Beranda Pulau Timor Kota Kupang Pantai Batu Nona Oesapa, ‘Pantai Duaribu’ Spot Selfi Muda Mudi Kota Kupang

Pantai Batu Nona Oesapa, ‘Pantai Duaribu’ Spot Selfi Muda Mudi Kota Kupang

Karena kebiasaan menyebut wanita muda denga sebutan “Nona” maka pantai ini di sebut Batu Nona.

0
115

Membicarakan eksotisme di Kota Kupang tidak akan pernah berakhir, terutama keindahan alam pantainya. Kota Kupang dikelilingi oleh pantai dengan banyak nama. Salah satu pantai di Kupang adalah Pantai Batu Nona di Jalan Raya Raya km 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Batu Nona Oesapa Kota Kupang, Kecamatan Kelapa Lima
Pantai Batu Nona Oesapa Kota Kupang, Kecamatan Kelapa Lima

Pantai Batu Nona adalah salah satu pantai paling populer di kota Kupang untuk menghilangkan kepenatan. Pantai ini sangat indah dengan pasir putih halus dan karang menghiasi pantai. Di satu sisi, banyak pohon palem menambah keindahan pantai ini. Pantai ini juga menyediakan kolam yang tersedia untuk pengunjung dengan harga Rp15.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Setidaknya ada tiga kolam tergantung pada keterampilan berenang Anda. Jika Anda bisa berenang, ada kolam sedalam dua meter. Tetapi jika keterampilan berenang Anda biasa-biasa saja, Anda dapat memilih kolam renang dengan kedalaman satu meter. Kolam sedalam satu meter ini juga cocok untuk anak-anak Anda yang ingin menyejukkan diri di bawah sinar matahari Kupang.

Menurut sejarah, tempat ini disebut Batu Nona karena ada seorang wanita melompat dari salah satu batu karena pacarnya memutuskannya, akhirnya si gadis putus asa. Sigadis pun melompat dari tebing pantai, wanita itu telah menjadi batu yang persis berada di lepas pantai. Sayangnya, batu ini telah terkikis oleh ombak. Karena kebiasaan menyebut wanita muda denga sebutan “Nona” maka pantai ini di sebut Batu Nona. . Saat ini, tempat wanita itu melompat dibangun di atas patung wanita oleh pemerintah setempat.

Sejak kejadian ini, Batu Nona dianggap sebagai tempat berhantu. Penduduk setempat kadang-kadang melihat bayangan seseorang yang duduk di tebing tempat gadis itu melompat. Bahkan, katanya, pengunjung ke pantai mendengar tangisan. Untuk alasan ini, disarankan untuk pergi ke Pantai Batu Nona, sebaiknya tidak sebelum pukul 18:00. Karena diatas jam tersebut dianggap sebagai waktu para arwah berkeliaran.

Pantai ini sudah memiliki beberapa rumah makan. Penginapan di sini juga tersedia dengan harga terjangkau. Dekat dengan tempat ini ada pasar Pantai oesapa Kupang. Sehingga anda tidak perlu khawatir andai tidak sempat membawa bekal makanan dan minimum. Jika lapar bisa berjalan ke arah Pasar oesapa. Disana tersedia sekian banyak kuliner yang siap disantap.

Pantai ini juga menawarkan matahari terbenam yang indah. Untuk menikmati keindahan pantai Batu Nona, disarankan untuk datang ke tempat ini pada sore hari. Selain cuacanya yang teduh, Anda dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari ufuk barat bebatuan di pantai. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan tidak terlalu ramai karena berada di teluk. Senang berada di sini sambil menikmati ombak kecil di antara kaki Anda. Ombak besar baru tiba saat musim barat.

Tidak ada biaya untuk memasuki area Pantai Batu Nona Oesapa. Cukup membayar uang parkir untuk mereka yang membawa kendaraan. Untuk sampai ke Pantai Batu Nona, Anda harus naik ojek. Angkutan umum hanya mencapai Jalan Raya. Meski masuk ke pantai ini, tidak ada fasilitas transportasi umum. Jika Anda datang dari Terminal Kota Kupang yang lama, Anda dapat menggunakan transportasi umum untuk menuju Kupang-Tarus dan turun di persimpangan Nunsui. Setelah itu, Anda dapat menggunakan layanan ojek untuk sampai ke Pantai Batu Nona.

Pantai Dua Ribu

Banyak anak muda Kota Kupang yang menghabiskan waktu luangnya di pantai Batu Nona. Entah sekedar bersantai ria dengan teman atau juga dengan kekasih hati. Pantai Batu Nona diplesetankan dengan sebutan ‘Pantai Dua Ribu’ oleh muda mudi di Kota Kupang dikarenakan adanya jasa fotografer di area pantai ini yang menawarkan harga sekali foto Rp.2000,-. Walaupun diplesetankan dengan sebutan Pantai Dua Ribu, tentunya ini membawa berkah bagi para fotografer disini.

” We taman dong, katong pi Batu Nona ko? Neu mari su….”. Adinaa, basong pi pante dua ribu ko? hehehhe 🙂

Bae Sonde Bae, Kupang Lebe Bae Toh….

Baca juga:

Peta Lokasi Pantai


TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan