Kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan tidak sedikit sekali potensi wisata yang bisa dieksplorasi lebih jauh, khususnya potensi dari segi wisata bahari. Taman laut ini tepatnya sedang di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, mempunyai sekitar tiga puluh pulau yang tersebar di sebelah unsur utara pulau Flores.

Pulau Rutong terletak di Taman Laut 17 Pulau Riung
Salah satu pemandangan unggulan yang dapat disaksikan dari atas bukit

Nama 17 dicantumkan sebagai pengingat bakal hari lahirnya Bangsa Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Wilayah dari Taman Laut 17 Pulau Riung sendiri mencakup lima desa di Kecamatan Riung yakni Lengkosambi, Benteng Tengah, Tadho, Sambinasi, dan Nangamese. Berjarak selama 75 km dari Kota Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada, dibutuhkan waktu selama dua separuh jam guna tiba di area Taman Laut 17 Pulau Riung.

Setelah puas mengeksplor keindahan bawah lautnya, sempatkan untuk mendaki ke bagian bukit

Petualangan di area taman laut ini dapat dibuka dari dermaga Riung, Desa Nangamese dengan mencarter kapal dan menunaikan tiket masuk ke dalam area taman laut. Kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung memang hanya dapat dijelajahi dengan mencarter kapal. Dari kedua puluh empat pulau yang terdapat di area taman laut di Riung ini, hamper mayoritas tak berpenghuni. Pulau Ontole sebagai pulau terbesar di area taman laut ini adalahpulau yang sangat sering dikunjungi oleh semua wisatawan. Pulau Meja dan Pulau Tiga pun menjadi pilihan semua wisatawan khususnya untuk merasakan keindahan bawah laut di dekat pulau dengan bersnorkeling.

Baca juga:

Dari atas bukit, pemandangan yang indah akan memanjakan mata

Di samping pulau-pulau tersebut, Pulau Rutong pun menyimpan daya tarik dengan pemandangan pasir putihnya yang estetis dan sukses menjadi pesona wisata wilayah ini. Kondisi perairan di dekat Pulau Rutong juga sangat bening sehingga ikan-ikan yang sedang berenang, serta terumbu karang yang berwarna-warni terlihat terlihat dengan jelas dari atas kapal. Air laut di dekat Pulau Rutong yang berwarna hijau toska seakan memberi suatu sinyal untuk para pengunjung guna segera berenang atau melakukan pekerjaan snorkeling di area ini.

Pantai pasir putih berpadu birunya air laut di Pulau Rutong

Di Pulau Rutong, wisatawan pun dapat memanjat ke atas bukit yang sedang di daratan Pulau Rutong. Dari atas bukit ini bisa terlihat pemandangan cantik dari borongan Pulau Rutong yang dikelilingi pasir putih dengan gradasi biru yang paling elok.

Tinggalkan Balasan