SOAL CPNS 2021 TES SOSIOKULTURAL MANEJERIAL

  • Whatsapp

SOAL CPNS 2021 TES SOSIOKULTURAL MANEJERIAL  – Kompetensi sosio kultural merupakan pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk.

Kemampuan dalam mempromosikan sikap toleransi, keterbukaan, peka terhadap perbedaan individu/kelompok masyarakat; mampu menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam mempersatukan masyarakat dan membangun hubungan sosial psikologis dengan masyarakat di tengah kemajemukan Indonesia sehingga menciptakan kelekatan yang kuat antara ASN dan para pemangku kepentingan serta diantara para pemangku kepentingan itu sendiri; menjaga, mengembangkan, dan mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia.

Bacaan Lainnya
SOAL DAN PEMBAHASAN TES CPNS 2021 MATERI TES SOSIOKULTURAL & TES MANEJERIAL
SOAL DAN PEMBAHASAN TES CPNS 2021 MATERI TES SOSIOKULTURAL & TES MANEJERIAL

Kompetensi Manajerial

Kompetensi Manajerial (managerial competence) adalah kompetensi yang berhubungan dengan berbagai kemampuan manajerial yang dibutuhkan dalam menangani tugas organisasi.

Kompetensi manajerial meliputi kemampuan menerapkan konsep dan teknik perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan evaluasi kinerja unit organisasi, juga kemampuan dalam melaksanakan prinsip good governance dalam manajemen pemerintahan dan pembangunan termasuk bagaimana mendayagunakan kemanfaatan sumberdaya pembangunan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

Kompetensi Manajerial ASN baik PNS maupun PPPK adalah Integritas, Kerjasama, Komunikasi, Orientasi pada Hasil, Pelayanan Publik, Pengembangan Diri dan Orang Lain, Mengelola Perubahan, dan Pengambilan Keputusan.

Kompetensi Manajerial Integritas diartikan sebagai konsisten berperilaku selaras dengan nilai, norma dan/atau etika organisasi, dan jujur dalam hubungan dengan manajemen, rekan kerja, bawahan langsung, dan pemangku kepentingan, menciptakan budaya etika tinggi, bertanggungjawab atas tindakan atau keputusan beserta risiko yang menyertainya.

Indikator Perilaku Kompetensi Manajerial Integritas Pada Hasil Level 1

1.1.Bertingkah laku sesuai dengan perkataan; berkata sesuai dengan fakta;
1.2.Melaksanakan peraturan, kode etik organisasi dalam lingkungan kerja sehari-hari, padatataran individu/ pribadi;
1.3.Tidak menjanjikan/memberikan sesuatu yang bertentangan dengan aturan organisasi.

Indikator Perilaku Kompetensi Manajerial Integritas Pada Hasil Level 2

2.1. Mengingatkan rekan kerja untuk bertindak sesuai dengan nilai, norma, dan etika organisasi dalam segala situasi dan kondisi; Mengajak orang lain untuk bertindak sesuai etika dan kode etik.
2.2.Menerapkan norma-norma secara konsisten dalam setiap situasi, pada unit kerja terkecil/ kelompok kerjanya.
2.3.Memberikan informasi yang dapat dipercaya sesuai dengan etika organisasi.

Indikator Perilaku Kompetensi Manajerial Integritas Pada Hasil Level 3

3.1. Memastikan anggota yang dipimpin bertindak sesuai dengan nilai, norma, danetika organisasi dalam segala situasi dan kondisi.
3.2.Mampu untuk memberi apresiasi dan teguran bagi anggota yang dipimpin agar bertindak selaras dengan nilai, norma, dan etika organisasi dalam segala situasi dan kondisi.
3.3.Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penerapan sikap integritas di dalam unit kerja yang dipimpin.

Indikator Perilaku Kompetensi Manajerial Integritas Pada Hasil Level 4

4.1.Menciptakan situasi kerja yang mendorong seluruh pemangku kepentingan mematuhi nilai, norma, dan etika organisasi dalam segala situasi dan kondisi.
4.2.Mendukung dan menerapkan prinsip moral dan standar etika yang tinggi,serta berani menanggung konsekuensinya.
4.3.Berani melakukan koreksi atau mengambil tindakan atas penyimpangan kode etik/ nilai-nilai yang dilakukan oleh orang lain, pada tataran lingkup kerja setingkat instansi meskipun ada resiko.

Indikator Perilaku Kompetensi Manajerial Integritas Pada Hasil Level 5

5.1. Mempertahankan tingkat standar keadilan dan etika yang tinggi dalam perkataan dan tindakan sehari-hari yang dipatuhi oleh seluruh pemangku kepentingan pada lingkup instansi yang dipimpinnya.
5.2. Menjadi “rolemodel” atau keteladanan dalam penerapan standar keadilan dan etika yang tinggi di tingkat nasional.
5.3. Membuat konsep kebijakan dan strategi penerapan sikap integritas dalam pelaksanaan tugas dan norma-norma yang sejalan dengan nilai strategis organisasi.

Kompetensi Manajerial Kerjasama

Kompetensi Manajerial Kerjasama merupakan Kemampuan menjalin, membina, mempertahankan hubungan kerja yang efektif, memiliki komitmen saling membantu dalam penyelesaian tugas, dan mengoptimalkan segala sumberdaya untuk mencapai tujuan strategis organisasi.

Indikator Perilaku Kompetensi Manajerial Kerjasama Pada Hasil Level 1

1.1. Berpartisipasi sebagai anggota tim yang baik, melakukan tugas/bagiannya, dan mendukung keputusantim;
1.2. Mendengarkan dan menghargai masukan dari orang lain dan memberikan usulan-usulan bagi kepentingantim;
1.3. Mampu menjalin interaksi sosialuntuk penyelesaian tugas

Indikator Perilaku Kompetensi Manajerial Kerjasama Pada Hasil Level 2

2.1. Membantu orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka untuk mendukung sasaran tim;
2.2. Berbagi informasi yang relevan atau bermanfaat pada anggota tim; mempertimbangkan masukan dan keahlian anggota dalam tim/ kelompok kerja serta bersedia untuk belajar dari orang lain;
2.3. Membangun komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas tim.

Indikator Perilaku Kompetensi Manajerial Kerjasama Pada Hasil Level 3

3.1. Melihat kekuatan/ kelemahan anggota tim, membentuk tim yang tepat, mengantisipasi kemungkinan hambatan, danmencari solusi yang optimal
3.2. Mengupayakan dan mengutamakan pengambilan keputusan berdasarkan usulan-usulan anggota tim/ kelompok, bernegosiasi secara efektif untuk upaya penyelesaikan pekerjaan yang menjadi target kinerja kelompok dan/atau unit kerja.
3.3. Membangun aliansi dengan para pemangku kepentingan dalam rangka mendukung penyelesaian target kerja kelompok

Indikator Perilaku Kompetensi Manajerial Kerjasama Pada Hasil Level 4

4.1. Membangun sinergi antar unit kerja di lingkup instansi yang dipimpin
4.2. Memfasilitasi kepentingan yang berbeda dari unit kerja lain sehingga tercipta sinergi dalam rangka pencapaian target kerja organisasi.
4.3. Mengembangkan sistem yang menghargai kerja sama antar unit, memberikan dukungan / semangat untuk memastikan tercapainya sinergi dalam rangka pencapaian target kerja organisasi.

Indikator Perilaku Kompetensi Manajerial Kerjasama Pada Hasil Level 5

5.1. Menciptakan hubungan kerja yang konstruktif dengan menerapkan norma/ etos/ nilai-nilai kerja yang baik di dalam dan di luar organisasi; meningkatkan produktivitas dan menjadi panutan dalam organisasi
5.2. Secara konsisten menjaga sinergi agar pemangku kepentingan dapat bekerja sama dengan orang di dalam maupun di luar organisasi.
5.3. Membangun konsensus untuk menggabungkan sumberdaya dari berbagai pemangku kepentingan untuk tujuan bangsa dan negara.

Kompetensi Manajerial Komunikasi

Kompetensi Manajerial Komunikasi merupakan Kemampuan untuk menerangkan pandangan dan gagasan secara jelas, sistematis disertai argumentasi yang logis dengan cara-cara yang sesuai baik secara lisan maupun tertulis; memastikan pemahaman; mendengarkan secara aktif dan efektif; mempersuasi, meyakinkan dan membujuk orang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Kompetensi Manajerial Orientasi Pada Hasil

Kompetensi Manajerial Orientasi Pada Hasil merupakan Kemampuan mempertahankan komitmen pribadi yang tinggi untuk menyelesaikan tugas, dapat diandalkan, bertanggung jawab, mampu secara sistimatis mengidentifikasi risiko dan peluang dengan memperhatikan keterhubungan antara perencanaan dan hasil, untuk keberhasilan organisasi.

Kompetensi Manajerial Pelayanan Publik

Kompetensi Manajerial Pelayanan Publik merupakan Kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kegiatan pemenuhan kebutuhan pelayanan publik secara profesional, transparan, mengikuti standar pelayanan yang objektif, netral, tidak memihak, tidak diskriminatif, serta tidak terpengaruh kepentingan pribadi/ kelompok/ golongan/ partai politik

Kompetensi Manajerial Pengembangan Diri dan Orang Lain

Kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menyempurnakan keterampilan diri; menginspirasi oranglainuntukmengembangkan dan menyempurnakan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan dan pengembangan karir jangka panjang, mendorong kemauan belajar sepanjang hidup, memberikan saran/ bantuan, umpanbalik, bimbingan untuk membantu orang lain untuk mengembangkan potensi dirinya.

Kompetensi Manajerial Mengelola Perubahan

Kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan situasi yang baru atau berubah dan tidak bergantung secara berlebihan pada metode dan proses lama, mengambil tindakan untuk mendukung dan melaksanakan insiatif perubahan, memimpinusahaperubahan, mengambil tanggung jawab pribadi untuk memastikan perubahan berhasil diimplementasikan secara efektif.

Kompetensi Manajerial Pengambilan Keputusan

Kemampuan membuat keputusan yang baik secara tepat waktu dan dengan keyakinan diri setelah mempertimbangkan prinsip kehati-hatian, dirumuskan secara sistematis dan seksama berdasarkan berbagai informasi, alternative pemecahan masalah dan konsekuensinya, serta bertanggung jawabatas keputusan yang diambil.

SOAL DAN PEMBAHASAN TES CPNS 2021 MATERI TES SOSIOKULTURAL & TES MANEJERIAL

 

 

Baca Cara Download disini:

 

 

Selamat Belajar. Selamat Berlatih. Semoga berhasil!

Kumpulan Soal CPNS 2021

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara 2021

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *