Beranda Air Terjun View Panorama Air Terjun Tengku Lese Manggarai

View Panorama Air Terjun Tengku Lese Manggarai

Air Terjun Cunca Lega atau dikenal dengan sebutan Air Terjun Tengku Lese merupakan salah satu tempat wisata menarik di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya.

Air Terjun Tengku Lese di Manggarai memang tidak setenar objek wisata lain di Manggarai Raya karena air terjun yang terletak di dekat Kampung Tebo, Dusun Pasah, Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahong Utara ini belum bisa diakses oleh kendaraan umum. Namun, sensasi yang ditawarkan sebenarnya tidak kalah dengan objek wisata lain.

Air Terjun Tengku Lese atau Air Terjun Cunca Lega di Kampung Tebo, Dusun Pasah, Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahon Utara, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur
Air Terjun Tengku Lese atau Air Terjun Cunca Lega di Kampung Tebo, Dusun Pasah, Desa Tengku Lese, Kecamatan Rahon Utara, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Air Terjun Cunca Lega atau lebih terkenal dengan sebutan Tengku Lese, merupakan air terjun dua tingkat dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Dikelilingi oleh hutan subur dan sawah yang terlihat dari kejauhan.

Baca juga: Air Terjun Cunca Rami, Meresapi Indahnya Alam Manggarai

Air Terjun Cunca Lega atau dikenal dengan sebutan Air Terjun Tengku Lese merupakan salah satu tempat wisata menarik di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya. Air terjun dua tingkat setinggi sekitar 25 meter ini memiliki air yang deras dan jernih serta panorama yang indah yang dikelilingi oleh hutan nan subur serta sawah yang menghijau.

Air terjun Tengku Lese dapat dicapai dengan trekking dari Desa Nanu sekitar 2.5 km yang ditemani dengan panorama yang indah, bukit-bukit hijau nan rimbun, susunan sawah, dan petani yang sedang membajak tanah dengan kerbau mereka. Sesampainya di kaki air terjun, kalian akan dijamu dengan pemandangan air terjun dua tingkat dengan suara guruh menderu serta sinar cahaya yang membiaskan pelangi kecil.

Air Terjun Cunca Lega atau lebih terkenal dengan sebutan Tengku Lese, merupakan air terjun dua tingkat dengan ketinggian kurang lebih 25 meter.
Air Terjun Cunca Lega atau lebih terkenal dengan sebutan Tengku Lese, merupakan air terjun dua tingkat dengan ketinggian kurang lebih 25 meter.

Baca juga: Air Terjun Cunca Wulang Eksotisme Kolam Dibalik Tebing

Sesampainya di kaki Air Terjun Tengku Lese, Anda akan disambut dengan pemandangan air terjun dua tingkat dengan airnya yang deras dan bergumuruh dengan hiasan pelangi kecil yang menyelimuti air terjun ini.

Akses menuju Air Terjun

Dari Ruteng, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai titik awal dari pendakian. Rute terpendek yang bisa Anda lalui adalah dari Liang Bua atau berjarak sekitar 15 kilometer dari Tengku Lese. Pilihan terbaik untuk menikmati segarnya air terjun Tengku Lese adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan (mobil atau sepeda motor). Jalan akses terakhir berada di Desa Nanu, Dari sana Anda bisa berjalan kaki sejauh 2,5 kilometer untuk bisa sampai ke Air Terjun Tengku Lese nan indah ini. 

Fakta Menarik Seputar Keindahan di Air Terjun

aksesnya yang terbilang sulit untuk dijangkau. Karena memang letaknya pun masih jauh dari keramaian kota serta belum adanya fasilitas yang mendukungnya.
aksesnya yang terbilang sulit untuk dijangkau. Karena memang letaknya pun masih jauh dari keramaian kota serta belum adanya fasilitas yang mendukungnya.

Nah, buat Anda yang memang sangat tertarik untuk mengunjunginya, ada beberapa fakta dibalik keindahannya yang patut untuk Anda ketahui. Daripada Anda semakin penasaran, langsung saja simak beberepa informasinya di bawah ini yang tentunya akan membahas seputar air terjun indah di kawasan Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.

Baca juga: Air Terjun Tanggedu Sumba Timur Serpihan Surga Di Tanah Marapu

Aksesnya yang Masih Sulit

Fakta pertama yang patut untuk Anda ketahui mengenai tempat wisata alam ini ialah dari aksesnya yang terbilang sulit untuk dijangkau. Karena memang letaknya pun masih jauh dari keramaian kota serta belum adanya fasilitas yang mendukungnya.

Namun, dibalik itu semua Anda bisa mendapatkan sebuah air terjun yang bisa menghilangkan rasa penat yang ada di dalam pikiran. Belum lagi, kawasan ini pun sangat jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang terkadang menjadi alasan utama rasa penat datang di dalam diri Anda.

Karena dari aksesnya yang masih sulit, sehingga buat Anda para petualang yang ingin datang ke sana, disarankan untuk melakukan trekking hingga bisa berada di kawasan nan indah ini.
Karena dari aksesnya yang masih sulit, sehingga buat Anda para petualang yang ingin datang ke sana, disarankan untuk melakukan trekking hingga bisa berada di kawasan nan indah ini.

Sensainya yang tidak bisa dibayar dengan apapun. Sebagai seorang traveller atau petualang sejati, tentunya dengan kondisinya yang seperti ini, bukan menjadi sebuah halangan. Anda akan mendapatkan sebuah air terjun yang sangat alami serta asri tentunya.

Baca juga: Air Terjun Oenesu Kupang Barat, Wisata Diujung Barat Pulau Timor

Nama Lain

Jangan langsung bingung apabila terdapat sebutan lain terhadap air terjun ini. Sebab, warga sekitar lebih sering menyebutnya dengan sebutan Air Terjun Cunca Lega. Namun ini merupakan air terjun yang sama.

Selain itu, keindahan dari air terjun ini pun juga terlihat dari kondisinya yang bisa Anda lihat dengan kasat mata. Sebab, ini merupakan air terjun yang cukup tinggi. Bayangkan saja, ketinggiannya pun bisa mencapai 25 meter dan dikelilingi oleh hutan subur dan sawah yang terlihat dari kejauhan.

Tak heran, apabila berkunjung ke air terjun ini lo juga bisa mendapatkan sebuah spot foto yang indah. Sehingga jangan lupa membawa kamera Anda, untuk bisa mengabadikan momen-momen indah ketika berada di sana.

dari Ruteng dibutuhkan sekitar dua jam perjalanan untuk bisa mencapai titik awal trekking.
dari Ruteng dibutuhkan sekitar dua jam perjalanan untuk bisa mencapai titik awal trekking.

Dapat Ditempuh dengan Trekking

Karena dari aksesnya yang masih sulit, sehingga buat Anda para petualang yang ingin datang ke sana, disarankan untuk melakukan trekking hingga bisa berada di kawasan nan indah ini. Tenang saja, medannya tidak terlalu berat, malah perjalanan Anda akan sangat menyenangkan.

Baca juga: Wisata Air Terjun Ogi Andalan Kota Bajawa,Ngada

Sebab dengan melakukan trekking sepanjang 2,5 km Anda akan ditemani dengan panorama indah berupa bukit-bukit hijau, susunan sawah dan petani yang sedang membajak sawah dengan kerbau mereka. Tentunya ini merupakan pemandangan yang jarang Anda dapatkan apabila buat tinggal di perkotaan.

Bukan hanya itu saja, ketika Anda sudah sampai di kaki air terjun, Anda akan dijamu dengan pemandangan air terjun dua tingkat dengan suara gemuruh menderu serta sinar cahaya yang membiaskan pelangi kecil. Serasa sedang berada di sebuah mimpi ketika Anda sudah menginjakkan kaki di tempat dimana air terjun ini berada.

Perlu untuk Anda ketahui pula, dari Ruteng dibutuhkan sekitar dua jam perjalanan untuk bisa mencapai titik awal trekking. Rute terpendek yang bisa Anda lalui ialah Liang Bua, sekitar 15 km dari Tengku Lese Manggarai. Lalu pilihan terbaik untuk pergi ke sana yaitu dengan kendaraan pribadi yang bisa Anda sewa. Jalan akses akan berakhir di Desa Nanu. Dari desa tersebut, petualangan Anda akan dilanjutkan dengan trekking yang sangat seru tersebut.

Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan

Berada di kawasan air terjun nan indah ini tentunya terdapat beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan, tentunya berbau alam dan kawasan ini pun akan membawa kembali untuk mendekat dengan alam. Tentu merupakan aktivitas yang sangat seru bro.

Melompat dari atas batu-batu cokelat besar yang menyebar di sekitar dasar air terjun ini merupakan aktivitas yang bisa melepaskan penat serta sangat menyenangkan untuk dilakukan. Namun disarankan untuk tidak melompat ke dalam air terjun yaa, sebab tetesan airnya pun sangat kasar.

Kalau Anda ingin berendam, sedikit ke bawah Anda akan menemukan sebuah kolam renang alami yang lebih kecil dan lebih tenang. Bahkan juga aman untuk dijadikan kawasan bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang indah di kawasan wisata ini.

Jangan lupa pula untuk berkunjung ke Desa Tebo yang letaknya tak jauh dari air terjun ini. Karena di desa tersebut Anda bisa mencicipi kopi dengan kualitas terbaik. Tentunya bisa menjadi aktivitas yang bisa membuat Anda melepaskan lelah setelah mendaki.

Peta Lokasi Air Terjun

Air Terjun Cunca Lega

POSTING MENARIK LAINYYA