Kupang, Betantt.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengumumkan tambahan dua kasus positif virus corona atau Covid-19 pada Selasa (12/5/2020) petang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT Dominikus Minggu Mere mengatakan, tambahan dua kasus itu berasal dari Kabupaten Rote Ndao.

Tambahan dua kasus positif Covid-19 itu berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang diterima dari Laboratorium Biologi Molekuler RSUD WZ Johannes Kupang dan Laboratorium Eijkman, Jakarta.

“Dua pasien yang positif ini, rujukan dari RSUD Baa, Kabupaten Rote Ndao,” ujar Dominikus di Kantor Gubernur NTT, Selasa.

Sebaran Kasusu Covid19 di Provinsi NTT. Sumber: Pusdalops Prov NTT

Pasien yang berasal dari Rote Ndao itu kini dirawat di ruang isolasi RSUD WZ Johannes Kupang.

Sehingga, terdapat 18 kasus positif virus corona baru atau Covid-19 d NTT hingga Selasa (12/5/2020).

Dari jumlah tersebut, dua pasien dinyatakan sembuh. Mereka merupakan pasien 01 El Asamau dan satu pasien dari klaster Sukabumi, Jawa Barat.

Dominikus menambahkan, sebanyak 16 pasien masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit di NTT.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, Dominikus mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Seperti, menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun, dan mengenakan masker.

Sesuai siaran pers Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si, Selasa (12/05/20) pukul 20.00 WITA, jumlah total keseluruhan perkembangan Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Pasien Konfirmasi Positif COVID-19 saat ini di Wilayah Nusa Tenggara Timur adalah sebanyak 1.776 Kasus.

Dari jumlah tersebut dapat dirincikan sebagai berikut:

  1. ODP :
    Total : 1.692 ODP
    Sembuh/selesai Pemantauan : 1.429 ODP
    Meninggal : 3 ODP
    Total ODP saat ini yang masih dipantau/dirawat : 260 ODP
  2. PDP :
    Total : 66 PDP
    Sembuh : 40 PDP
    Meninggal : 10 PDP
    Total PDP saat ini yang masih dirawat/Karantina : 16 PDP
  3. POSITIF :
    Konfirmasi : 18 Kasus
    Sembuh : 2 Kasus
    Saat Ini : 16 Kasus
    Pada kesempatan ini dapat disampaikan bahwa pada hari ini Selasa (12/05/20), terdapat penambahan jumlah Pasien Konfirmasi Positif yaitu dari :
Grafik perkembangan harian. Sumber: Pusdalops Prov NTT
  • Kabupaten Rote Ndao : 2 Kasus
    Selain ODP dan PDP, disampaikan juga bahwa total Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 620 Orang dengan perincian :
    -OTG yang selesai dipantau : 68 OTG
    -OTG yang tersisa saat ini sebanyak 552 OTG.
  • Dapat pula disampaikan bahwa hingga saat ini sebanyak 357 sampel telah dikirimkan dan hasilnya adalah 118 sampel hasil Laboratorium yang negatif, 18 sampel hasil Laboratorium Positif (2 Sembuh dan 16 Saat Ini) dan 221 sampel belum ada hasil.