10 Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa

  • Whatsapp

10 Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa – Usaha Kecil dan Menengah ( UKM) atau  sering juga di sebuat UMKM ( Usaha Mikro Kecil Menengah). Bila Anda masih bingung dengan usaha apa yang harus dilakoni untuk bisa membantu pendapatan masyarakat desa lewat sebuah UKM, berikut akan kami paparkan ulasannya di bawah ini.

Usaha Mikro Kecil Menengah

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah): Pengertian, Jenis, Cara, Contoh
UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah): Pengertian, Jenis, Cara, Contoh

Bisnis Online

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah
Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Bisnis online merupakan bisnis yang bisa dikerjakan dari mana saja tanpa batas dan waktu. Jaringan internet memang tersebar luas, mulai dari kota hingga ke pelosok desa. Dengan adanya perkembangan seperti ini, kita bisa memanfaatkan jaringan internet untuk berbisnis.

Bacaan Lainnya

Jika ingin menjual produk dan jasa yang Anda jalankan di desa, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi. Pengguna media sosial saat ini cukup tinggi di Indonesia. Tentu ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan produk yang anda miliki.

Pembuatan Mebel

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah
Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Ada banyak kisah sukses para penjual mebel dari desa. Apa yang menarik adalah, rata rata mereka menjual produk mebel secara online.

Target market usaha mebel pun tak akan pernah ada habisnya. Terutama bagi masyarakat kota yang kekurangan bahan kayu. Pasti mereka mendatangkan mebel atau kayu dari wilayah pedesaan. Nah ini merupakan kesempatan yang bagus.

Anda bisa membuat mebel perabotan, lalu menjualnya melalui media online.

Desain dan Cetak

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah
Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Bagi Anda yang tinggal di desa, peluang usaha ini biasanya sangat terbuka lebar. Mengapa? Sebab masih jarang orang yang memiliki keahlian bidang desain atau cetak mencetak.

Lagipula Anda dapat mengembangkan usaha ini menjadi lebih besar. Mungkin pada awalnya hanya modal komputer dan printer. Selanjutnya bisa Anda kembangkan dengan menambah peralatan fotokopi dan menjual perlengkapan desain.

Jamur Tiram

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah
Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Usaha jamur tiram merupakan bisnis desa yang lumayan menjanjikan. Pasalnya usaha ini dapat memberikan penghasilan harian bagi Anda.

Lagi pula, usaha jamur tiram dapat Anda bangun dengan modal yang relatif kecil, bahan yang mudah dan areal yang luar di desa.

Budidaya ikan

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah
Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Budidaya ikan juga merupakan binsis yang boleh dikatakan menjanjikan di desa. Apalagi jika pasar yang ada diksekitar desa Anda masih minim pemasok ikan di pasar.

Untuk itu, langkah yang paling penting ketika ingin memulai usaha budidaya ikan adalah, cobalah untuk mencari kemampuan pasar terlebih dahulu. Cari dengan lengkap, dimana agen dan distributor ikan. Ketahui kekuatan pasar dan ketahui berapa harga masing – masing jenis ikan.

Dengan mengumpulkan data seperti seperti cara diatas, kita dapat menghitung apakah budidaya ikan cocok untuk dijalankan.

Usaha perkebunan / Bercocok tanam

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah
Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Masyarakat desa memang terkenal memiliki lahan yang luas. Dengan demikian banyak hal yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya adalah dengan memanfaakan lahan untuk berkebun.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa kita olah menjadi hasil perkebunan.

Menjual Aneka Bibit

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah
Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Masyarakat desa pada umumnya suka berkebun. Anda bisa menyediakan aneka bibit sesuai dengan trend perkebunan yang ada di pedesaan. Anda bisa menyediakan berbagai jenis bibit. Coba perhatikan trend yang ada, lalu perhatikan juga apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebagai contoh bibit kelapa sawit, karet, bibit cabai, bibit sayuran dan aneka tanaman kebun lain. Anda tentu bisa menilai, apakah peluang ini ada di desa Anda.

Warung atau Toko Kelontong

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah
Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Toko kelontong juga termasuk usaha di desa yang lumayan menjanjikan. Terutama bagi daerah yang sedang berkembang.

Warung sebenarnya bukan hanya menjual kelontong saja, bisa diselingi dengan produk makanan dan minuman lain. Seperti jus, kue – kue basah, kerupuk, pulsa elektrik, es batu dan lain sebagainya.

Jadi, warung sarapan atau toko kelontong bisa dikembangkan menjadi waserba (Warung Serba Ada). Tergantung kreatifitas dan kejelian kita dalam menangkap peluang bisnis yang ada di desa.

Toko Sembako

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah
Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Toko sembako (Sembilan bahan pokok) merupakan jenis usaha yang terus di gemari oleh masyarakat Indonesia, baik itu di wilayah kota maupun desa.

Sembako merupakan kebutuhan pokok manusia setiap saat, jadi tidak akan pernah ada hentinya. Usaha ini juga cocok untuk diperhatikan jika Anda telah melakukan anlisa yang lengkap terlebih dahulu.

Membuka bimbel

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah
Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Jika Anda menguasai komputer, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka bimbel komputer. Anda bisa menyediakan peralatan komputer lalu mengajarkan mereka sesuai dengan modul pembelajaran yang sering kita temui pada kursus – kursus komputer.

Selain bidang komputer, masih banyak jenis bimbel yang lain, seperti bidang pelajaran matematika, bahasa indonesia dll.

Membuka usaha pangkas rambut atau salon

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah
Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah

Anda bisa membuka salon cukur rambut. Usaha ini terbilang sangat menjanjikan. Harga cukur rambut sekarang ini berkisar 15,000 rupiah. Bayangkan jika dalam satu hari Anda bisa mencukur rambut 10 orang. Penghasilan Anda sudah mencapai 150 ribu perhari.

Jika Anda sudah terkenal, mungkin bisa lebih dari 10 orang perhari. Apalagi Anda bisa ramah ketika melayani pelanggan. Tentu banyak yang akan menjadi pelanggan setia Anda. Walau terlihat dan terkadang diremehkan. Profesi ini hasilnya lebih besar dari pegawai kantoran.

Beternak Kroto

Bagi Anda yang hobi beternak. Anda bisa mencoba usaha budidaya kroto. Kroto yaitu semut rangrang. Harga per kilo gram telur semut ini sangat mahal, karena keberadaannya di alam lepas sudah jarang ditemukan.

Sementara kebutuhan telur semut kroto ini sangat tinggi, seperti untuk pakan ikan dan burung.

Harga telur kroto untuk pakan burung berkisar hingga 150 ribu rupiah per kilo gram. Cara ternaknya juga cukup mudah.

Cara beternak kroto biasanya dilakukan dengan membuat rak, lalu sediakan toples untuk tempat bertelur. Biasanya dalam satu toples bisa menghasilkan panen sekitar 1 hingga 2 ons.

Rental Playstation

Anda bisa membuka usaha ini dengan catatan Anda harus bertanya terlebih dahulu pada orang yang telah terlebih dahulu membuka usaha ini. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan gambaran. Apa saja keuntungan dan kendala yang sering dihadapi.

Pulsa Hp dan Token listrik PLN juga bisa dijalankan di desa

Perkembangan jaringan selular untuk keperluan komunikasi dan internet kini telah merambah ke pelosok desa. Kita bisa melihat bangunan tower pemancar signal pemancar ada dimana – mana. Dan itu akan terus bertambah.

Untuk modal awal, Anda bisa memulainya dengan modal yang relatif kecil. Misalkan Rp.50.000. Akan tetapi lebih besar lebih baik untuk stok cadangan jika ada yang membeli pulsa lebih banyak dari modal tersebut.

Peluang usaha kuliner

Usaha kuliner tidak akan pernah ada habisnya dan akan terus berkembang pesat seiring pertumbuhan penduduk. Artinya selama manusia membutuhkan makanan, maka selama itu pula usaha kuliner tetap dibutuhkan.

Walaupun kita tinggal di desa, bukan berarti tidak bisa menjalankan usaha kuliner.

Ternak Ayam Kampung

Seperti yang di kutip dari beberapa sumber bahwa pada tahun 2019 hingga 2020 kebutuhan daging ayam kampung terus mengalami peningkatan. Sementara itu, peternak ayam kampung hanya mampu memenuhi kebutuhan pasar sebesar 25% – 30% saja.

Dengan demikian, dapat kita ambil kesimpulan bahwa ternak ayam kampung merupakan peluang usaha yang lumayan menjanjikan.

Pertamini / Pom bensin mini portable

Sering kali ketika kita ke desa, sangat sulit untuk menemukan pom bensin. Nah jika memang kebutuhan bbm terbilang cukup tinggi serta dilihat dari bertambahnya jumlah kendaraan bermotor. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka pom bensin mini.

Pom bensin mini memang lebih menarik jika dibanding dengan kios konvensional. Sekarang ini Anda bisa mencari peralatan pertamini dengan mudah. Perkembangan pertamini di desa bisa dibilang lumayan bagus. Semua tergantung dari pilihan diri sendiri.

Usaha bidang hidroponik

Justru masyarakat kota yang kekurangan lahan, mereka memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Nah jangan mau ketinggalan dengan mereka. Apalagi hasil sistem pertanian hidroponik sangat digemari oleh masyarakat karena lebih higienis. Sistem hidroponik juga lebih murah dan praktis apabila kita tahu bagaimana caranya.

Walaupun bagi kita yang tinggal di desa biasanya memiliki lahan yang luas. Bertani sayuran dengan sistem hidroponik justru akan membuat pemanfaatan lahan menjadi lebih efektif. Kita bisa mencoba bertani dengan berbagai jenis sayuran.

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, berikut ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika ingin memilih jenis media yang akan digunakan.

Dibutuhkan beberapa pengetahuan agar Anda mampu mengembangkan bisnis hidroponik yang sukses. Sekarang ini internet telah membuat semuanya menjadi semakin mudah. Manfaatkan Google untuk mencari informasi tambahan untuk Anda.

Baca Juga:

Bagaimana sudah memiliki gambaran tentang usaha yang akan dijalankan di Pedesaan, khususnya yang fokus pada UKM/UMKM?. Selain membantu mereka niatkan untuk ibadah agar semua usaha yang dijalankan terasa kebermanfaatannya. Sekian informasi seputar 10 Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa. Semoga bermanfaat. Salam.

Contoh Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa

Last Update: 23 Juli 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *