Air Terjun 7 Tingkat Oehala So’E, Keindahan Dibalik Hutan

  • Whatsapp

Kota Kupang, ibukota Provinsi NTT dan pulau Timor, yang terkenal dengan panasnya matahari, juga memiliki oasis, air terjun yang indah yang mengundang wisatawan untuk mengunjunginya. Berjarak sekitar 13 km, 10 km dari jalan utama dan 3 km dari kota So’E, ibukota Timor Tengah tengah (TTS), adalah air terjun yang keindahannya mulai identik para pejalan kaki yang mau berkunjung kesana. Air Terjun Oehala adalah destinasi yang wajib dikunjungi ketika menjelajahi Pulau Timor dan kota kecil So’E dengan lebih mendalam.

Air Terjun 7 Tingkat Oehala So'E, Keindahan Dibalik Hutan
Air Terjun 7 Tingkat Oehala So’E, Keindahan Dibalik Hutan

Baca juga:

Bacaan Lainnya

Terletak di desa Oehala, Kota So’E, Mollo Selatan, Kabupaten TTS, Nusa Tenggara Timur. Aliran air terjun Oehala berasal dari Gunung Mutis, sehingga tidak ada keraguan tentang kesegaran dan kejernihan air yang berasal dari air gunung ini. Dengan air yang selalu terlihat sangat alami dan bersih dengan warna hijau kebiruan. Air terjun Oehala juga sering disebut sebagai air terjun 7 tingkat, karena memiliki jumlah 7 tingkat yang mengalir ke Samudra Hindia.

Meski aliran airnya cukup besar, kedalaman kolam air alami tidak terlalu dalam. Pengunjung dapat menikmati setiap level kolam alami dengan hanya mengambil foto, berenang, atau bermain air. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang megah dan lokasinya di tengah hutan, suasana air terjun ini semakin indah dan segar.

Akses ke tempat Wisata Air Terjun 7 Tingkat Oehala

Akses untuk mengunjungi Air Terjun Oehala cukup mudah, pengunjung dapat menyewa kendaraan / menggunakan kendaraan pribadi di Kupang atau So’E. Ketika Anda memulai perjalanan dari Kupang, mengendarai mobil ke Kota So’E untuk jarak 110 km (sekitar 3 jam) ke kota jika ± 10 km (± 0,5 jam). Atau, untuk pelancong muda yang ingin menghemat uang, Anda dapat menggunakan bus ke Kupang – Kefamenanu / Kupang – Atambua, lalu minta ditinggalkan di persimpangan T yang menuju kota. (45 menit) Kondisi jalan di sepanjang menuju ke wilayah Oehala sudah beraspal, hanya beberapa titik aspal yang tampak berlubang tetapi tidak menghalangi lalu lintas.

Setibanya di tempat parkir kawasan wisata, pengunjung dapat menikmati serangkaian kios kecil yang menjual berbagai makanan ringan dan minuman non-alkohol. Namun disarankan untuk membawa / membeli makanan atau minuman terlebih dahulu dari kota sehingga harganya lebih menguntungkan dibandingkan dengan berbelanja di stand yang berada di tempat wisata. Begitu sampai di lokasi utama Air Terjun Oehala, pengunjung harus menyiapkan lebih banyak energi dan berhati-hati karena ada 132 anak tangga spiral yang harus dipijak terlebih dahulu. Sekitar 10 menit berjalan menuruni tangga, pengunjung akan disambut oleh keindahan air terjun 7 tingkat yang indah ini.

Harga tiket (HTM) ke Wisata Air Terjun 7 Tingkat Oehala

Dengan biaya masuk per orang hanya Rp 3.000, pengunjung dapat menikmati pesona Air Terjun Oehala, yang keindahannya disandingkan dengan Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo.

Fasilitas Disekitar Wisata Air Terjun 7 Tingkat Oehala

Namun sayangnya, fasilitas yang tersedia di area ini sepertinya tidak terawat. Hanya ada beberapa lopo (tempat istirahat khas Timor yang ditutupi dengan daun jerami), beberapa kamar mandi dan ruang ganti sederhana. Namun, pemandangan indah air terjun Oehala menyembunyikan semua kekuranganya dan membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati aliran air segar. Bagi pecinta alam, Air Terjun Oehala harus menjadi bagian dari daftar tujuan perjalanan Anda untuk menjelajahi setiap alam Pulau Timor, NTT.

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *