Review OPPO FIND X3 Pro 5G, Ponsel Kelas Premium

  • Whatsapp

Review OPPO FIND X3 Pro 5G, Ponsel Kelas Premium – Oppo, pembuat smartphone terkemuka di China mengeluarkan Find X3 Pro, ponsel flagship yang menandai bahwa mereka produsen teratas dari negara tersebut setelah sanksi yang diterima Huawei.

Ponsel flagship Find X3 Pro yang baru merupakan handset penting bagi perusahaan, menghadirkan peluang untuk memantapkan posisinya sebagai pemain utama di smartphone premium.

Bacaan Lainnya

Dalam rilisnya, Oppo Find X3 Pro mulai tersedia pada harga Rp15.999.000*.

Jika Anda sedang berbelanja untuk ponsel kelas atas, ada baiknya Oppo dicoba, karena ini adalah salah satu perangkat Android paling ramping yang akan Anda lihat di tahun 2021.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X3 Pro
Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X3 Pro

Pros

  1. Desain ramping
  2. Layar yang bagus
  3. Performa menyeluruh yang kuat

Cons

  1. Kamera mikroskop itu keren tapi tidak terlalu berguna
  2. Tidak ada telefoto periskop
  3. Mahal dan tidak tersedia secara luas di seluruh dunia

Desain Ramping Oppo Find X3 Pro

Dari depan, Find X3 Pro terlihat hampir identik dengan OnePlus 9 Pro.

Kedua ponsel memiliki layar OLED melengkung 1440p 120Hz 6,7 inci dengan kamera selfie berlubang di kiri atas; karena Oppo dan OnePlus berbagi rantai pasokan, hampir pasti mereka menggunakan panel Samsung yang sama.

Namun, lihat bagian belakang Find X3 Pro, dan itu tidak terlihat seperti OnePlus — atau telepon lainnya.

Benjolan kamera agak mengingatkan pada iPhone 12 Pro dalam pengaturan tiga lensa dalam kotak bulat, tetapi Oppo mendesain dengan mulus bagian tersebut untuk mengakomodasi semua kamera.

Ditambah dengan lapisan cermin, itu membuat ponsel terlihat seperti sesuatu dari Terminator 2 — setidaknya sampai Anda mendapatkan sidik jari Anda di atasnya.

Find X3 Pro terasa relatif ringan dan tipis untuk ponsel flagship tahun 2021, dengan ketebalan 193g dan 8.3mm, dan tidak adanya tepi tajam di mana pun pada perangkat membuatnya sangat nyaman untuk dipegang.

Sangking mulusnya, Anda akan merasa ponsel ini ringkih dan memicu reaksi untuk memesan casing khusus yang telah dipersiapkan Oppo untuk menjaga tampilan luar ponsel ini agar tetap aman.

Layar dan Kamera Find X3 Pro: Peningkatan dan Penurunan

Find X3 Pro memiliki layar yang sangat bagus dengan Oppo menerapkan sistem manajemen warna 10-bit full-path pertama untuk Android.

Ini memungkinkan Anda untuk menangkap dan melihat lebih dari satu miliar warna dibandingkan dengan 16,7 juta warna pada perangkat lain.

Perangkat lunak Find X3 Pro bahkan menyertakan tes mata untuk membantu tampilan mengkompensasi berbagai bentuk buta warna.

Untuk kameranya sendiri, Find X3 Pro memiliki perangkat keras yang mumpuni. Inti dari sistem ini adalah dua sensor identik 50-megapiksel Sony IMX 766 untuk kamera utama dan ultrawide; itu bukan sensor terbesar di luar sana, tetapi cukup untuk mengungguli pesaing terdekat mereka.

Penyesuaian warna Oppo dan penilaian HDR relatif terkendali, dan memiliki ultrawide yang tidak biasa dan menyegarkan memiliki kinerja yang sama baiknya dalam hal resolusi dan rentang dinamis seperti kamera utama.

Ada juga kamera telefoto 2x 13 megapiksel, namun tidak sebanding dengan kinerja kamera lainnya.

Ini sedikit mengecewakan dari Oppo, yang sebelumnya konsisten mempopulerkan kamera telefoto periskop dibandingkan produsen ponsel pintar lainnya.

Memang, lensa zoom tidak pernah menjadi optik dengan kualitas terbaik pada smartphone, tetapi ini terasa seperti langkah mundur dari zoom 5x pada Find X2 Pro tahun lalu.

Anda dapat menyatakan bahwa zoom 2x lebih fleksibel karena meningkatkan kualitas bidikan antara 2x hingga 4,9x, tetapi mengapa tidak menyertakan keduanya?

Oppo memilih untuk mengalokasikan sebagian besar tonjolan kamera ke alat mikroskop yang mungkin terasa aneh bagi yang tidak akrab.

Sensor tiga megapiksel memiliki lensa di depannya yang menurut Oppo mampu perbesaran hingga 60x, dan bahkan ada lampu cincin di sekitar kaca untuk menerangi subjek yang jika tidak akan dikaburkan oleh bayangan ponsel.

Sulit untuk mendapatkan subjek dalam fokus penuh karena kedalaman bidang yang sangat dangkal, tetapi Anda benar-benar dapat menangkap gambar yang sangat halus tidak seperti apa pun yang pernah Anda lihat dari smartphone dengan memegang Find X3 Pro hingga ke layar utas, makanan, atau OLED.

Kesan Akhir Oppo Find X3 Pro

Performa keseluruhan Find X3 Pro sama bagusnya dengan yang Anda harapkan dari flagship lain yang dilengkapi Snapdragon 888.

Skin ColorOS Oppo jauh lebih tajam daripada sebelumnya, sampai-sampai OnePlus sendiri menggunakannya untuk ponsel di China sekarang.

Baterai 4.500mAh tidak cukup menjadikan ponsel ini tahan dua hari, tetapi ponsel ini bisa cukup kuat digeber untuk satu hari penggunaan berat.

Daya tahan baterai yang kurang terbantu oleh fakta bahwa Oppo akhirnya menempatkan pengisian nirkabel pada ponsel andalannya.

Sistem nirkabel 30W Oppo dikatakan dapat mengisi daya Find X3 Pro hingga 100 persen dalam 80 menit. Pengisi daya kabel, sementara itu, mampu memberikan isian 65W dan memberi Anda daya tambahan sebesar 40 persen dalam sepuluh menit.

Lewat Find X3 Pro, Oppo menunjukkan intensi mereka untuk berdiri sejajar dengan pabrikan Android lainnya dalam menghadirkan ponsel premium yang sah dan berkinerja tinggi.

Namun, di situ tantangannya.

Harga awal Find X3 Pro di Indonesia hanya Rp4.000.000* lebih murah dari Samsung Galaxy S21 Ultra.

Yang pasti, Find X3 Pro adalah perangkat yang luar biasa, dan semakin memperkuat Oppo sebagai salah satu pemain terbesar China yang membawa salah satu ponsel terbaik yang dapat Anda temukan saat ini.

Spesifikasi dan Harga OPPO FIND X3 Pro

Spesifikasi Lengkap OPPO FIND X3 Pro
Spesifikasi Lengkap OPPO FIND X3 Pro

Spesifikasi Oppo X3 Pro

Layar6.7-inch LTPO AMOLED
Curved QHD+
3,216 x 1,440 at 525PPI
Refresh rate adaptif 120Hz
HDR10+ tersertifikasi
ProsesorQualcomm Snapdragon 888
RAM12GB LPDDR5
Kapasitas Penyimpanan256GB UFS3.1
Slot MicroSDTidak ada
Baterai4,500mAh
65W wired charging
30W wireless charging
Reverse wireless charging
KameraBelakang:
– Wide-angle: 50MP, ƒ/1.8, 1/1.56″ sensor dengan OIS dan all-pixel PDAF
– Ultra-wide: 50MP, ƒ/2.2, 1/1.56″ sensor dengan all-pixel PDAF
– Telephoto: 13MP, ƒ/2.4, dengan 5x hybrid zoom
– Microlens: 3MP, ƒ/3.0 dengan fixed focus
Depan:
– 32MP, ƒ/2.4, dengan OIS
KonektivitasDukungan 4G LTE
5G (sub-6GHz, SA dan NSA)
Dukungan Wi-Fi 6
Bluetooth 5.0
Sistem OperasiAndroid 11
(Color OS 11.2)
Water ResistanceIP68
KeamananPemindai sidik jari di layar, pendeteksi wajah
WarnaGloss Black, Blue
Dimensi dan Berat163.4 x 74 x 8.26 mm
193g

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *