Home Kabupaten Manggarai Barat Taman Nasional Komodo, Fakta Keunikan dan Sejarahnya

Taman Nasional Komodo, Fakta Keunikan dan Sejarahnya

Secara resmi, Taman Nasional Komodo didirikan pada tahun 1980. Pada tahun 1986, karena keunikannya, daerah ini juga menjadi salah satu situs Warisan Dunia, serta biosfer dan cagar alam yang diberikan oleh UNESCO.

33
0
Komodo dalam proses kawin
Komodo dalam proses kawin

Taman Nasional Komodo, Cagar alam ini berfungsi untuk melindungi komodo, binatang eksotis dan purba di Indonesia. Selain itu, taman nasional ini menawarkan panorama yang indah. Wajar, jadi sekarang tempat ini sudah mulai banyak di surat kabar wisata nasional.

Komodo yang mengeluarkan liur mengandung racun
Komodo yang mengeluarkan liur mengandung racun

Awalnya, Taman Nasional Komodo hanya dimaksudkan untuk melindungi komodo. Namun seiring waktu, itu berkembang bahkan lebih luas. Sekarang, cagar alam ini melindungi beberapa hewan dan lingkungan alam lainnya, selain menjadi tempat wisata yang direkomendasikan.

Papan lokasi Pulau Komodo
Papan lokasi Pulau Komodo

Lokasi Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di antara pulau Sumbawa dan Flores. Terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur

Pawang Komodo
Pawang Komodo

Pada awalnya, saya berpikir bahwa taman nasional ini hanya ada di Pulau Komodo. Ternyata tidak. Area yang termasuk dalam cagar alam sangat luas. Total area diperkirakan 2.321 kilometer persegi.

Perahu menuju Pulau Komodo
Perahu menuju Pulau Komodo

Tidak hanya Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar juga memasuki kawasan konservasi ini. Untuk sampai ke kawasan taman nasional ini, Anda harus pergi ke Labuan Bajo di Flores, atau ke Bima di Sumbawa. Dari sini kita hanya menuju kawasan Taman Nasional.

Sejarah Pulau Komodo

Pulau Komodo
Pulau Komodo

Komodo, juga dikenal sebagai Komodo Dragon, menjadi dikenal luas oleh para ahli biologi di seluruh dunia pada tahun 1911 setelah JKH Van Steyn melaporkan kepada Peter Ouwens, kurator Museum Zoologi Bogor pada waktu itu.

Secara resmi, Taman Nasional Komodo didirikan pada tahun 1980. Pada tahun 1986, karena keunikannya, daerah ini juga menjadi salah satu situs Warisan Dunia, serta biosfer dan cagar alam yang diberikan oleh UNESCO.

Senja dari Pulau Komodo
Senja dari Pulau Komodo

Menjadi 7 keajaiban baru dunia

Kawasan Taman Nasional Komodo adalah kandidat untuk 7 keajaiban alam baru dunia dan akhirnya dibuka sebagai salah satu dari 7 keajaiban alam baru dunia pada 13 September 2013.

Banyak dari kita tidak mengetahuinya. Ternyata salah satu dari 7 keajaiban alam dunia kini ada di Indonesia! Bagus bukan?

Akses ke Taman Nasional Komodo

Kita bisa datang dan menikmati tempat wisata Taman Nasional Komodo. Selain konservasi alam, kawasan ini juga menawarkan pengalaman liburan yang unik. Terletak di sabuk Wallacea, kita dapat menemukan kombinasi unik antara flora dan fauna yang unik.

Foto dengan tulang hewan sisa makanan Komodo
Foto dengan tulang hewan sisa makanan Komodo

Di antara penyelam, diketahui bahwa perairan di sekitar pulau Komodo, Padar dan Rinca menawarkan tempat-tempat indah untuk menyelam. Lebih dari 1000 spesies ikan, 260 spesies karang, lumba-lumba, paus, dan kura-kura lainnya di Kawasan Konservasi Komodo.

Menyelam, melihat dan belajar tentang kehidupan komodo, tetapi juga menikmati pemandangan yang unik dan indah, adalah beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan.

Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah pulau utama dan terbesar di Taman Nasional Komodo. Di Pulau Komodo Anda dapat mencapai Loh Liang, yang merupakan daerah wisata utama Pulau Komodo.

Kita bisa melihat komodo liar dan hewan lain seperti rusa, babi hutan dan berbagai jenis burung. Selain itu, Anda juga bisa menyelam, hiking di daerah itu, dll.

Pantai Pink juga merupakan tempat yang banyak dikunjungi wisatawan. Pantai unik ini berwarna merah muda karena ada banyak terumbu karang dengan warna yang sama. Karena ombaknya, beberapa terumbu karang terkikis oleh air dan bercampur dengan pasir pantai. Hasilnya, pantai yang unik dan indah dengan warna pink.

Di sekitar Loh Liang, ada vila wisata, restoran dan suvenir, pusat informasi, dll.

Pulau Rinca

Pulau Rinca umumnya merupakan tujuan wisata. Karena pulau kecilnya, pengunjung dapat melihat Komodo lebih cepat. Tujuan wisata utama Pulau Rinca adalah Loh Buaya.

Seperti tempat lain, pemandangan Pulau Rinca sama indahnya.

Kadang kedatangan kami di dermaga disambut oleh beberapa komodo liar. Tidak jauh dari dermaga, ada pos jaga dan konservasi. Kita dapat membeli tiket di sini dan pergi hiking di area tersebut, dipandu oleh seorang ranger / pemandu berpengalaman.

Pulau Padar

Wilayah Pulau Padar sudah mulai menjadi tujuan utama Taman Nasional Komodo. Tentu saja, pemandangan Pulau Padar sangat indah!

Untuk menikmati keindahan pulau secara keseluruhan, Anda harus terlebih dahulu mendaki bukit. Waktu perjalanan sekitar 30 menit hingga 1 jam, tergantung pada kekuatan tubuh.

Pulau ini memiliki kontur pegunungan dan bentuknya sangat eksotis. Ada tiga pantai unik; pantai tempat kapal menjatuhkan jangkar, pantai dengan pasir hitam dan pantai dengan pasir merah muda, seperti pantai merah muda Pulau Komodo. Semua pantai ini terlihat di atas bukit.

Selain tempat-tempat di atas, ada tempat menarik lainnya untuk dikunjungi di Taman Nasional Komodo dan sekitarnya:

  1. Pulau Kelor ( Labuan bajo, bukan pulau kelor di kepulauan seribu di Jakarta)
  2. Kampung Wisata Komodo
  3. Gili Laba
  4. Pulau Kalong
  5. Pulau Kanawa, dan lain-lain.