Beranda Pulau Flores Nagekeo Pesona Pulau Rii Taa, Pantai Pasir Putih di Nagekeo Flores

Pesona Pulau Rii Taa, Pantai Pasir Putih di Nagekeo Flores

Dengan perahu milik nelayan, pulau ini dapat dijangkau dalam waktu kurang dari satu jam dari pelabuhan Maropokot.

0
26

Selain pasir putih dari Wisata Alam Pulau Riung 17, yang merupakan salah satu dari 10 pantai terindah di Asia Tenggara, Nusa Tengga Timur masih memiliki beberapa pantai terkenal, termasuk pantai berpasir putih Savana Mausui di Kabupaten Manggarai Timur, pantai berpasir putih di Kabupaten Ende, pantai berpasir putih di Lembata, di Flores Timur dan juga di Pulau Alor. Tetapi hanya sedikit turis yang tahu keindahan Pantai Rii Taa, pulau pasir putih yang dicampur dengan warna merah muda.

Pulau Rii Taa terletak di Desa Tonggurambang, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Flores, NTT
Pulau Rii Taa terletak di Desa Tonggurambang, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Flores, NTT

Pulau Rii Taa terletak di Desa Tonggurambang, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Flores, NTT. Kabupaten Nagekeo memiliki banyak objek wisata menarik. Pulau Rii Taa unik karena menawarkan pemandangan pulau yang hanya dipenuhi pasir putih. Bahkan pulau berpasir putih Rii Taa ada di tengah laut, ukuran pulau saat itu sedang pasang tinggi, hanya sekitar 30 meter persegi. Tetapi jika surut, pulau ini memiliki lebih dari 20 hektar. Lokasi pulau ini jauh dari daratan Mbay, ibukota Kabupaten Nagekeo. Dengan perahu milik nelayan, pulau ini dapat dijangkau dalam waktu kurang dari satu jam dari pelabuhan Maropokot.

Lokasi pulau ini jauh dari daratan Mbay, ibukota Kabupaten Nagekeo.
Lokasi pulau ini jauh dari daratan Mbay, ibukota Kabupaten Nagekeo.

Dalam beberapa tahun terakhir, penduduk setempat sangat tertarik mengunjungi tempat ini, hanya untuk bersantai. Bahkan selama liburan panjang dan hari libur keagamaan, penduduk lokal dan nasional selalu mengunjungi pulau itu untuk mandi, berjemur. Bahkan turis asing sudah mulai mengunjungi pulau pasir putih yang indah. Sangat cocok untuk berjemur pagi dan sore hari. Dahulu kala, tempat ini ditutupi oleh gulma karena dikenal sebagai penduduk Tonggurambang Rii Taa atau jerami segar / mentah.

Bacaan Menarik Lainya:

Sejak dipromosikan oleh Pemerintah Kabupaten Nagekeo pada tahun 2010, tempat ini dikunjungi oleh wisatawan setiap minggu dan setiap liburan. Tidak ada tempat teduh di tempat ini. Jika wisatawan menyewa kapal ke Pulau Pasir Putih dengan nilai Rp.200.000 pergi pulang.

Sejak dipromosikan oleh Pemerintah Kabupaten Nagekeo pada tahun 2010, tempat ini dikunjungi oleh wisatawan setiap minggu dan setiap liburan.
Sejak dipromosikan oleh Pemerintah Kabupaten Nagekeo pada tahun 2010, tempat ini dikunjungi oleh wisatawan setiap minggu dan setiap liburan.

Akses ke Pulau Rii Taa

Kunjungan pulau pasir putih Rii Taa dimulai dari kota Mbay ke pelabuhan Marapokot. Wisatawan yang datang berkelompok atau bepergian sendirian dapat menyewa perahu milik nelayan Maropokot. Ada dua jalur ke pulau itu. Pertama, bagi wisatawan yang menuju timur dari Flores, putar pertigaan Aegela menuju kota Mbay. Kedua, wisatawan dapat pergi melalui jalan pantai utara Kabupaten Sikka melalui hamparan sabana di sepanjang pantai utara ke Kabupaten Ende.

Demikian pula, dari barat Flores, wisatawan dapat mengambil dua rute: pertama, jalan nasional, yang berada di tengah jalan melalui Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur dan Kabupaten Ngada. Kondisi jalan raya sangat bagus. Jalan kedua, yang melintasi jalan raya utara, melewati Reo, Pota, Buntal, kawasan wisata Pulau Riung 17 dan menuju Mbay.

Peta Lokasi