjadi Teluk Gurita.

Dahulu lokasi ini mempunyai nama Kuit Namon dan adalah pelabuhan alam yang dipakai untuk berdagang.
Dahulu lokasi ini mempunyai nama Kuit Namon dan adalah pelabuhan alam yang dipakai untuk berdagang.

Bangkai kapal yang terbenam tersebut sampai saat ini masih berada di dasar teluk ini.

Fasilitas Disekitar Pantai Teluk Gurita

Di sekitar tempat wisata Teluk Gurita belum terdapat penginapan yang disediakan. Bagi kamu yang menjelajahi tempat ini bisa menginap di kota Atambua.

Akses ke Pantai Teluk Gurita

Untuk menjangkau tempat wisata Teluk Gurita, dari kota Atambua kamu dapat memakai Angkutan Umum, Trevel atau ojek. Anda mesti mencarter jasa angkutan umum Rp.15.000 per orang, Trevel Rp. 250.000 per kelompok, Ojek Rp. 25.000 per orang.

Anda mesti mencarter jasa angkutan umum Rp.15.000 per orang, Trevel Rp. 250.000 per kelompok, Ojek Rp. 25.000 per orang.
Anda mesti mencarter jasa angkutan umum Rp.15.000 per orang, Trevel Rp. 250.000 per kelompok, Ojek Rp. 25.000 per orang.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan di Pantai Teluk Gurita

Selain merasakan keindahan alamnya, kita pun dapat memancing di teluk ini. Bisa pun berkeliling memakai perahu sampai ke Danau Konkas yang bersangkutan langsung dengan Teluk Gurita. Namun sayangnya belum terdapat kemudahan wisata yang mencukupi di Teluk Gurita ini. Di selama teluk ini pun tidak ada penginapan. Penginapan hanya dapat ditemukan di kota Atambua.

Anda dapat mendapatkan makanan pada Rumah santap “Tanjug Berluli“ Yang jaraknya dari tempat ± 5 km.
Anda dapat mendapatkan makanan pada Rumah santap “Tanjug Berluli“ Yang jaraknya dari tempat ± 5 km.

Jika kita pergi ke Teluk Gurita ini, tidak boleh lupa untuk menyantap jagung bakar dan akar bilan yang dipasarkan oleh penduduk yang tinggal di dekat teluk. Anda dapat mendapatkan makanan pada Rumah santap “Tanjug Berluli“ Yang jaraknya dari tempat ± 5 km. Rumah santap ini menyiapkan menu makanan Seafood, Seperti Cumi, Kepiting, Ikan karang dan udang. Semua menu ini diubah dalam format Goreng, Panggang dan Kuah Asam dan Manis. Di samping itu, terdapat juga sejumlah kios yang memasarkan souvenir laksana kain tenun khas Belu, patung dari kayu cendana dengan madu pribumi yang bisa kamu bawa guna cendramata dari NTT.

POSTING MENARIK LAINYYA