Download Gambar Simbol Kelistrikan (Electrical Symbol) File DWG AutoCAD

Download Gambar Simbol Kelistrikan (Electrical Symbol) File DWG AutoCAD

Gambar Simbol Kelistrikan Electrical Symbol DWG AutoCAD – Pada kesempatan kali ini saya akan berusaha membagikan dasar simbol kelistrikan berdasarkan Persayratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) 2000.

Bagi sobat yang kebingunan ketika hendak membaca gambar instalasi bangunan rumah ataupun rangkaian tenaga maupun PHB, bisa lihat simbol – simbol dibawah ini supaya paham.

Jika instalasi listrik dikerjakan dengan cara baik, maka bangunan yang dibangun pun hasilnya akan baik dan akan sesuai dengan apa yang direncakan sebelumnya.  Adanya hal ini juga merupakan salah satu bagian yang berhubungan dengan tugas perencanaan pada bidang konstruksi.

Instalasi listrik adalah suatu perlengkapan yang digunakan untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber listrik ke peralatan- peralatan yang membutuhkan tenaga listrik. Jadi, instalasi listrik itu snediri memang penting dilakukan, terupata untuk konstruksi bangunan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Gambar Simbol Kelistrikan Electrical Symbol DWG AutoCAD

Sumber listrik yang yang bisa diberikan untuk pemasangan listrik pada suatu bangunan konstruksi itu sendiridapat berasal dari genset, dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) atau apapun yang bisa menghasilkan tenaga listrik lainnya. Misalnya seperti misalnya batere, solar cell dan sebagainya.

Sementara itu, peralatan yang membutuhkan tenaga listrik pun seperti yang Anda tahu. itu pun sangat banyak. Hal itu dapat dimulai dari peralatan di rumah tangga, di kantor, di industri, di kendaraan dan lain sebagainya.

Dalam merancang atau menggambar instalasi listrik pada bangunan itu sendiri dibutuhkan penerangan dan tenaga. Selain itu, hal ini juga perlu diperhatikan melalui analisa data perhitungan teknis mengenai susut tegangan, beban terpasang dan kebutuhan beban maksimum, arus hubung singkat dan daya hubung singkat pada proses pemasangannya.

Di sisi lainnya, masih perlu juga untuk melengkapi daftar kebutuhan bahan instalasi beserta uraian teknis sebagai pelengkap yang meliputi penjelasan tentang cara pemasangan peralatan atau bahan. Cara pengujiannya pun perlu dibarengi dengan rencana waktu pelaksanaan, rencana anggaran biaya, bserta lama waktu pengerjaan yang dibutuhkan.

Dalam pembangunan berbagai jenis gedung gedung baik untuk rumah tinggal, kantor, sekolahan yang dilengkapi sarana pendukung listrik perlu dilakukan. Hal ini dilakukan supaya bangunan agar dapat berfungsi dan dihuni dengan baik. Selain itu dapat memberikan kenyamanan dan dapat memenuhi keselamatan.

Instalansi listrik bangunan ini dalam perancangannya memerlukan perencanaan lewat gambar instalasi listrik yang cermat dengan mengacu pada aturan-aturan yang ditetapkan dalam dunia teknik listrik.

Cara Membuat Gambar Instalansi Listrik Gedung

Berikut ini adalah beberapa petunjuk yang dapat dipakai sebagai pedoman untuk perancangan instalansi listrik untuk bangunan atau gedung:

  1. Gambarlah denah bangunan yang akan dipasangkan listrik.
  2. Perkirakan penggunaan tiap-tiap ruangan dalam gambar yang akan dipasangi listrik. Misalnya pada ruangan duduk, dapur, kamar, ruang tamu, dan seterusnya.
  3. Tentukanlah letak perlengkapan hubung pembagian listrik. Perlengkapan hubung bagi (PHB) harus dipasang di tempat yang mudah dicapai dari jalan masuk gedung atau bangunan.
  4. Gambarlah penempatan titik-titik lampu dan sakelar-sakelarnya serta hubungan antara sakelar dengan lampu yang dilayaninya. Sakelar untuk penerangan umum biasanya selalu ditempatkan di dekat pintu sehingga kalau pintunya dibuka sakelarnya dapat langsung dan mudah untuk dijangkau.
  5. Gambarlah penempatan kotak-kotak kontak dindingnya. Secara umum, kotak kontak dinding sebaiknya dipasang tidak jauh dari sudut-sudut ruangan. Kotak kontak dinding yang dipasang di tengah-tengah dinding, besar kemungkinannya akan tertutup atau terhalang oleh suatu perabot sehingga kurang berfungsi.

Gambar Simbol Kelistrikan Electrical Symbol DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Download Gambar Simbol Kelistrikan (Electrical Symbol) File DWG AutoCAD. Semoga bermanfaat. Salam.

Nih buat jajan

1 thought on “Download Gambar Simbol Kelistrikan (Electrical Symbol) File DWG AutoCAD”

Leave a Comment

Your email address will not be published.