Beranda Pulau Alor Kabupaten Alor Tips Penting Berwisata di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

Tips Penting Berwisata di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

PESAN SPONSOR

Berwisata ke Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur yang terkenal akan wisata bahari bawah laut serta budaya yang unik. Siap untuk menguras waktu akhir pekan dengan menyelam di Alor?

Nusa Tenggara Timur ialah salah satu wilayah atau spot dan tujuan petualangan yang eksotis di Indonesia. Mulai familiar dari spot petualangan yang dihuni oleh satwa purbakala yakni Komodo dan mempunyai pantai yang menarik dengan pasir berwarna merah muda, area NTT dan NTB menjadi di antara pilihan utama guna berpetualang.

Tips Berwisata

Mereka, semua petualang yang datang ke sana tidak melulu berasal dari domestik sendiri saja, bahkan yang ramai malah mereka yang dari mancanegara. Hal ini tidak ayal dari keunggulan Nusa Tenggara Timur, terutama Alor – yang memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa.

Nah, untuk Anda yang sudah memasukan Alor ke dalam susunan perjalanan atau bucket list, sila simak kupasan kali ini yang akan membicarakan paling tidak tujuh tips dan trik urgen yang dapat menjadi bekal untuk Anda berpetualang di Alor.

Waktu Terbaik ke Pulau Alor

Mempunyai keindahan alam bawah laut yang luar biasa, bahkan tidak kalah dengan yang terdapat di Bunaken, Wakatobi atau Raja Ampat, Alor menjadi di antara spot diving terbaik yang terdapat di Indonesia, bahkan se dunia.

Oleh sebab itu, guna menikmatinya dengan khidmat, Anda perlu memahami kapan masa-masa yang paling tepat untuk merasakan segala keindahan yang terdapat di sana. Snorkeling dan diving atau pekerjaan penyelaman lainnya paling bergantung dengan situasi laut, baik dari sisi tinggi rendahnya ombak, kencang atau lambatnya arus, hingga dingin atau panas suhu air laut tersebut.

Waktu yang sangat tepat guna berpetualang di Alor ialah rentang masa-masa mulai dari bulan April hingga Oktober. Nah, sampai artikel ini dibuat, waktu kini ini ialah waktu yang tepat guna datang ke sana. Hindari musim hujan yang merentang dari bulan Desember sampai Maret.

Hal itu dikarenakan oleh arus dan perairan laut di Alor tidak dapat diprediksi dengan baik sebab ombak yang lumayan tinggi, arus yang powerful dan suhu air yang tidak jarang kali berganti-ganti.

Pesan Tiket Jauh Hari

Jika Anda sudah menentukan tanggal dan waktu guna berangkat ke sana, langsung buru-buru pesan tiket penerbangan ke sana. Hal ini sehubungan dengan tidak banyaknya opsi penerbangan guna ke Alor. Hal ini berhubungan dengan hanya ada dua maskapai yang melayani penerbangan rute Bandara El Tari, Kupang – Bandara Mali, Alor yakni Wings Air dan TransNusa.

Jadi tidak boleh kehabisan tiket ya. Oh iya untuk Anda yang tidak bisa tiket pesawat, Anda bisa naik kapal laut yang memiliki rute dari Kupang ke Pelabuhan Kalabahi Alor. Namun, bila Anda mengambil jalur ini, Anda akan menguras waktu lebih lama di perjalanan.

Baca juga:

Cukup beruntung bila Anda bisa bisa mendaptakan tiket yang lumayan murah bila Anda sudah pesan dari jauh-jauh hari. Oleh sebab itu, tidak boleh lupa langsung saja pesan tiket dan segera bayar!

Naik Angkot atau Sewa Mobil

Jika Anda sudah di Alor, terdapat dua teknik sederhana untuk berkeliling di sana. Untuk jalan-jalan seputaran Kalabahi, Ibu kota Kabupaten Alor, Anda bisa naik angkot saja dengan harga mulai dari Rp 2 ribu sekali jalan. Cukup terjangkau.

Angkot, Bemo di Alor, Nusa Tenggara Timur. berwisata pulau alor
Angkot, Bemo di Alor

Nah, namanya pun transportasi umum –Anda mesti berbagi toleransi dengan penumpang lainnya. Mungkin tidak banyak tidak nyaman, namun kalau Anda ingin nyaman silahkan sewa mobil murah di Alor. Sudah banyak penyedia jasa sewa mobil di Alor.

Island Hopping

Keindahan alam bawah laut Alor telah terpancar bahkan ketika Anda sedang berada di daratannya. Banyak sekali spot yang menawarkan keindahan bahari, mulai dari pantai sampai bawah lautnnya. Alor, seperti yang sudah Anda ketahui di kupasan sebelumnya, Alor dikelilingi oleh tidak sedikit spot petualangan dan diving yang spektakuler indah.

Ada banyak pulau-pulau yang dapat dijelajahi dengan naik kapal dari pelabuhan di Alor Kecil, Pulau Kepa, Pulau Buaya, serta Pulau Ternate. Di pulau-pulau tersebut, tersebar juga sekian banyak spot cantik dan unik untuk snorkelling dan diving.

Mengenal Budaya

Selain familiar dengan keindahan alam bawah laut yang spektakuler itu, Alor pun terkenal di kalangan semua petualang mengenai budayanya. Beberapa barisan kampung tradisional dapat Anda datangi untuk memahami lebih lanjut bagaimana kebiasaan unik di Alor.

Tari Lego Lego Khas Suku Abui di Kampung Takpala
Tari Lego Lego Khas Suku Abui di Kampung Takpala

Salah satu dusun tradisionalnya yakni Kampung Takpala yang dihuni oleh Suku Abui. Di samping itu, Anda juga dapat datang ke Museum Seribu Moko guna mendapatkan sekian banyak informasi mengenai Moko yang dipakai sebagai mas kawin di Alor, serta sekian banyak benda bersejarah lainnya.

Bawa Oleh Oleh Dari Pasar Kadelang

Pasar kadelang , Kalabahi, Alor Nusa Tenggara Timur
Pasar kadelang , Kalabahi, Alor Nusa Tenggara Timur

Di Kalabahi, ada suatu pasar yang terkenal dan populer karena sekian banyak produk khas Alor yang biasa dijadikan buah tangan oleh semua petualang. Pasar Kadelang ialah salah satu pasar yang bakal ramai oleh semua petualang. Biasanya, mereka akan melakukan pembelian kain tenun dan sekian banyak cemilan guna buah tangan dari sana.

Peta Lokasi


- Advertisement -
Avatar
Marko Konohttps://www.betantt.com/
Admin Utama dan Pendiri Situs Betantt.com. Si Pencinta Malam, Penikmat Gelap dan Penggila Kopi Pahit Manggarai πŸ™‚ Anak Kampung yang suka dengan hal-hal berbau teknologi. Suka ngutak ngatik internet semenjak kelas 1 STM. Saat ini bekerja sebagai staf teknik di salah satu perusahaan swasta khusus untuk area Pulau Flores dan Pulau Sumba. Suka Blogging, Browsing, NgeYuoTube dan punya cita-cita mengembangkan bisnis online lokal sendiri.

Tinggalkan Balasan

Rekomendasi Admin

Pantai Watu Parunu, Keindahan Dibalik Kesunyian

Pulau Sumba yang adalah salah satu pulau yang menjadi unsur dari distrik Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan tidak sedikit sekali potensi wisata...

Pesona Ile Api, Gunung Api dari Lembata Flores

Lembata tidak saja tentang tradisi perburuan ikan paus, daya tarik alam dan kebijaksanaan lokalnya tak kalah unik untuk dijelajahi dan diperdalam. Salah satu pesonanya berada di suatu tanjung sebelah unsur utara pulau ini, yaitu Gunung Ile Api.

Pulau Rutong, Pulau Eksotis dalam Kawasan Riung 17 Pulau

Pulau Rutong pun menyimpan daya tarik dengan pemandangan pasir putihnya yang estetis dan sukses menjadi pesona wisata wilayah ini. Kondisi perairan di dekat Pulau Rutong juga sangat bening sehingga ikan-ikan yang sedang berenang, serta terumbu karang yang berwarna-warni terlihat terlihat dengan jelas dari atas kapal.

Gunung Egon Eksotisme Gunung Api di Sikka

Gunung Egon yang terletak di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur menyimpan bukti letusan dahsyat yang pernah terjadi, dengan adanya sebuah kawah luas menganga lebar yang akan menimbulkan rasa takjub bagi siapapun yang melihatnya. Gunung Egon sendiri berada di wilayah timur dari Maumere atau sekitar tiga puluh kilometer dari ibu kota Kabupaten Sikka tersebut.