Beranda Pulau Alor Kabupaten Alor 11 Tempat wisata Terfavorit di Pulau Alor yang Wajib Dikunjungi

11 Tempat wisata Terfavorit di Pulau Alor yang Wajib Dikunjungi

PESAN SPONSOR

Wisata Pulau Alor

Wisata Pulau Alor – Kabupaten Alor merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT yang ibu kotanya berada di Kalabahi. Nusa Tenggara memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi, salah satunya di Kabupaten Alor ini. Tempat – tempat wisata di Kabupaten Alor ini begitu indah dan mempesona mulai dari bukit, hingga pantai. Berikut saya bagikan tempat wisat yang wajib kamu kunjungi di Kabupaten Alor, diantaranya:

Pantai Mali

Tempat wisata di Alor yang wajib kamu kunjungi yang terakhir yaitu Pantai Mali. Pantai Mali ini juga lokasinya cukup dekat dengan bandara Mali.

Pantai Wisata Mali Alor. Wisata Pulau Alor
Pantai Wisata Mali Alor

Di Pantai Mali ini selain disuguhkan dengan pemandangan alamnya yang begitu indah dan memanjakan mata, kamu juga dapat menemukan ikan dugong yang dilindungi.

Berbeda dengan pantai yang sebelumnya, Pantai Mali ini merupakan wisata pantai yang paling cocok untuk memburu pesona dari matahari terbit.

Baca juga: Pantai Batu Lobang Maritaing Alor, Surga Tersembunyi di Batas Negri

Pantai Batu Putih

Tempat wisata di Alor, NTT yang wajib  kamu kunjungi selanjutnya adalah Pantai Batu Putih.

Pantai Batu Putih di Pulau Alor. Wisata Pulau Alor
Pantai Batu Putih di Pulau Alor

Pantai Batu Putih ini dikelilingi sebuah batuan besar berwarna putih sesuai dengan namanya.

Batu ini seolah menyatu dengan warna pasir yang juga berwarna putih.

Nah bagi kamu yang suka foto – foto tentu kamu tak boleh melewatkan Pantai Batu Putih ini, karena kamu akan mendapatkan background foto yang keren dan menarik.

Kawah Putih Gunung Sirung

Wisata Pulau Alor – Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Alor, NTT yang selanjutnya adalah Kawah Putih Gunung Sirung. 

Baca juga: Eksplorasi Alor Negri Seribu Moko ‘Kita Deng Kita Jadi’

Kawah Putih Gunung Sirung ini berada di Pulau Pantar yang mana memiliki ketinggian 862 meter di atas permukaan laut.

Kawah Putih Gunung Sirung Pulau Pantar Alor. Wisata Pulau Alor
Kawah Putih Gunung Sirung Pulau Pantar Alor

Untuk menuju puncak kamu harus menempuh perjalanan sekitar satu jam.

Ketika kamu tiba di lokasi puncak, kamu akan disuguhkan dengan panorama kawah putih yang begitu indah dan mengagumkan.

Bukit Hulnani

Tempat wisata yang wajib di kunjungi di Alor yang selanjutnya adalah Bukit Hulnani. Di Bukit Hulnani ini kamu dapat menikmati pesona alam Alor di atas ketinggian yang mana ketinggian Bukit Hulnani ini mencapai sekitar 1,500 meter.

Bukit Hulnani di Pulau Alor. Wisata Pulau Alor
Bukit Hulnani di Pulau Alor

Untuk dapat mencapai lokasi Bukit Hulnani ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 40 menit dari pusat ibu kota Kabupaten Alor. Selain itu, Bukit Hulnani ini juga merupakan tempat wisata favorit untuk berburu panorama sunset yang mempesona.

Baca juga: Tips Penting Berwisata di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

Pulau Kepa

Wisata Pulau Alor – Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Alor, NTT selanjutnya adalah Pulau Kepa. KEtika kamu berkunjung ke Pulau Kepa ini, kamu akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih lembut dan air yang jernih kebiruan.

ada 42 titik menyelam yang saling berdekatan. Dengan demikian, akan mempermudah Anda guna menjelajahi kehidupan laut. Wisata Pulau Alor
ada 42 titik menyelam yang saling berdekatan. Dengan demikian, akan mempermudah Anda guna menjelajahi kehidupan laut.

Di Pulau Kepa ini juga terdapat puluhan titik penyelaman yang indah dan belum banyak terjamah. Selain itu, di Pulau Kepa ini juga terdapat tempat menginap di sebuah resor kecil yang menyerupai rumah adat Alor. Kamu juga akan menikmati sunset yang begitu indah di Pulau Kepa ini.

Kolam Bidadari

Tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Alor, NTT yang selanjutnya adalah Kolam Bidadari. Kolam Bidadari ini lokasinya berada di tengah hutan.

Kolam Bidadari di Pulau Alor. Wisata Pulau Alor
Kolam Bidadari di Pulau Alor

Karena letaknya berada di hutan, tentu kamu akan menikmati udara dan suasana yang sejuk nan asri. Selain itu, di Kolam Bidadari ini juga kamu akan dimanjakan dengan airnya yang begitu jernih dan bening.

Air Terjun Mataru

Wisata Pulau Alor – Tempat wisata yang wajib di kunjungi di Pulau Alor, NTT yang selanjutnya adalah Air Terjun Mataru. Air Terjun Mataru  ini merupakan salah satu air terjun yang tinggi di Pulau Alor.

Air Terjun Mataru Pulau Alor. Wisata Pulau Alor
Air Terjun Mataru Pulau Alor

Di Air Terjun Mataru ini kamu akan dimanjakan dengan airnya yang begitu jernih dan segar. Selain itu, kamu juga dapat menikmati suasana di sekitar air terjun yang masih hijau dan asri.

Pantai Pigewa

Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Alor yang selanjutnya adalah Pantai Pigewa. Pantai Pigewa ini memiliki keindahan alam bawah lautnya yang memukau. Pantai Pigewa juga berhadapan langsung dengan Timor Leste.

Pantai Pigewa Pulau Alor. Wisata Pulau Alor
Pantai Pigewa Pulau Alor

Di Pantai Pigewa ini, kamu akan menemukan sebuah batuan berlubang yang unik di pantai. Selain itu, kamu juga dapat menikmati suasana yang sepi dengan deburan ombak yang lepas begitu menenangkan.

Pantai Ling Al

Tempat wisata  yang wajib kamu kunjungi di Alor, NTT yang pertama adalah Pantai Ling Al. Di Pantai Ling Al ini terdapat perbukitan hijau di sekeliling pantainya yang biru membuat pemandangan kontras serta menjadi salah satu yang favorit di Pulau Alor.

Pantai Ling Al Pulau Alor. Wisata Pulau Alor
Pantai Ling Al Pulau Alor

Pantainya sendiri berbentuk seperti teluk kecil, sehingga tidak terlalu memiliki ombak yang besar. Di Pantai Ling Al ini juga kamu dapat menaiki bukit tersebut untuk menikmati pemandangan yang begitu indah dan mempesona dari ketinggian.

Pantai Batu Lobang

Pantai Batu Lobang di Maritaing Kabupaten Alor – Dengan luas luas wilayah perairan mencapai 10.773,62 km2 dan panjang sampai 287,1 km. Salah satu destinasi wisata itu adalah Pantai Dulibala di Elok, Kelurahan Maritaing, Kecamatan Alor Timur. Pantas bila pantai ini mendapatkan julukan surga tersembunyi di ujung selatan Pulau Alor berbatasan langsung dengan negara tetangga, Timor Leste .

Pantai Dulibala, Pantai Batu Lobang, Elok, Kelurahan Maritaing, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Wisata Pulau Alor
Pantai Dulibala, Pantai Batu Lobang, Elok, Kelurahan Maritaing, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur

Air laut berwarna kehijauan dengan panorama lembah dan perbukitan batu karang sepanjang lebih dari 1 kilometer ini menawarkan panorama spektakuler. Pengunjung bisa memiliki dua pilihan menikmati ‘sajian’ pantai ini, dari bibir pantai atau dari atas perbukitan batu karang.

Masyarakat setempat bahkan memberikan nama lain Pantai Dulibala, Pantai Batu Lobang. Pemberian nama tersebut bukan tanpa sebab. Terdapat batu karang raksasa berlubang sehingga membuat salah satu titik ini terlihat sebagai goa di bibir pantai.

Kampung Adat Takpala, Menyaksikan Tarian Lego Lego dan Moko Alor

Desa tradisional Takpala, suku abui takpalaterletak di dusun Hameng III, desa Lembur Barat, di Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.Kepulauan Alor terdiri dari dua pulau besar, Alor dan Pantar, yang berbatasan dengan pulau-pulau kecil Selat Kumbang atau penduduk yang merujuk ke mulut kumbang. Selat ini terletak di kota kecil Alor dan pulau Kepa. Setiap tahun di bulan Mei dan September, ada fenomena aneh di sini. Selama dua atau tiga hari berturut-turut, suhu air laut mendingin, siang dan malam. Selain kaya akan wisata bahari, Alor juga memiliki wisata budaya dan sejarah. Orang-orang di Pulau Alor juga sangat ramah.

Para Wanita Suku Abui di Kampung Takpala. Wisata Pulau Alor
Para Wanita Suku Abui di Kampung Takpala

Desa Takpala bakal menyuguhkan untuk Anda kebiasaan memukau yang penuh tradisi dan upacara adat. Di lokasi ini perayaan hidup masyarakatnya dituangkan dalam gerak dan musik yang menyatu dalam keseharian hidup mereka. Menyaksikan tarian Lego-Lego ialah atraksi yang mesti disimak. Tarian ini dilaksanakan sekira 20 orang (laki-laki dan wanita) dengan bergandengan tangan dan bergerak melingkari mesbah (batu bersusun) yang di atasnya ada Moko. Tariannya diiringi tetabuhan gong dimana semua penari pria akan bersyair dan mengenakan perangkat adat termasuk senjata. Tari Lego-Lego ialah kegiatan teratur yang dilaksanakan bersama, terutama ketika panen (jagung), membina rumah tangga, pernikahan, kelahiran, dan pekerjaan adat lainnya.

Itulah demikian tempat – tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Kabupaten Alor, NTT. Jika ada tambahan, kamu dapat menambahkannya di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini.

Wisata Alor

- Advertisement -
Avatar
Marko Konohttps://www.betantt.com/
Admin Utama dan Pendiri Situs Betantt.com. Si Pencinta Malam, Penikmat Gelap dan Penggila Kopi Pahit Manggarai 🙂 Anak Kampung yang suka dengan hal-hal berbau teknologi. Suka ngutak ngatik internet semenjak kelas 1 STM. Saat ini bekerja sebagai staf teknik di salah satu perusahaan swasta khusus untuk area Pulau Flores dan Pulau Sumba. Suka Blogging, Browsing, NgeYuoTube dan punya cita-cita mengembangkan bisnis online lokal sendiri.

Tinggalkan Balasan

Rekomendasi Admin

Pantai Watu Parunu, Keindahan Dibalik Kesunyian

Pulau Sumba yang adalah salah satu pulau yang menjadi unsur dari distrik Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan tidak sedikit sekali potensi wisata...

Pesona Ile Api, Gunung Api dari Lembata Flores

Lembata tidak saja tentang tradisi perburuan ikan paus, daya tarik alam dan kebijaksanaan lokalnya tak kalah unik untuk dijelajahi dan diperdalam. Salah satu pesonanya berada di suatu tanjung sebelah unsur utara pulau ini, yaitu Gunung Ile Api.

Pulau Rutong, Pulau Eksotis dalam Kawasan Riung 17 Pulau

Pulau Rutong pun menyimpan daya tarik dengan pemandangan pasir putihnya yang estetis dan sukses menjadi pesona wisata wilayah ini. Kondisi perairan di dekat Pulau Rutong juga sangat bening sehingga ikan-ikan yang sedang berenang, serta terumbu karang yang berwarna-warni terlihat terlihat dengan jelas dari atas kapal.

Gunung Egon Eksotisme Gunung Api di Sikka

Gunung Egon yang terletak di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur menyimpan bukti letusan dahsyat yang pernah terjadi, dengan adanya sebuah kawah luas menganga lebar yang akan menimbulkan rasa takjub bagi siapapun yang melihatnya. Gunung Egon sendiri berada di wilayah timur dari Maumere atau sekitar tiga puluh kilometer dari ibu kota Kabupaten Sikka tersebut.