(Lengkap!) Jadwal Imsak dan Buka Puasa Provinsi NTT 1442 H 2021

  • Whatsapp

(Lengkap!) Jadwal Imsak dan Buka Puasa Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur) 1442 H 2021Betantt.com, Jadwal imsakiyah di Kabupaten Kota se Nusa Tenggara Timur untuk setiap harinya dapat dipantau melalui laman Betantt.com.

Adapun 22 Kab Kota se NTT, antaralain: Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kupang, Lembata, Malaka, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo, Ngada, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara.

Bacaan Lainnya

Jadwal ini meliputi waktu imsak, salat, hingga buka puasa. Seperti puasa-puasa sebelumnya, puasa Ramadan diawali dengan santap sahur, yang berlangsung pada dini hari hingga waktu Imsak tiba.

Selamat menjalankan ibadah puasa. Setiap wilayah seluruh Indonesia, memiliki masing-masing jadwal imsak sebagai pengingat sahur dan jadwal buka puasa sebagai pengingat berbuka.

Betantt.com pun menyediakan informasi jadwal imsak dan berbuka puasa setiap hari hingga akhir Ramadhan berdasarkan situs resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama.

(Update) Jadwal Imsak dan Buka Puasa 1442 H 2021 se Provinsi NTT
(Update) Jadwal Imsak dan Buka Puasa 1442 H 2021 se Provinsi NTT

Untuk mengetahui jadwal imsak dan buka puasa di setiap kab kota se Provinsi Nusa Tenggara Timur setiap harinya, Anda bisa klik pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini:

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Provinsi NTT

Niat Puasa Ramadhan dan Artinya

Mengerjakan puasa wajib hukumnya bagi umat Islam yang mukallaf selama 29 atau 30 hari bulan Ramadan setiap tahun. Sebulan penuh kaum muslimin, baik laki-laki maupun perempuan berjuang menahan dari dari hal-hal yang membatalkan sejak fajar shodiq hingga terbenamnya matahari.

Puasa adalah amalan istimewa. Tidak ada yang dapat mengetahui amalan tersebut kecuali Allah dan orang yang mengerjakan. Selain itu, Allah sendiri yang memberikan balasan, tanpa menentukan kadar balasan tersebut.

Hal ini tercantum dalam hadis qudsi “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa, sebab ia hanyalah untukku dan Akulah yang akan memberikan ganjaran padanya secara langsung ”.

Puasa tidak hanya semata-mata menahan haus dan lapar atau tidak melakukan hubungan suami-istri pada siang hari. Dalam puasa, yang diutamakan adalah pengendalian diri dari perbuatan yang mengutamakan hawa nafsu.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ’alaihi wassalam. bersabda, “Puasa bukan hanya menahan makan dan minum saja. Puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats. Jika ada seseorang yang mencela atau mengganggumu, katakanlah, ‘Aku sedang puasa’.”

Kaum muslim yang berpuasa ibarat tengah membuat perisai yang kukuh di dunia dan akhirat. Ketika berada di dunia, seseorang yang berpuasa akan membatasi semua perbuatannya hanya untuk hal-hal yang disukai Allah. Sementara itu, di akhirat, puasa adalah perisai yang akan menjaga seseorang dari panasnya api neraka.

Nabi Muhammad shallallahu ’alaihi wassalam. bersabda, “Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari siksa neraka” (H.R. Ahmad).

Berikut ini bacaan doa niat puasa Ramadan dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin ’an adaai fardi syahri ramadhooni hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya, “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardu pada bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Sekian informasi seputar (Update Lengkap!) Jadwal Imsak dan Buka Puasa 1442 H 2021 se Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *