Update Corona Provinsi NTT: Kota Kupang dan Manggarai Barat Tertinggi Sumbang Posetif Covid-19, Sesuai siaran pers Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si, Rabu (13/05/20) pukul 20.00 WITA, jumlah total keseluruhan perkembangan Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Pasien Konfirmasi Positif COVID-19 saat ini di Wilayah Nusa Tenggara Timur adalah sebanyak 1.789 Kasus. Dari jumlah tersebut dapat dirincikan sebagai berikut:

Update Corona Provinsi NTT 14 Mei 2020 : Kota Kupang dan Manggarai Barat Tertinggi Sumbang Posetif Covid-19
  1. ODP :
    Total : 1.692 ODP
    Sembuh/selesai Pemantauan : 1.448 ODP
    Meninggal : 3 ODP
    Total ODP saat ini yang masih dipantau/dirawat : 241 ODP
  2. PDP :
    Total : 67 PDP
    Sembuh : 41 PDP
    Meninggal : 10 PDP
    Total PDP saat ini yang masih dirawat/Karantina : 16 PDP
  3. POSITIF :
    Konfirmasi : 30 Kasus
    Sembuh : 2 Kasus
    Meninggal : 1 Kasus
    Saat Ini : 27 Kasus
    Pada kesempatan ini dapat disampaikan bahwa pada hari ini Rabu (13/05/20), terdapat penambahan jumlah Pasien Konfirmasi Positif yaitu dari :
  • Kabupaten Ende : 1 Kasus
  • Kabupaten Manggarai Barat : 9 Kasus
  • Kabupaten Sumba Timur : 1 Kasus
  • Kabupaten Timor Tengah Selatan : 1 Kasus
    Selain ODP dan PDP, disampaikan juga bahwa total Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 627 Orang dengan perincian :
    -OTG yang selesai dipantau : 91 OTG
    -OTG yang tersisa saat ini sebanyak 5362 OTG.
    Dapat pula disampaikan bahwa hingga saat ini sebanyak 397 sampel telah dikirimkan dan hasilnya adalah 168 sampel hasil Laboratorium yang negatif, 34 sampel hasil Laboratorium Positif (2 Sembuh, 1 Meninggal dan 27 Saat Ini) dan 195 sampel belum ada hasil.
Update Corona Provinsi NTT 14 Mei 2020 : Kota Kupang dan Manggarai Barat Tertinggi Sumbang Posetif Covid-19

1 Pasien Covid-19 Meninggal di RSUD W.Z. Johannes Kupang

Seorang pasien covid-19 NTT yang sedang menjalani perawatan intensif di ruang ICU RSUD W.Z. Johannes Kupang, Selasa malam meniggal dunia. Kabar kematian korban disampaikan Juru Bicara Penanganan Covid-19 NTT, Marius Jelamu usai menerima konfirmasi dari pihak rumah sakit.

Korban meninggal dunia diketahui berprofesi sebagai pedagang daging sapi di pasar Kasih Naikoten 1 Kupang, merupakan satu-satunya warga yang tertular covid-19 melalui transmisi lokal dari pasien covid-19 lainnya.

Satu pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit WZ Johannes Kupang, meninggal dunia, Selasa (12/5/2020) malam.

“Iya benar, pasien Covid-19 meninggal, dan istrinya dilaporkan demam,” kata Juru Bicara Pemprov NTT untuk Penanganan Covid-19, dokter Marius Jelamu.

Pasien memiliki kondisi penyerta, yakni menderita types.

Pasien tersebut berprofesi sebagai penjual daging sapi di Pasar Inpres Naikoten 1 Kupang.

Ia sempat memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Bakunase sebelum dirawat di ruang isolasi RS WZ Johannes.

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, dua warga Kabupaten Rote Ndao dan satiu warga Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) positif terinfeksi virus corona SARS-CoV-2, Selasa.

Kadis Kesehatan NTT dokter Dominikus Mere mengumumkan di Kupang bahwa hasil itu berdasar pemeriksaan swab dua laboratorium, yakni Laboratorim Biologi Molekuler RS WZ Johannes Kupang dan Laboratorium Eijkman, Jakarta.

“Karena itu, hari ini dua orang positif corona dari Rote Ndao,” katanya dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual.

Warga dimaksud adalah seorang pedagang di sebuah pasar tradisional di ibukota Provinsi NTT itu. “Iya benar,” kata dokter Dominikus Mere saat dihubungi.

Saat ini, pasien tersebut tengah dirawat di Rumah Sakit WZ Johannes Kupang. Namun sebelumnya dia diketahui menjalani pemeriksaan kesehatan di salah satu Puskesmas.(*)