Tempat Wisata di So’E – adalah ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur yang berjarak 110 km dari Kupang. Dengan luas mencapai 28 km2, kota ini mempunyai panorama bentang alam yang menakjubkan. Nama Soe berasal dari bahasa Timor atau Uab Meto yang mempunyai arti “timbah atau menimbah”. Hal ini bermula dari patroli seorang tentara kolonial yang bertemu dengan seorang perempuan pribumi yang sedang menimba air di mata air.

Tentara tersebut menanyakan tentang apa nama tempat ini, tetapi karena perbedaan bahasa dan dialog sehingga perempuan pribumi tersebut menjawab bahwa dia sedang menimba air dengan menggunakan bahasa Timor, au soe oe. Yang tertangkap telinga tentara tersebut adalah kata soe. Hingga kemudian tentara melaporkan kepada pimpinannya bahwa nama tempat yang dia kunjungi itu bernama Soe.

Sejak didirikan pada 1920, Kota Soe terus mengalami perkembangan hingga sekarang ini. kota ini telah menjadi tempat tinggal berbagai golongan masyarakat dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Soe sering juga disebut dengan The Freezing City atau Kota Membeku, karena cuaca di kota ini jauh lebih dingin dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Pulau Timor.

Jauh dari kota-kota besar, Soe menawarkan ketenangan dan kesejukan bagi para pengunjungnya. Kota yang terletak di antara Kota Kupang dan negara tetangga Timor Leste, membuat Kota Soe sering dijadikan tempat persinggahan antar moda transportasi angkutan darat yang ada di Pulau Timor.

Wilayah ini banyak mempunyai tekstur perbukitan dan struktur tanah yang bergulung-gulung, di mana lebih banyak daratannya mempunyai tingkat kemiringan hingga 40 derajat. Kota Soe sendiri berada di ketinggian 792 mdpl, sehingga udara di sini cenderung sejuk dan dingin.

Dengan letak yang berada di pegunungan dan dikelilingi bukit, Kota Soe menawarkan sejumlah destinasi wisata alam yang menawan. Di antaranya seperti Bukit Kapur di Desa Pollo, bukit atau gunung batu di Desa Fatukopa, Hutan Ajaopenu, hingga Air Terjun Oehala yang mempunyai tujuh tingkat yang airnya berasal dari Gunung Mutis.

Berikut ini Daftar 10 Tempat Wisata Terbaru, Terpopuler, Terhits dan Instagramble di So’E, Kabupaten Timor Tengah Selatan yang bisa menjadi rujukan Anda para petualang sejati:

Desa Fatuulan, Negri Diatas Awan

Tempat Wisata di So’E – Desa yang terletak di Kecamatan Ki’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan ini menyimpan pesona alam yang luar biasa indah. Saking indahnya, sampai disebut dengan Negeri di Atas Awan.

Wisata Terbaru dan Terpopuler di So'E 'Si Cantik Nan Dingin di Pegunungan Timor'
instagram/fifinsantoso

Disebut desa di atas awan, hal itu karena tempat ini diselimuti kabut tebal yang bisa kamu saksikan hampir sepanjang hari.

Kalau dalam bahasa Dawan Timor, Fatuulan berarti batu (fatu) dan hujan (ulan). Jika digabungkan berarti batu hujan. Nama ini menggambarkan kondisi jalan setempat dengan batu besar yang lembab. Kondisi ini mendominasi daerah perkampungan sekitar.

instagram/firmansyah___21

Meski perjalanannya menantang, pemandangan di desa ini benar-benar bagus! Destinasi ini sangat cocok untuk kamu yang sesekali ingin menjauh dari keramaian kota. Di desa Fatuulan, kamu akan menemui pesona padang yang hijau, tanaman yang tumbuh subur, dan banyaknya hewan libar seperti kuda yang berkeliaran.

Karena desa ini berada di ketinggian 1800 mdpl, gak salah kalau kamu bisa melihat hamparan pantai Kolbano dari atas bukit desa Fatuulan. Jarak antara rumah warga di desa ini juga tidak berdekatan. Oleh karena itu, desa ini terlihat tenang dan damai.

Alamat: Desa ini terletak di Kecamatan Ki’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Propinsi NTT.

Taman Bunga Lavender Desa Noinbila

Tempat Wisata di So’E – Anda Pecinta bunga? Jika ya, maka salah satu keindahan padang bunga yang hakiki akan anda temukan di Desa Noinbila. Salah satu padang lavender yang akan membuat mata anda terbelalak adalah padang lavender yang terletak di Noinbila ini.

Taman Bunga Lavender Desa Noinbila. 10 Tempat Wisata di So'e
instagram/heppy_atoin_meto

Tempat ini merupakan tempat yang sangat indah dan banyak direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan. Hal ini disebabkan karena selain memiliki hamparan ladang ungu yang menggoda.

Taman Bunga Lavender Desa Noinbila. 10 Tempat Wisata di So'e
instagram/heppy_atoin_meto

Untuk anda yang ingin berkunjung ke padang lavender ini anda bisa datang kapan pun. Tapi jika anda ingin pemandangan yang paling indah, maka kunjungilah tempat wisata ini pada bulan Juni hingga Agustus.

Alamat: Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, TTS

Air Tagepe Noinbila

Tempat Wisata di So’E – Air Tagepe. Dari namanya sudah bisa diketahui bahwa tempat wisata ini adalah jenis wisata air atau aquatic. ‘Tagepe’ berasal dari Bahasa Melayu Kupang yang dalam Bahasa Indonesia baku sama artinya dengan ‘terjepit atau terhimpit’. Sehingga Air Tagepe artinya air yang terjepit atau terhimpit. Tempat ini dinamakan Air Tagepe karena aliran air mengalir melewati celah barisan tebing batu yang sangat sempit. Lebar kedua sisi tebing bervariasi mulai dari 1 meter hingga 3 meter. Beberapa bagian memiliki lebar hanya 1 meter dan bagian lain berlebar 3 meter.

10+ Wisata Terbaru dan Terpopuler di So'E 'Si Cantik Nan Dingin di Pegunungan Timor'
instagram/prestisechristy

Areal Air Tagepe ini juga adalah areal hutan. Alam masih hijau dan sejuk karena banyak pohon rindang dan udaranya cukup dingin. Siang semakin terik di luar sana tetapi di areal Air Tagepe, yang ada hanya kesejukan dan rasanya ingin memeluk hangatnya kekasih di sini. Tetapi jika tak membawa kekasih, anda bisa memeluk pohon-pohon yang sudah setia menunggu anda. Suasana romantisme bercinta dengan alam di sini semakin indah dengan terdengarnya suara merdu burung-burung yang berkicau riuh rendah.

Air Tagepe Noinbila Soe TTS. 10 Tempat Wisata di So'e
instagram/dedo.leonardi

Air Tagepe pernah menjadi satu areal kunjungan MTMA (My Trip My Adventure) yang tayang di Trans TV pada hari Sabtu, 4 Februari 2017.

Alamat: Desa Noinbila kecamatan Mollo Selatan – sekitar 10 km sebelah utara kota SoE dengan mengambil jalur jalan menuju Kapan.

Source: https://sanameol.wordpress.com/2017/04/10/air-tagepe/

Air Terjun Love Noinbila

Tempat Wisata di So’E – Air terjun ini merupakan satu di antara banyak tempat wisata di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang memiliki panorama alam unik dan indah. Karena kolam tempat menampung air berbentuk hati, orang-orang sering menyebutnya sebagai Waterfall Love. Meski namanya belum terlalu tenar, air terjun unik ini belakangan mulai ramai dikunjungi masyarakat Kota Soe hingga wisatawan asing. Air terjun ini hanya berjarak 10 kilometer dari Kota Soe menuju Kapan, ibu kota Kecamatan Molo Utara.

Untuk sampai ke lokasi air terjun, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya membutuhkan waktu 20 menit pengunjung tiba di Waterfall Love Noelaku ini.

Air Terjun Love Noinbila
instagram/inship_soe

Akses jalan menuju lokasi tergolong sulit ditemukan bagi pengunjung yang baru pertama ke sana. Namun jangan takut, karena sepanjang jalan menuju lokasi terdapat rumah warga, sehingga bisa bertanya. Sebelum tiba di lokasi, anda juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan bukit yang berjejer rapi sepanjang jalan.

Gemuruh aliran air terdengar jika Anda sudah mendekati lokasi air terjun. Namun, Anda perlu berhati-hati setelah masuk ke area lokasi karena jalur yang terjal dan licin. Di lokasi ini, nampak permukaan tebing berwarna putih kuning di bagian atas dengan tiga tingkat kolam yang terbentuk secara alami. Lokasi yang di kelilingi pohon-pohon menambah eksotisme lokasi air terjun ini. Paling atas tebing terdapat kolam dengan air jernih. Air terjun ini hanya berjarak 10 kilometer dari Kota Soe menuju Kapan, ibu kota Kecamatan Molo Utara.

Alamat: Kampung Noelaku, Desa Noinbila, Kecamatan Molo Selatan.

Hutan Bonsai Fatumnasi

Tempat Wisata di So’E – Bonsai di tempat ini berumur sekitar ratusan tahun. Dari sini kalian akan melihat pohon-pohon bonsai yang menjulang tinggi dengan lumut-lumut yang bergelantungan di antara batang dan ranting-ranting pohon.

Hutan Bonsai Fatumnasi
instagram/peen_yulia

Hutan bonsai ini terletak di lereng Gunung Mutis yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Timor.

Jika kalian berada hutan bonsai ini, kalian juga bisa menikmati bentangan alam yang terhampar di setiap sudut tempat ini. Lereng Mutis ini juga sangat jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota, sehingga tempat ini sangat cocok untuk kalian yang ingin menenangkan pikiran saat liburan.

Hutan Bonsai Fatumnasi
instagram/beautiful_timor_island

Alamat: Hutan bonsai ini tepatnya berada di Desa Fatumnasi, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Sungai Meokono

Tempat Wisata di So’E – Sungai Meokono menarik dikunjungi buat mengisi akhir pekan jika kalian berada disekitar Kota Soe. Sungai di Meokono dijamin bisa membuat kalian betah!

Sungai ini belum begitu dikenal oleh sebagian para traveler di TTS dan NTT pada umumnya. Panorama alam disungai meokono beda dari tempat lainnya, sungainya cukup jernih karena terdapat pohon-pohon besar ditepi sungai ini.

Sungai Meokono
instagram/bungsu_pato7

Untuk mencapai tempat ini kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari jantung Kota Soe. Sungai Meokono ini cocok untuk bersantai sejenak dari kesibukan dan beban pikiran.

Alamat: Dusun Meokono, Desa Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten TTS.

Bukit Batu Fatukopa

Tempat Wisata di So’E – Bukit Fatukopa adalah sebuah bukit karang mistis di Timor Tengah Selatan. Masyarakat setempat percaya, bukit ini adalah Bahtera Nabi Nuh yang karam. Bukit Fatukopa sesungguhnya adalah bukit batu dengan sedikit vegetasi khas hutan hujan tropis. Nama ‘Fatukopa’ sendiri berasal dari bahasa Dawan yang berarti batu kapal.

Bukit Batu Fatukopa
instagram/_arrens

Bukit ini memang sangat unik karena kalau dilihat dari posisi tertentu, maka akan terlihat seperti kapal. Bukit Fatukopa yang berbentuk seperti kapal ini dipercaya oleh masyrakat di sekitar bukit, sebagai bahtera Nabi Nuh pada zaman dahulu yang karam.

Bukit Fatukopa ini memang masih sangat alami dan asri dan jarang terjamah. Banyak yang menganggap bukit ini sebagai tempat yang sangat mistis. Traveler bisa berkunjung ke bukit ini dengan waktu tempuh 1 jam menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bukit Batu Fatukopa
instagram/like_ntt

Alamat: Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Fatukopa sendiri berjarak 57 km arah Timur Kota Soe.

Pantai Kolbano

Tempat Wisata di So’E – Kolbano tampaknya sangat bagus dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin mengunjungi dan menjelajahi pulau Timor. Pantai Kolbano, yang dulunya sepi, kini sudah dikenal oleh para pelancong karena telah diliput oleh banyak program di saluran TV dan pengguna jejaring sosial media.

Panorama Pantai Kolbano yang menakjubkan dilihat dari atas batu Fatu Un
Panorama Pantai Kolbano yang menakjubkan dilihat dari atas batu Fatu Un

Pengunjung juga dapat memanjat bebatuan Fatu Un untuk mengagumi panorama indah pantai Kolbano. Samudra Hindia menghadap ke pantai dengan kombinasi air biru dan hamburan kerikil berwarna-warni yang menambah keindahan Pantai Kolbano.

Batu Fatu Un, yang menjadi landmark Pantai Kolbano
Batu Fatu Un, yang menjadi landmark Pantai Kolbano

Tidak hanya itu, keindahan Pantai Kolbano juga dilengkapi dengan landmark berupa batu-batu raksasa yang menjadi ciri khas Pantai Kolbano, penduduk setempat menyebutnya sebagai batu besar “Fatu Un”. Sepintas, batu Fatu Un ini terlihat seperti kepala singa jika dilihat dari samping.

Alamat: Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sekitar 135 km dari ibukota, Kupang, dibutuhkan antara 3 dan 4 jam untuk mencapai tempat yang unik dan indah ini.

Air Terjun Oenaek

Tempat Wisata di So’E – Air terjun menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Di Kabupaten TTS sendiri, destinasi wisata air terjun seperti oehala memang sudah tersebar luas di berbagai penjuru.

Air Terjun Oenaek
instagram/el.bastel

Tapi ada salah satu air terjun yg belum bnyak di ketahui. air terjun ini bernama air terjun Oenaek. Air terjun yang menarik untuk dikunjungi ini berada di Kecamatan Batu Putih.

Jarak menuju air terjun Oenaek ini kurang Lebih 15 km Dari jantung kota Soe, dan hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 20 menit dengan menggunakan sepeda motor.

Alamat: Desa Benlutu, Kecamatan Batu Putih.

Bukit Fatu Nausus Fatumnasi

Fatu Nausus ini berdiri di dalam destinasi wisata bernama Fatumnasi. Selain Fatu Nausus, di dalamnya terdapat pula destinasi lain yang tak kalah menarik yang biasa diisi oleh pengunjung yang sedang berlibur bersama keluarga.

Anda perlu bersabar sebab jalan yang mesti disusuri untuk menuju Fatu Nausus belum sepenuhnya baik, insfrastruktur di kanan kiri tak cukup menunjang untuk menuju ke destinasi wisata yang menakjubkan ini.

Bukit Fatu Nausus Fatumnasi
instagram/fahmy_rocknroll

Pintu gerbang di kawasan wisata Fatu Nausus ini terdiri atas potongan-potongan kayu dengan pagar yang dibuat sederhana dari batang-batang pohon yang ada. Anda kemudian perlu menyusuri jalan sekitaran beberapa puluh meter dahulu dari pagar untuk sampai ke bawah bukit karst ini.

Bukit yang terpotong tegak lurus ini hasil dari eksplorasi perusahaan tambang marmer. Bukit-bukit karst yang menjulang ini dipuja dan dijaga masyarakat karena dianggap keberadaannya memberikan kehidupan bagi sekitarnya juga dipuja oleh para pebisnis. Bukan oleh karena kemistisannya namun lebih kepada nilai ekonominya. Dibalik batu-batu terjal inilah tersimpan potensi batu marmer yang konon berkualitas nomor dua di dunia.

Alamat: Desa Fatukoto, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan

Danau Nausus Fatumnasi

Danau ini lumayan jauh dari pemukiman warga sehingga terbilang masih alami. Selain digunakan untuk memancing, biasanya para pengunjung juga menggunakannya sebagai tempat foto pre-wedding atau sekedar untuk menghindari hiruk pikuk perkotaan. Dari kejauhan terlihat dua pondok kecil yang terbuat dari kayu berdiri di pinggir dan di tengah danau.

Danau Nausus Fatumnasi
instagram/heppy_atoin_meto – Fendy & Yuan

Danau Nausus mendadak menjadi tempat wisata karena keindahan danaunya dan alam di sekitar yang menarik . Sekilas mata memandang kamu akan berdecak kagum dengan keindahan Danau Nausus.

instagram/qi_inter

Danau ini dijadikan tempat pemancingan warga setempat juga. Banyak bukit kecil yang di tumbuhi rumput hijau menghiasi danau ini. Di sekitar danau terdapat banyak pepohonan pinus, membuat udara disekitar danau menjadi sejuk.

Alamat: Desa Fatukoto, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan

Air Terjun Oehala

Aliran air terjun Oehala berasal dari Gunung Mutis, sehingga tidak ada keraguan tentang kesegaran dan kejernihan air yang berasal dari air gunung ini. Dengan air yang selalu terlihat sangat alami dan bersih dengan warna hijau kebiruan. Air terjun Oehala juga sering disebut sebagai air terjun 7 tingkat, karena memiliki jumlah 7 tingkat yang mengalir ke Samudra Hindia. Meski aliran airnya cukup besar, kedalaman kolam air alami tidak terlalu dalam.

Aliran air di Air Terjun Oehala berasal dari Gunung Mutis yang jernih dan dingin
Aliran air di Air Terjun Oehala berasal dari Gunung Mutis yang jernih dan dingin

Pengunjung dapat menikmati setiap level kolam alami dengan hanya mengambil foto, berenang, atau bermain air. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang megah dan lokasinya di tengah hutan, suasana air terjun ini semakin indah dan segar.
Berjarak sekitar 13 km, 10 km dari jalan utama dan 3 km dari kota So’E, ibukota Timor Tengah tengah (TTS), adalah air terjun yang keindahannya mulai identik para pejalan kaki yang mau berkunjung kesana.

Alamat: Desa Oehala, Kota So’E, Mollo Selatan, Kabupaten TTS, Nusa Tenggara Timur.

Cagar Alam Gunung Mutis

Nusa Tenggara Timur mempunyai keindahan dan daya tarik alam yang tidak ada habisnya. Sempatkan waktu guna menengok keindahan Cagar Alam Gunung Mutis.
Kawasan yang berjarak selama 140 km sebelah Timur Laut Kota Kupang ini mempunyai luas bentangan selama 12.000 hektar.

Cagar Alam Gunung Mutis. 10 Tempat Wisata di So'e
Cagar Alam Gunung Mutis

Kawasan yang dikenal dengan nama Gunung Marmer ini dihuni oleh di antara suku tertua di NTT, yakni Suku Dawan. Suku Dawan memandang area ini penting sebab mereka menggantungkan hidupnya dari mata air dari dalam gunung yang mereka sebut Oe Kanaf atau air dari batu.

Alamat: Desa Fatumnasi, Kecamatan Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Taman Rekreasi Bu’at

Daun-daun coklat dan kuning yang berguguran di tanah menjadi pemandangan yang indah di sepanjang jalan memasuki taman. Keindahan pohon-pohon yang menjulang tinggi seperti di film Twilight menjadikan tempat ini cukup sering digunakan sebagai lokasi foto pre-wedding. Seperti halnya di Pantai Kolbano, tidak ada retribusi masuk bagi pengunjung.

Taman Rekreasi Bu'at
instagram/vhanykabut97

Sebuah objek wisata yang memiliki ciri khas sebuah hutan dengan pohon yang tinggi- tinggi, cocok sekali untuk kalian yang menginginkan foto Instagramabel dan ini tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan untuk mengisi liburan atau sekedar berfoto-foto ria bersama keluarga.

Taman Rekreasi Bu'at
instagram/arny_wielkensz

Alamat: Klani/Noinbila, Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur

Desa Fatumnasi

Saat tiba di Desa Fatumnasi, jejeran pohon pinus yang tumbuh tinggi dengan rapi dibalut dengan hawa sejuk menghadirkan suasana yang mengingatkan penulis akan fim The Hobbit. Sepasang kuda liar berwarna putih dan coklat serta beberapa ekor sapi semakin mendukung kealamian tempat tersebut.

Fatu Kolen yang artinya batu pendek ini termasuk batu purba yang banyak terdapat di Fatumnasi. 10 Tempat Wisata di So'e
Fatu Kolen yang artinya batu pendek ini termasuk batu purba yang banyak terdapat di Fatumnasi.

Di kejauhan dapat terlihat Gunung Mutis serta tebing kapur yang banyak didatangi wisatawan untuk melihat view desa yang lebih luas. Tidak mudah untuk menjelaskan keindahan yang ditampilkan oleh tempat wisata ini lewat kata-kata maupun hasil tangkapan kamera.

Alamat: Desa Fatumnasi, Kecamatan Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Gua Kona Ba’u Desa Boti

Gua Kona Ba’u adalah salah satu potensi wisata alam dari Desa Boti di Kabupaten Timor Tengah Selatan yang belum dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Di saat yang sama, daerah ini juga bisa dibilang baru diketahui oleh kalangan pencinta alam di NTT.

Gua Kona Ba’u Desa Boti
instagram/dhonyertim_asbanu

Gua ini memiliki kedalaman hampir 1 Km dengan aliran sungai di sepanjang lorong ngarai. Gua ini menawarkan keindahan dan keunikan yang mungkin tidak ada di tempat wisata gua yang lain. Dinding batu dari gua ini berwarna coklat serta memiliki corak yang sangat unik.

Gua Kona Ba’u Desa Boti
instagram/promosi_wisata_fatumnasi

Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berkunjungi bersama keluarga maupun kawan-kawan. Untuk setiap orang yang ingin menyusuri gua ini, wajib ditemani oleh minimal satu pemandu yang adalah anggota masyarakat dari Desa Boti.

Alamat: Desa Boti, Dusun taebenu, Kecamatan Kie, Kabupaten TTS.

Desa Adat dan Suku Boti

Suku Boti adalah keturunan asli “Atone Meto“. Daerah kerajaan Boti terletak kira-kira 40 kilometer dari pusat ibukota kabupaten TTS, So’e, secara administratif kini menjadi desa Boti Kecamatan Kie. Karena letaknya yang sulit dijangkau di tengah pegunungan, Desa Boti tertutup dari peradaban canggih dan pertumbuhan zaman..

Para Pria Suku Boti. 10 Tempat Wisata di So'e
Para Pria Suku Boti

Berjalannya perputaran roda pembangunan seakan tidak menyentuh Kerajaan Boti. Warga Boti sampai kini masih hidup dalam kesahajaan dan tetap memegang teguh pada tradisi leluhur mereka. Kehidupan penduduk Boti sampai kini masih bergantung pada kerasnya alam daratan Pulau Timor.

Alamat: Desa Boti, Kecamatan Kie, Kabupaten TTS.

Air Terjun Oeklofo

Air Terjun Oeklofo ini juga lokasinya berada di Kecamatan Molo Selatan yang mana keindahan serta pesonanya tak kalah dengan air terjun lainnya yang ada di kecamatan ini. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang mempesona baik itu diperjalanan, maupun di lokasinya. Air terjunnya yang begitu bersih dan jernih mengalir deras ke permukaan kolam yang mana dapat kamu gunakan untuk berenang juga.

Air Terjun Oeklofo
instagram/heppy_atoin_meto

Berbeda dengan air terjun Love dan Tagepe, Air Terjun Oeklofo ini memiliki jalur akses yang bisa dikatakan cukup sulit, yang mana dapat kamu tempuh dengan waktu sekitar 1 jam.

Alamat: Desa Oinlasi, Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Boisae

Pantai ini merupakan tempat sempurna untuk melihat matahari terbit dan melihat langit memerah saat senja. Selain bersih pantai ini begitu ciamik menawarkan segala keindahannya.

Pantai Boisae
instagram/riyandro

Pantai yang begitu indah dengan kesejukan dan deburan ombak yang memanggil-manggil membuat siapa saja yang datang akan merasakan kedamaian, ketenangan dan akan betah untuk berlama-lama ditempat ini.

Alamat: Desa Kot’olin, kecamatan Kot’olin, kabupaten Timor Tengah Selatan.

Puncak Bunium

Jarak Puncak Bunium dengan Soe NTT sekitar 18 Km. Tidak terlalu jauh untuk dapat menikmati keindahan alam yang masih sangat asri. Kawasan ini cocok sekali untuk Teman Traveler yang sedang butuh sendiri dan udara segar.

Puncak Bunium
instagram/ronny_tahun

Selayaknya berada di atas gunung, ketika berada di Puncak Bunium pun, Teman Traveler dapat melihat pemandangan indah lanskap kota dari atas. Sebuah pemandangan yang menyenangkan bagi badan dan pikiran yang sedang penat.

Alamat: Desa Oepliki, Kecamatan Noebeba, Kabupaten TTS

Bukit Bikium

Salah satu pesona wisata alam yang menarik adalah sebuah Bukit Bikium. Bukit yang memiliki pesona alam yang membuat mata enggan untuk berkedip. Tidak hanya dapat memanjakan mata, keindahan bukit ini juga dapat memberikan anda ketenangan karena eksotis. Penasaran bagaimana pemandangan Bukit ini? Yuk, kita lihat potret pesona Bukit Bikium.

Bukit Bikium. 10 Tempat Wisata di So'e
instagram/beautiful_timor_island

Ketika memasuki daerah dekat bukit bikium, anda akan disambut dengan pemandangan alam hijau yang sejuk dan indah. Hampir di semua jalan di atas bukit ini anda akan disajikan dengan pemandangan ternak warga yang berkeliaran mencari pakan. Bukit Bikium adalah tempat yang sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin sejenak melupakan kebisingan ibu kota

Alamat: Desa Leloboko, Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan

Fatu Mnanu

Jika traveller ingin mengambil gambar dari bukut batu yang menjulang tinggi, maka Fatu Mnanu adalah tempatnya. Fatu mnanu adalah sebuah bukit batu yang menjulang tinggi berbentuk seperti piramida. Pemandangan dari puncak bukit batu ini sangatlah mengagumkan.

Fatu Mnanu. 10 Tempat Wisata di So'e
instagram/fajarpandie

Pemandangan dari atas Fatu Mnanu ini akan membuat kalian terkagum-kagum. Dari atas Fatu Mnanu ini kalian bisa mengambil gambar dengan berlatar batu-batu besar, danau dan juga perbukitan yang berada disekitar Fatu Mnanu ini.

Alamat: Perbatasan Desa Teas dan Desa Oeekam, Kecamatan Noebeba, kabupaten TTS

Pantai Siafu

Pantai Siafu adalah salah satu destinasi wisata pantai yang cukup unik karena pantai ini tidak seperti pantai pada umumnya yang di hiasi oleh hamparan pasir putih. Pantai ini malah dihiasi dengan hamparan bebatuan yang berwarna-warni. Bebatuan dipantai ini memiliki bentuk, corak dan warna yang beragam seperti hijau, coklat, kuning, biru dan lain-lain.

Alamat: Desa Oetuke, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Oetune

Keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Oetune sangatlah bertolak belakang dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.

Pantai Oetune pun mempunyai gelombang ombak pecah yang paling unik di masing-masing gulungannya. Di sepanjang batas pantainya pun tumbuh Pohon Kasuari yang berjarak 6-8m, dan diduga berusia sampai puluhan tahun.

Anak-anak muda sektar biasa memanfaatkan padang pasir ini untuk photoshoot
Anak-anak muda sektar biasa memanfaatkan padang pasir ini untuk photoshoot

Tak jauh dari tempat pantainya, terdapat suatu hamparan lautan padang pasir dengan luas menjangkau 100 meter persegi di sepanjang pantainya, layaknya gurun pasir di Negeri Timur Tengah. Tak cuman berekreasi pantai saja, pengunjung pun dapat merasakan keindahan Oetune dengan bermain-main di dekat kawasan gurun pasirnya. Keindahan panorama pasir putih dengan balutan birunya laut dan langit semakin menambah kecantikan pantai ini.

Alamat: Tuafanu, Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur

Kota So’E

Tinggalkan Balasan