Air Terjun Cunca Rami, Meresapi Indahnya Alam Manggarai

  • Whatsapp

Selain Taman Nasional Komodo, Pulau Flores memiliki objek wisata lainnya di Kabupaten Manggarai Barat, NTT, yang tidak kalah menarik, termasuk Air Terjun Cunca Rami.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah nan sejuk di kawasan Air Terjun Cunca Rami.
Air Terjun Cunca Rami, Meresapi Indahnya Alam Manggarai
Air Terjun Cunca Rami, Meresapi Indahnya Alam Manggarai

Cunca Rami dalam dialek Flores Manggarai, Cunca yang berarti air terjun dan Rami, yang berarti hutan. Sesuai dengan arti namanya karena lokasi Cunca Rami dikelilingi oleh hutan rindang dan pepohonan yang indah.

Bacaan Lainnya

Terletak di hutan Mbeliling, dusun Roe, desa Wae Lolos, kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat.

Selain Cunca Rami, ada juga dua air terjun lainnya, seperti Cunca Wulang dan Cunca Lolos.

Air terjun ini dapat diakses dari gerbang pendakian Mbeliling, yaitu dusun Roe, desa Wae Lolos. Anda bisa sampai di sana dari Labuan Bajo, sekitar 30 km jauhnya, dengan kendaraan sewaan yang berlangsung sekitar satu jam. Kondisi jalan di Labuan Bajo cukup baik dan kualitas aspal memadai.

Setelah di gerbang wisata Cunca Rami, biasanya ada penduduk setempat yang menawarkan layanan pemandu lokal untuk menawarkan harga yang bisa dinegosiasikan.

Baca juga:

Dikelilingi oleh pepohonan rindang dan pemandangan indah, Cunca Rami memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan debit air yang cukup besar. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung harus menghabiskan lebih banyak energi karena Anda harus berjalan di hutan Mbeliling dengan kemiringan yang berlangsung antara 45 menit dan 1 jam. Sebagai gantinya, yang sebaliknya adalah rute trekking yang berlangsung sekitar satu setengah jam.

Air Terjun Cunca Rami membentuk kolam yang terlihat seperti danau kecil yang sering digunakan oleh pengunjung untuk bermain air atau menyelam. Sayangnya, fasilitas pendukung di berbagai tempat wisata belum tersedia. Karena itu, pengunjung yang ingin berganti pakaian setelah bermain air harus siap berganti pakaian di area sekitar air terjun. Di sekitar hutan Mbeliling, sebuah desa adat yang dikembangkan menjadi tujuan wisata, desa Liang Ndara.

Selain terkenal dengan keindahan Pulau Komodo, ternyata Labuan Bajo masih memiliki potensi wisata lain yang tak kalah eksotis. Bagi mereka yang kekurangan air tawar di kolam alami dengan udara segar dari dataran tinggi, mengunjungi Cunca Rami dapat menjadi tujuan wisata berikutnya yang terlewatkan.

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *