Asuransi Kesehatan: Definisi, Jenis, Manfaat dan Perusahaan

  • Whatsapp

Index:

Asuransi Kesehatan: Definisi, Jenis, Manfaat dan Perusahaan – Siapa pun pasti tak ada yang berharap menderita sakit. Namun, kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi agar tak mengalami sakit adalah menerapkan pola hidup sehat dan menyediakan “payung” jika risiko itu (sakit) terjadi pada kita.

Antisipasi biaya pengobatan, misalnya, salah satunya bisa dilakukan dengan membeli produk asuransi kesehatan. Dengan adanya asuransi kesehatan, minimal kita sudah ada “pegangan” jika suatu saat sakit, harus menjalani pengobatan dan perawatan.

Bacaan Lainnya

Apa saja yang harus diketahui tentang asuransi kesehatan? Jika sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, perlukah membeli asuransi kesehatan lainnya?

Kenali sebelum membeli. Anda harus tahu apa itu asuransi kesehatan dan kenapa penting memilikinya!

Asuransi Kesehatan Definisi, Jenis, Manfaat dan Perusahaan
Asuransi Kesehatan Definisi, Jenis, Manfaat dan Perusahaan

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang diperuntukkan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada para tertanggungnya apabila tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan.

Asuransi Kesehatan ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi dengan beragam pilihan mulai dari perlindungan biaya rawat inap di rumah sakit hingga perawatan jalan pra dan pasca proses rawat inap di rumah sakit. Selain itu, Asuransi Kesehatan kini juga menyediakan jaminan untuk biaya proses melahirkan normal maupun sesar kepada tertanggungnya.

Untuk mendapatkan perlindungan atau manfaat Asuransi Kesehatan, setiap nasabah atau pemegang polis Asuransi Kesehatan wajib membayar premi asuransi keshatan secara berkala. Besaran premi Asuransi Kesehatan bervariatif, nilainya disesuaikan dengan kondisi kesehatan tertanggung, tingkat risiko, manfaat dan ketentuan lainnya dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Berbeda dengan BPJS Kesehatan, asuransi swasta memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki BPJS Kesehatan seperti unggul dalam hal kecepatan, kemudahan dan fleksibilitas memilih rumah sakit. Pengobatan di semua rumah sakit pada dasarnya diterima oleh asuransi, baik itu yang kerjasama (cashless) dan tidak kerjasama (reimbursement).

Mengapa Perlu Memiliki Asuransi Kesehatan?

Layaknya produk pinjaman, memiliki Asuransi Kesehatan tentunya dapat memberikan berbagai manfaat dalam kehidupan Anda. Bila pertanyaanya perlu atau tidak, sudah tentu jawabanya adalah perlu. Simak berbagai alasannya berikut ini:

  1. Dengan memiliki Asuransi Kesehatan Anda tidak akan merepotkan keluarga atau kerabat Anda bila Anda terserang penyakit atau harus di rawat di rumah sakit dalam jangka waktu tertentu. Dengan Asuransi Kesehatan biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga Anda tidak perlu khawatir.
  2. Biaya kesehatan yang mengalami kenaikan setiap tahun sehingga bila Anda memiliki Asuransi Kesehatan Anda dapat membiayai biaya perawatan Anda tanpa mengeluarakan biaya yang besar dalam jangka panjang bila Anda terkena penyakit kritis atau harus di rawat inap di rumah sakit. Secara umum biaya kesehatan di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 10-15% setiap tahunnya. Kenaikan biaya kesehatan ini juga tidak diimbangi oleh perhitungan kenaikan gaji, sehingga risiko kehilangan aset atau mengalami kebangkrutan sangat besar bila Anda terkena penyakit.
  3. Semakin dini umur Anda, maka semakin murah premi asuransi yang dibayarkan. Penilaian ini berdasarkan risiko penyakit kronis yang bisa menimpa Anda. Semakin muda umur Anda, maka risiko terkena penyakit kronis juga akan semakin kecil serta semakin murah biaya premi yang harus dibayarkan.
  4. Biaya premi Asuransi Kesehatan terbilang cukup murah apalagi bila Anda ingin mencoba menggunakan Asuransi Kesehatan yang murni.
  5. Adanya sistem Asuransi Kesehatan cashless yang memungkinkan Anda hanya perlu membawa kartu khusus yang disediakan oleh pihak perusahaan asuransi untuk mempermudah saat melakukan klaim.
    Pengajuan asuransi kesehatan dapat dilakukan baik secara langsung melalui website cermati atau bisa melalui aplikasi di hp seperti pinjaman online.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Ada beberapa jenis asuransi kesehatan di Indonesia yang dibedakan berdasarkan beberapa kriteria, yaitu antara lain berdasarkan:

Jenis Perawatan

    1. Asuransi Kesehatan rawat inap (in-patient treatment):
      Asuransi Kesehatan yang membiayai perawatan yang mengharuskan pasien untuk tinggal (opname) di sebuah ruangan rumah sakit.
    2. Asuransi Kesehatan rawat jalan (out-patient treatment):
      Asuransi Kesehatan yang membiayai perawatan pasien berupa pelayanan medis seperti pengamatan, diagnosa, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya yang tidak mengharuskan pasien untuk tinggal (opname) di rumah sakit.

Keikutsertaan:

    1. Wajib:
      Pembelian dan pembayaran asuransi tiap individu dilakukan secara wajib dan mengikuti aturan tertentu seperti seorang karyawan yang harus membeli polis asuransi sesuai dengan peraturan dalam perusahaan atau organisasi tempat dia bekerja.
    2. Sukarela:
      Pembelian dan pembayaran asuransi tiap individu dilakukan secara bebas yang artinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari individu tersebut tanpa terikat suatu aturan perusahaan atau organisasi.

Biaya yang Ditanggung:

    1. Tanggungan Total:
      Jenis Asuransi Kesehatan dimana seluruh biaya perawatan nasabah akan ditanggung oleh perusahaan asuransi baik dari rawat inap maupun rawat jalan yang jumlahnya sesuai dengan yang tertera dalam polis asuransi.
    2. Tanggungan Tinggi Saja:
      Jenis Asuransi Kesehatan dimana perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya yang tergolong besar dan tidak akan menanggung biaya-biaya rawat jalan kecil seperti pemeriksaan, diagnose, obat, dll.

Pihak yang Ditanggung:

    1. Personal:
      Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan kepada satu individu saja (pribadi) sesuai dengan syarat yang berlaku dalam polis asurasinya.
    2. Kelompok:
      Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan kepada kelompok tertentu (anggota perusahaan atau keluarga) seusia dengan syarat dan ketentuan polis (biasanya dihitung berdasarkan jumlah karyawan atau anggota keluarga yang dipertanggungkan).

Mengapa Anda Butuh Asuransi Kesehatan?

Ada beberapa alasan mengapa Anda butuh Asuransi Kesehatan, yaitu:

  1. Memberikan perlindungan kesehatan bila Anda sewaktu-waktu terkena sakit (penggantian obat dan pemeriksaan) atau ingin melakukan pemeriksaan terhadap penyakit Anda.
  2. Mengurangi biaya yang dikeluarkan bila Anda terpaksa harus di rawat (opname) di rumah sakit ketika terserang penyakit atau kecelakaan serta membantu mengurangi biaya operasi atau persalinan saat keadaan darurat.

Mengapa Harus Membeli Asuransi Kesehatan Secara Online?

Ada beberapa alasan mengapa Anda lebih baik membeli asuransi secara online, yaitu:

  1. Proses dilakukan secara online:
    Semua proses yang dilakukan mulai dari transaksi, proses aplikasi, update status dan pengecekan dilakukan secara online (dalam sistem yang terintegrasi) sehingga dapat menghemat waktu Anda dibandingkan harus mengunjungi bank atau melalui agen asuransi.
  2. Biaya polis lebih murah:
    Pengajuan asuransi secara online memakan biaya yang lebih murah dbanding secara offline karena pengurangan biaya distribusi dan infrastruktur sehingga pemegang polis mendapatkan asuransi dengan premi lebih rendah.
  3. Banyak produk yang tersedia secara online:
    Dalam konteks ini karena pengajuan asuransi dilakukan secara online maka calon nasabah dapat dengan leluasa memliih dan membandinkan banyak produk-produk asuransi yang tersedia dan tersebar di berbagai tempat. Hal ini akan membantu nasabah memahami lebih dalam berbagai produk asuransi yang terseda sehingga calon nasabah dapat menjatuhkan pilihan ke produk yang tepat dibandingkan secara online.
  4. Portal asuransi yang menarik dan lengkap:
    Sebagian besar website pengajuan asuransi memiliki tampilan yang menarik dan form yang lebih lengkap untuk diisi sehingga proses pengajuan bisa dilakukan dengan mengupload dokumen yang diperlukan dibandingkan harus menyiapkan secara offline.
  5. Mendapatkan akses review produk:
    Dengan melakukan pengajuan secara online Anda dapat melihat dan mendengarkan berbagai macam review dari produk asuransi yang Anda inginkan dari orang-orang yang sebelumnya pernah mengajukan produk tesebut sebagai referensi produk yang tepat.

Jenis Pergantian Biaya dalam Asuransi Kesehatan

Ada Beberapa jenis biaya pergantian dalam Asuransi Kesehatan, yaitu:

  1. Tanpa Uang Kontan (Asuransi Kesehatan Cashless):
    Ganti rugi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi tanpa menggunakan uang nasabah terlebih dahulu dimana biasanya perusahaan asuransi akan memberikan kartu keanggotaan sebagai bukti ganti rugi pada rumah sakit yang menjadi rekan mereka.
  2. Bayar Terlebih Dahulu (Asuransi Kesehatan Reimbursment):
    Dalan jenis ini nasabah diharuskan untuk membayarkan terlebih dahulu biaya yang dikeluarkan untuk perawatan baru kemudian perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut setelah nasabah melengkapi dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan.

Hal-Hal Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan atau pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli asursansi kesehatan:

  1. Jumlah Copayment:
    Pilih jenis Asuransi Kesehatan dengan 0 copayment agar Anda tidak perlu membayar dan dapat menikmati klaim secara penuh.
  2. Jangka Waktu Seumur Hidup:
    Pastikan bila Asuransi Kesehatan Anda dapat bertahan seumur hidup untuk menikmati perlidungan setiap saat. PIlihlah jenis asuransi yang dapat diperpanjang jangka waktunya.
  3. Masa Tunggu Penyakit:
    Perhatikan dengan baik masa tunggu penyakit dari asuransi Anda sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik. Pilihlah asuransi dengan masa tunggu yang tidak terlalu panjang.
  4. Biaya Kamar:
    Perhatikan perhitungan biaya kamar rumah sakit yang ada sehingga lebih baik mengajukan sebuah polis dengan biaya kamar dan pelayanan yang lebih tinggi agar Anda nyaman ketika berada di rumah sakit.

Hukum dalam Asuransi Kesehatan

Pada dasarnya, asuransi merupakan sebuah bentuk perjanjian, maka dengan demikian hal ini memiliki risiko batal atau dibatalkan jika tidak memenuhi syarat keabsahan perjanjian yang mengacu pada Pasal 1320 KUH Perdata. Namun di luar KUHD tersebut, perjanjian asuransi juga dibatalkan bila terjadi beberapa hal seperti:

  1. Memuat keterangan yang keliru atau tidak benar atau bila tertanggung tidak memberitahukan hal-hal yang diketahuinya, di mana apabila hal tersebut disampaikan kepada penanggung akan berakibat tidak ditutupnya perjanjian asuransi tersebut (Pasal 251 KUHD).
  2. Memuat suatu kerugian yang sudah ada sebelum perjanjian asuransi ditandatangani (Pasal 269 KUHD).
  3. Memuat ketentuan bahwa tertanggung dengan pemberitahuan melalui pengadilan membebaskan si penanggung dari segala kewajiban yang akan datang (Pasal 272 KUHD).
  4. Terdapat suatu akalan cerdik, penipuan, atau kecurangan si tertanggung (Pasal 282 KUHD).
  5. Apabila obyek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan dan atas sebuah kapal baik kapal Indonesia atau kapal asing yang digunakan untuk mengangkut obyek pertanggungan menurut peraturan perundang-undangan tidak boleh diperdagangkan (Pasal 599 KUHD).

Bagaimana Cara Mengklaim Asuransi Kesehatan?

Berikut adalah beberapa prosedur umum yang harus dilakukan untuk melakukan klaim Asuransi Kesehatan:

  1. Mengisi Formulir Klaim Asuransi dengan Lengkap:
    Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir klaim yang disediakan dari perusahaan asuransi Anda dengan lengkap. Pastikan informasi data diri dan informasi lainnya dicantumkan secara lengkap dan detil agar kebutuhan pendataan saat klaim dapat lebih cepat dilakukan. Bila Anda mengalami kesulitan mengisi form klaim ini, Anda bisa meminta bantuan agen asuransi Anda untuk mengisi form tersebut.
  2. Melampirkan Rincian Tagihan Rumah Sakut atau Pengobatan:
    Melampirkan tagihan rumah sakit kepada perusahaan asuransi merupakan syarat kelengkapan dokumen yang paling penting. Tagihan rumah sakit ini biasanya berupa identitas pasien, laporan penyakit, informasi dokter, atau biaya obat-obatan yang dikeluarkan selama perawatan. Cermati lebih lanjut semua informasi tagihan yang dikeluarkan oleh rumah sakit agar tidak terjadi kesalahan informasi baik dari informasi pasien maupun rincian biaya pengobatan. Informasi yang tidak sesuai ini bisa menyebabkan proses klaim Anda ditolak oleh perusahaan asuransi bila Anda lalai dalam mencocokan data.

Daftar Istilah dalam Asuransi Kesehatan

Berikut adalah beberapa istilah yang terdapat dalam Asuransi Kesehatan:

Agen

Orang yang bekerja dan terikat dengan perusahaan asuransi untuk mencari dan melayani pemegang polis.

Anuitas

Serangkaian pembayaran dalam waktu tertentu yang diberikan oleh perusahaan asuransi pada pemegang polis anuitas.

Aktuaris

Orang yang secara profesional telah menjalani berbagai pelatihan dan memiliki pengetahuan seputar asuransi secara teknis untuk memperkirakan besaran premi pada calon nasabah.

Bancassurance

Metode distribusi penjualan asuransi dimana bank bertindak sebagai penyalur dimana target nasabahnya adalah nasabah dari bank tersebut. Biasanya layanan yang diberikan merupakan perpaduan dari layanan perbankan dan asuransi.

Bancatafakul

Metode distribusi pada asuransi syariah dimana penyalurnya merupakan bank syariah dimana target nasabahnya adalah nasbah dari bank tersebut. Biasanya layanan yang diberikan merupakan perpaduan dari layanan perbankan dan asuransi.

Copayment

Biaya yang harus dibayarkan ketika Anda melakukan klaim tagihan di rumah sakit (biasanya sebesar 10% dari biaya tagihan perawatan).

Klaim Asuransi

Permintaan yang dilakukan secara resmi kepada perusahaan asuransi untuk meminta kompensasi berdasarkan ketentuan dalam polis atau perjanjuan asuransi.

Komisi

Bagian dari premi yang dibayarkan kepada agen atau tenaga penjual sebagai balas jasa pelayanan polis yang dilakukan.

Masa Tenggang

Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo premi dimana premi masih dapat dibayar tanpa dikenai bunga dan polis masih dapat dipertanggungjawabkan.

Masa Tunggu

Periode setelah polis diterbitkan dimana pada periode ini polis asuransi tidak menanggung biaya kesehatan tertanggung sampai jangka waktu tertentu.

Proposal

Kumpulan informasi yang diberikan oleh perusahaan asuransi mengenai manfaat polis yang akan diberikan ke calon nasabah. Proposal ini biasanya ditawarkan untuk memeberikan informasi produk yang akan diberikan seperti besarnya premi dan syarat-syarat pertanggungannya.

Polis

Polis adalah sebuah perjanjian yang mengikat dan disetujui oleh pihak perusahaan asuransi dan pemegang polis secara tertulis.

Premi

Uang yang harus dibayarakan pada jangka waktu tertentu sebagai kewajiban dari pemegang polis asuransi. Besarnya premi yang dibayarkan ditetapkan oleh kebijakan dan persetujuan dari pihak perusahaan asuransi sesuai dengan kondisi dari tertanggung.

Penanggung

Seseorang yang secara sah tercantum dalam polis asuransi untuk melakukan pembayaran premi atas polis yang tersebut.

Tertanggung

Seseorang yang secara sah tercantum dalam polis asuransi untuk menerima manfaat dari polis tersebut.

Risiko

Risiko adalah kerugian yang terjadi kepada individu atau benda yang dipertanggungkan.

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Asuransi kesehatan terbaik tentunya memiliki berbagai keunggulan dan tentunya layak dijadikan pilihan. Mulai dari jaringan rumah sakit rekanan luas, skema limit yang sesuai kebutuhan, klaim cashless, serta masa tunggu singkat. Tentu sebuah keuntungan bila mendapatkan asuransi kesehatan yang bagus, namun dengan premi yang lebih murah.

Sebelum terlambat, kamu bisa membuatkan asuransi kesehatan untuk orang tua bila mampu. Penting untuk membaca review asuransi yang paling bagus dulu sebelum membelinya. Jangan salah pilih perusahaan asuransi kesehatan abal-abal yang mana pelayanan buruknya dan proses pengajuan klaimnya susah.

Untuk menghindari hal itu, kamu bisa memilih asuransi kesehatan syariah maupun konvensional terbaik. Berbagai produk asuransi yang banyak digunakan sebut saja asuransi kesehatan BCA, BNI Life, Allianz, Prudential dan sebagainya.

Prudential

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Pertama, ada Prudential yang hadir di Indonesia sejak 1995 dan melayani asuransi kesehatan dan jiwa. Prudential memiliki produk asuransi kesehatan bernama PRUprime Healthcare yang memberikan pertanggungan biaya rawat inap dengan perlindungan sampai usia 85 tahun.

Selain itu, PRUprime Healthcare juga merupakan asuransi tambahan dari produk asuransi jiwa Prudential, yaitu PRUlink Generasi Baru. Jadi untuk mendapatkannya, kamu harus membeli produk asuransi jiwanya dulu. Biaya premi asuransi di Prudential tergantung usia dan pilihan produk yang dipilih.

Ulasan produk asuransi PRUprime Healthcare

  1. Penggantian biaya kamar rumah sakit dan akomodasi maksimum Rp8 juta per hari
  2. Tagihan rumah sakit dibayar sesuai plan yang dipilih
  3. Penggantian biaya kunjungan dokter spesialis dihitung per tipe spesialis
  4. Terdapat manfaat PRUprime limit booster untuk menambah batas manfaat tahunan sampai Rp35 juta
  5. Dapat 10 persen peningkatan batas manfaat tahunan bila tidak ada klaim
  6. Perlindungan di seluruh negara
  7. Masa perlindungan hingga usia 85 tahun

Syarat pengajuan asuransi kesehatan Prudential

  1. Peserta memiliki usia minimum 1 bulan sampai dengan usia 65 tahun (pada ulang tahun berikutnya)
  2. Usia maksimum pertanggungan asuransi kesehatan sampai dengan usia peserta/tertanggung 55 tahun, 65 tahun atau 75 tahun (ulang tahun sebenarnya)
  3. Bisa ditambahkan pada berbagai solusi perlindungan dasar dengan maksimal 1 paket per peserta utama yang diasuransikan.

Cara daftar asuransi kesehatan Prudential

  1. Kenali berbagai produk prudential
  2. Pilih agen asuransi berlisensi
  3. Komunikasikan kebutuhan kamu dalam asuransi
  4. Mengkomunikasikan yang anda butuhkan dalam asuransi
  5. Menentukan produk asuransi yang tepat
  6. Persiapkan berkas dan persyaratan
  7. Ketahui cara pembayaran premi asuransi dengan baik
  8. Mengisi dan menandatangani Surat pengajuan asuransi jiwa (SPAJ)
  9. Membayar premi awal

Allianz

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Asuransi kesehatan terbaik di Indonesia selanjutnya ada asuransi dari Jerman, Allianz, yang tentunya harus masuk daftar kamu. Allianz memiliki produk asuransi kesehatan yang ungggul dari berbagai aspek yakni SmartHealth Maxi Violet.

Melalui produk ini, kamu bisa menikmati manfaat no claim bonus yang artinya premi asuransi kesehatan Allianz yang telah dibayarkan akan dikembalikan 20 persen jika tidak ada klaim. Tak hanya itu, produk SmartHealth Maxi Violet juga menawarkan delapan jenis plan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dengan manfaat rawat inap sampai Rp1 juta per hari. Biaya premi Allianz SmartHealth Maxi Violet mulai dari Rp662.000 per bulan.

Ulasan produk SmartHealth Maxi Violet

  1. Usia masuk peserta asuransi 15 hari sampai 60 tahun
  2. Polis asuransi bisa diperpanjang sampai tertanggung berusia 70 tahun
  3. Pertanggungan biaya kamar saat rawat inap: Rp100 ribu, Rp150 ribu, Rp200 ribu, Rp350 ribu, Rp500 ribu, Rp600 ribu, Rp750 ribu, Rp1 juta per hari
  4. Pertanggungan biaya kamar ICU: Rp300r ribu, Rp350 ribu, Rp400 ribu, Rp550 ribu, Rp700 ribu, Rp800 ribu, Rp1 juta, dan Rp1,3 juta per hari
  5. Pertanggungan biaya kunjungan dokter: Rp50 ribu, Rp62 ribu, Rp75 ribu, Rp112 ribu, Rp150 ribu, Rp175 ribu, Rp215 ribu, dan Rp300 ribu per hari
  6. Pertanggungan biaya kunjungan dokter spesialis: Rp75 ribu, Rp87 ribu, Rp100 ribu, Rp137 ribu, Rp175 ribu, Rp200 ribu, Rp250 ribu, dan Rp350 ribu
  7. Pertanggungan biaya pembedahan mulai dari Rp4,5 hingga Rp160 juta
  8. Pertanggungan rawat jalan dan rawat gigi: Rp1 juta, Rp1,5 juta, Rp2 juta, Rp3,5 juta, Rp5 juta, Rp6 juta, Rp7,5 juta, dan Rp10 juta
  9. Pertanggungan biaya sebelum dan sesudah rawat inap: Rp400 ribu, Rp600 ribu, Rp800 ribu, Rp1,4 juta, Rp2 juta, Rp2,4 juta, Rp3 juta, dan Rp4 juta
  10. Santunan atas risiko meninggal dunia: Rp2 juta, Rp2,5 juta, Rp3 juta, Rp4,5 juta, Rp6 juta, Rp7 juta, Rp8,5 juta, dan Rp11,5 juta
  11. Manfaat pengembalian premi Allianz hingga 20 persen

Syarat dan cara pengajuan polis asuransi Allianz SmartHealth Maxi Violet

  1. Pertama, isi formulir aplikasi asuransi kesehatan perorangan
  2. Tanda tangani ilustrasi manfaat
  3. Melampirkan fotokopi kartu identitas yang masih berlaku
  4. Melampirkan dokumen lain yang diperlukan asuransi
  5. Nasabah bisa langsung mengajukan asuransi melalui situs Allianz atau bisa pula lewat situs pembanding produk keuangan. Bila melakukannya melalui situs Allianz, kamu tinggal mengisikan data diri termasuk nomor telepon dan surel untuk kemudian akan dihubungi pihak Allianz.

Manulife

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Perusahaan asal Kanada yang masuk ke Indonesia sejak 1989 ini juga layak dipertimbangkan karena memiliki produk asuransi kesehatan terbaik Indonesia. Manulife yang memiliki 2,5 juta nasabah ini punya beberapa produk asuransi kesehatan cashless terbaik, salah satunya MiUltimate HealthCare (MiUHC).

MiUCH menanggung biaya bedah, rawat inap, melahirkan, perawatan gigi, sampai konsultasi psikologis nasabah yang bisa kamu klaim asuransi di seluruh Indonesia dan di luar negeri. Produk ini memiliki empat paket rencana pertanggungan dengan limit yang beragam yakni Diamond, Ruby, Emerald, dan Jade sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Cakupan pertanggungan tiap paket juga berbeda-beda, ada yang hanya menanggung di Indonesia dan Malaysia sampai dengan di seluruh dunia. Biaya premi asuransi kesehatan di Manulife sekitar Rp12 jutaan setahun.

Ulasan produk asuransi MiUCH

  1. Biaya kamar rawat inap mulai Rp500 ribu-Rp3 juta per hari (Indonesia dan Malaysia)
  2. Biaya kamar di luar Indonesia dan Malaysia dari Rp3 juta-Rp9 juta per hari
  3. Menanggung biaya unit perawatan intensif
  4. Menanggung biaya kunjungan dokter maksimal satu kunjungan
  5. Menanggung biaya aneka perawatan rumah sakit
  6. Menanggung biaya kunjungan dokter spesialis maksimal satu kunjungan
  7. Menanggung biaya operasi bedah maksimal per tahun
  8. Menanggung biaya bedah rekonstruksi
  9. Biaya akomodasi pendamping dari Rp500 ribu-Rp1,25 juta per hari
  10. Biaya penyuluhan psikologis dari Rp1 juta-Rp2,5 juta per tahun
  11. Ada manfaat perawatan gigi
  12. Ada manfaat melahirkan dengan masa pertanggungan maksimal 45 tahun. Batas usia pasien melahirkan yakni 20-43 tahun
  13. Menanggung keperluan rawat jalan yang berkaitan dengan rawat inap seperti kemoterapi, cuci darah, dll
  14. Masa pertanggungan dewasa sampai 80 tahun
  15. Masa pertanggungan anak sampai 25 tahun

Syarat mengajukan asuransi kesehatan Manulife

  1. Tertanggung/peserta berusia minimum 6 bulan sampai usia 70 tahun
  2. Menyiapkan dokumen dan data pribadi seperti: Fotokopi KTP/KITAS dan lampiran hasil pemeriksaan kesehatan (bila dibutuhkan)
  3. Mengisi formulir pengajuan asuransi kesehatan Manulife

Cara mengajukan asuransi kesehatan Manulife

  1. Hubungi agen Manulife terdekat untuk dibuatkan ilustrasi/proposal
  2. Tanda tangan ilustrasi yang sudah dibuat
  3. Tanda tangan formulir aplikasi Surat Permintaan Asuransi Jiwa
  4. Melengkapi daftar pertanyaan Surat Permintaan Asuransi Jiwa
  5. Melengkapi kuesioner Kesesuaian Produk Asuransi Jiwa dan Profil Risiko (untuk program unit link)
  6. Fotokopi bukti pembayaran premi pertama
  7. Fotokopi KTP
  8. Agen menyerahkan kelengkapan dokumen di atas ke Manulife
  9. Proses seleksi underwriting
  10. Menunggu perkembangan aplikasi, apakah ada perintah untuk medical check up atau apakah ada tambahan dokumen yang harus dilengkapi
  11. Bila tidak ada perintah medical check up selanjutnya akan keluar keputusan pengajuan aplikasi diterima, ditolak atau dikenakan ekstra premi
  12. Bila keluar perintah medical check up, Manulife akan menunggu hasil medical check up diterima untuk proses seleksi underwriting lanjutan. Selanjutnya akan keluar perkembangan aplikasi apakah perlu medical check up tambahan atau pengajuan aplikasi sudah dapat diterima, ditolak atau dikenakan ekstra premi
  13. Nasabah bisa tingga menunggu buku polis selesai dicetak bila pengajuan aplikasi diterima
  14. Bila pengajuan ditolak, Manulife akan mengembalikan premi pertama yang telah nasabah bayar
  15. Bila pengajuan aplikasi dikenakan ekstra premi, Manulife akan mengeluarkan surat ekstra premi. Keputusan selanjutnya ada pada calon nasabah, apakah mau menerima ekstra premi itu atau menolak. Bila menolak, Manulife akan mengembalikan premi pertama yang sebelumnya telah nasabah transfer.

Sinarmas

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Asuransi kesehatan terbaik di Indonesia berikutnya ada Asuransi Sinar Mas (ASM) yang sudah berdiri sejak tahun 27 Mei 1985. ASM telah mendapatkan rating AA+ Insurer Financial Strength (IF) dengan outlook stable dari lembaga pemeringkat Internasional Fitch Ratings. Salah satu produk asuransi kesehatan dari ASM adalah Simas Sehat Gold.

Produk ini cocok untuk para orangtua karena menawarkan proteksi kesehatan sampai usia 59 tahun dan bisa diperpanjang sampai usia 75 tahun. Harga preminya mulai dari Rp77 ribu per bulan dan bisa ditingkatkan sesuai keperluan nasabah.

Ulasan polis Simas Sehat Gold

  1. Pertanggungan rawat inap selama maksimal 365 hari per tahun
  2. Pertanggungan rawat inap ICU selama maksimal 60 hari per tahun
  3. Pertanggungan biaya pemeriksaan dokter selama rawat inap, maksimal satu kali kunjungan per hari
  4. Pertanggungan biaya perawatan lanjutan, maksimum 30 hari setelah masa rawat inap berakhir
  5. Pertanggungan biaya pemeriksaan laboratorium dan tes diagnostik maksimal tujuh hari sebelum pasien dirawat inap
  6. Pertanggungan pembedahan meliputi biaya tim dokter bedah, anestesi, kamar bedah, obat, dan alat kesehatan
  7. Pertanggungan biaya ambulans menuju ke rumah sakit
  8. Penggantian biaya asuransi dengan sistem cashless
  9. Tidak ada inner limit untuk setiap pertanggungan, hanya ada inner limit untuk biaya kamar inap dan ruang ICU/ICCU

Syarat mengajukan produk asuransi kesehatan Sinarmas

  1. Tertanggung berusia usia minimum 1 bulan sampai dengan usia 59 tahun atau 75 tahun untuk perpanjangan
  2. Menyiapkan dokumen dan data pribadi seperti: fotokopi KTP/KITAS, lampiran hasil pemeriksaan kesehatan (bila dibutuhkan), mengisi formulir pengajuan asuransi kesehatan Sinarmas

Cara mengajukan asuransi kesehatan Sinarmas

  1. Mengisi Formulir Aplikasi Asuransi (FAA) dengan lengkap, satu keluarga cukup satu buah formulir
  2. Lampirkan dengan fotokopi kartu identitas semua calon Peserta yang berusia di atas 18 tahun dan fax di nomor 0213926534 kepada : PT. Asuransi Sinar Mas-Accident and Health Insurance Division
  3. Langkah selanjutnya bisa menghubungi nomor kantor untuk keterngan lebih lanjut di no. telepon (021)-3902141 (hunting) atau hotline 24 hours (021)5050 7888 atau (021) 235 67 888.

AIA

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

AIA merupakan perusahaan asal Hong Kong yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1983. Produk asuransi kesehatan AIA terbaiknya yakni Hospital & Surgical Protection, menjamin penggantian biaya perawatan medis di rumah sakit.

Besaran premi asuransi AIA tergantung pada usia tertanggung, jenis pekerjaan tertanggung, jumlah peserta tertanggung, riwayat kesehatan, gaya hidup. plafon, jangka waktu pertanggungan, dan manfaat tambahan.

Rangkuman polis Hospital & Surgical Protection

  1. Pertanggungan biaya rawat inap dan rawat jalan
  2. Pertanggungan biaya untuk tindakan bedah dan biaya medis.
  3. Penggantian biaya sesuai tagihan (as charged).
  4. Penggantian biaya rawat inap darurat akibat kecelakaan di luar area perlindungan
  5. Garansi mendapat kamar perawatan dengan dua atau empat tempat tidur dengan harga terendah
  6. Tidak ada batasan alias sesuai dengan tagihan dan pembayaran dilakukan secara cashless atau dengan menggesek kartu peserta asuransi AIA pada mesin EDC kasir di rumah sakit.

Syarat mengajukan asuransi kesehatan AIA

  1. Tertanggung berusia minimum 1 bulan sampai dengan usia 65 tahun (tergantung produk yang dipilih)
  2. Tertanggung tambahan memiliki usia minimum 6 bulan sampai dengan usia 60 tahun
  3. Menyiapkan dokumen dan data pribadi seperti: fotokopi KTP/KITAS, melampirkan hasil pemeriksaan kesehatan (bila dibutuhkan), mengisi formulir pengajuan asuransi kesehatan AIA

Cara mendaftar asuransi AIA

Sekarang ini membeli asuransi AIA bisa dilakukan secara online sehingga nasabah tidak perlu mendatangi kantor AIA. Caranya sebagai berikut:

  1. Kamu bisa mengunjungi situsnya langsung https://www.aia-financial.co.id/id/index.html
  2. Selanjutnya pilih menu asuransi kesehatan, lalu pilih produk asuransi yang diinginkan
  3. Pembelian produk secara online bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan
  4. Beberapa data yang diperlukan meliputi: nama lengkap, pilihan produk asuransi yang dipilih, nomor telepon yang bisa dihubungi dan alamat email aktif, kota domisili, kesediaan waktu untuk bisa dihubungi (hari kerja/hari libur)
  5. Isi data secara lengkap dan lakukan pembayaran sesuai metode yang disediakan. Selanjutnya kamu akan menjadi tertanggung dari salah satu polis asuransi AIA.

Cigna

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Perusahaan asuransi Cigna berasal dari asal Amerika Serikat dan menyediakan beberapa jenis varian asuransi kesehatan individu terbaik maupun keluarga. Salah satu produk andalannya yakni Cigna Family Care Optima yang cocok digunakan untuk kamu yang sudah berkeluarga karena bisa menanggung lima orang sekaligus dalam satu polis! Kamu cukup bayar sekali polis premi dan sudah bisa melindungi satu keluargamu.

Manfaat yang bisa kamu terima dari Cigna Family Care Optima

  1. Manfaat harian rawat inap rumah sakit mulai Rp300 ribu-Rp1,2 juta per tertanggung
  2. Manfaat harian perawatan ICU dari Rp600 ribu-Rp2,4 juta per tertanggung
  3. Manfaat pembedahan mulai Rp6 juta-Rp24 juta per tertanggung
  4. Dapat tanggungan rawat jalan setelah perawatan rumah sakit
  5. Terdapat pengembalian premi 30 persen dari total premi di setiap akhir tahun ke-5
  6. Bisa klaim tanpa melewati proses medical check up
  7. Ada layanan pendampingan saat di rumah dan di perjalanan
  8. Pembayaran premi bisa kamu lakukan setiap 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun sekali.

Cigna Family Care Optima tergolong paket praktis buat kamu yang ingin mendaftarkan asuransi kesehatan untuk setiap anggota keluarga. Pertanggungan rawat inap dan perawatan ICU polis ini berupa santunan harian tunai. Artinya, kamu akan mendapat uang sesuai nominal tertera, tanpa melihat berapa tagihan rumah sakit yang sebenarnya. Jadi bila ada lebih, kamu bisa menggunakan uang itu untuk hal lain.

Tambahan, polis ini menetapkan ketentuan pembatasan nominal polis per tahunnya sehingga sudah melewati nominal itu, kamu tidak bisa mengklaim lagi pada tahun itu. Biaya premi Cigna Family Care Optima sebesar Rp12.000 per hari.

Syarat menjadi peserta Cigna Family Care Optima

  1. Usia minimum pemegang polis 21 tahun
  2. Masa perlindungan bisa diperpanjang sampai 70 tahun untuk peserta utama dan pasangan, dan perpanjangan sampai 23 tahun untuk anak
  3. Guaranteed acceptance tanpa pertanyaan kesehatan dan medical check-up
  4. Terdapat pembatasan total manfaat per tahun per polis sesuai dengan nominal uang pertanggungan yang dipilih

AXA Mandiri

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi dari salah satu perbankan nasional dan memiliki berbagai produk asuransi kesehatan terbaik Indonesia. Perusahaan asuransi ini memiliki produk dengan biaya premi terjangkau dengan manfaat kesehatan berlimpah. Salah satunya yakni manfaat rawat inap Rp250 ribu per hari yang dilengkapi dengan rawat jalan. Tak hanya itu, AXA Mandiri juga menyiapkan dana limit tahunan yang cukup tinggi yakni Rp300 juta. Biaya premi asuransi AXA Mandiri termurah mulai Rp100 ribu sampai Rp300 ribu per bulan, tergantung pilihan paket dan produk yang dipilih

Rangkuman asuransi kesehatan AXA Mandiri

  1. Pertanggungan biaya dokter umum/spesialis
  2. Pertanggungan biaya rawat inap ICU sesuai tagihan rumah sakit
  3. Pertanggungan biaya dokter sebelum dan sesudah rawat inap
  4. Pertanggungan biaya darurat rawat jalan
  5. Pertanggungan biaya pembedahan
  6. Pertanggungan biaya kamar rawat inap di rumah sakit mulai dari Rp250 ribu-Rp1 juta
  7. Limit manfaat asuransi dalam setahun mulai dari Rp100 hingga Rp300 juta
  8. Pertanggungan biaya rawat jalan general mulai dari Rp350 hingga Rp500 ribu
  9. Pertanggungan biaya ambulans mulai dari Rp150 hingga Rp500 ribu
  10. Santunan atas risiko meninggal dunia hingga Rp3 juta

Syarat umum mengajukan asuransi Kesehatan AXA Mandiri

  1. Tertanggung memiliki usia minimum 6 bulan sampai dengan usia 70 tahun
  2. Fotokopi KTP/KITAS
  3. Lampiran hasil pemeriksaan kesehatan (bila dibutuhkan)
  4. Mengisi formulir pengajuan asuransi kesehatan AXA Mandiri

Cara mengajukan asuransi Kesehatan AXA Mandiri

  1. Kamu bisa mendatangi kantor asuransi AXA Mandiri
  2. Lengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan
  3. Membaca aturan sebagai nasabah
  4. Bila sudah menjadi pemegang polis asuransi, kamu harus membayar premi dan biaya administrasi setiap bulannya

FWD Life

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Asuransi kesehatan terbaik di Indonesia berikutnya ada FWD Life yang berasal dari Hong Kong. Salah satu kelebihan brand ini adalah sudah menggunakan teknologi digital dalam seluruh proses bisnisnya, mulai dari prospek calon nasabah sampai dengan pembelian polis. FWD Life memiliki berbagai produk kesehatan asuransi salah satunya adalah asuransi Bebas Handal yang berjenis syariah dengan biaya premi 75 ribu per bulan.

Ulasan asuransi Bebas Handal sebagai berikut

  1. Pertanggungan perawatan sebelum dan setelah rawat inap
  2. Pertanggungan biaya pemeriksaan laboratorium
  3. Pertanggungan kunjungan dokter dan biaya obat-obatan
  4. Manfaat layanan bantuan medis darurat
  5. Limit tahunan Rp100 juta
  6. Pertanggungan biaya kamar Rp250 ribu
  7. Pertanggungan biaya tindakan bedah
  8. Santunan tunai harian rawat inap setengah dari biaya kamar

Syarat asuransi Bebas Handal

  1. Berusia 30 hari – 55 tahun
  2. Melampirkan data diri dan berkas yang dibutuhkan

Cara daftar dan beli asuransi online di FWD

  1. Masuk ke website FWD yang khusus untuk beli asuransi online
  2. Pilih pekerjaan kamu
  3. Lengkapi data diri dan pilih metode pembayaran yang diinginkan
  4. Selanjutnya e-policy akan dikirim ke email kamu

Sun Life

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Masih kurang puas dengan asuransi kesehatan terbaik Indonesia di atas? Kamu bisa mempertimbangkan asuransi dari PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life Financial). Perusahaan yang didirikan sejak tahun 1865 ini memiliki produk Sun Medical Platinum yang menawarkan pertanggungan perawatan penyakit kanker. Biaya premi asuransi Sun Life berkisar mulai dari Rp90-Rp270 ribuan per bulan, tergantung dari jenis asuransi, profil tertanggung, jenis dan nilai aset yang diasuransikan, dan cakupan pertanggungan.

Berikut ulasan asuransi Bebas Handal

  1. Pertanggungan biaya perawatan atas efek samping kemoterapi, serta terapi wicara dan okupasi
  2. Klaim sesuai tagihan (as charged) untuk perawatan dengan biaya tinggi seperti operasi, cuci darah, ICU, dan perawatan kanker
  3. Manfaat biaya akomodasi bagi pendamping pasien
  4. Santunan tunai harian sampai Rp2,5 juta per hari
  5. Pertanggungan konsultasi pendapat ahli medis
  6. Masa asuransi satu tahun dan bisa diperpanjang sampai tertanggung berusia 88 tahun, kecuali untuk manfaat tambahan melahirkan sampai tertanggung berusia 50 tahun.

Asuransi Bebas Handal merupakan asuransi tambahan (rider) dari asuransi jiwa Sun Life dan cocok bagi nasabah yang memiliki risiko terkena penyakit kanker dan gagal ginjal tinggi.

Syarat asuransi Bebas Handal

  1. Pemilik polis berusia 18-70 tahun
  2. Asuransi tambahan ini bisa disertakan pada asuransi Asuransi Brilliance Sejahtera, Asuransi Brilliance Maxima, Asuransi Brilliance Spektra Invest, Asuransi X-Tra Ultima Link Privilege, dan Asuransi X-Tra Optima

Cara daftar atau pembelian asuransi Bebas Handal

  1. Pertama, kamu bisa menghubungi tenaga pemasar atau pusat layanan nasabah
  2. Kamu akan mendapat berbagai penjelas produk
  3. Bila sudah menemukan produk yang dituju, kamu bisa mengisi dan melengkapi dokumen
  4. Selanjutnya pihak asuransi akan melakukan analisa terhadap persetujuan kamu
  5. Bila sudah disetujui, kamu bisa membayar uang premi
  6. Polis asuransi pun akan terbit

BRI Life

Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Asuransi Kesehatan Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Asuransi kesehatan terbaik di Indonesia terakhir, ada BRI Life yang sudah ada sejak tahun 1987. BRI Life menawarkan askes mikro dengan premi Rp50 ribu bernama Asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia (AMKKM).

Manfaat Asuransi Kesehatan BRI Life

Manfaat yang bisa nasabah terima sebagai berikut:

  1. Pertanggungan biaya operasi akibat kecelakaan dengan manfaat Rp2,5 juta
  2. Santunan meninggal akibat kecelakaan Rp19,5 juta
  3. Santunan rawat inap di rumah sakit akibat kecelakaan Rp100 ribu/hari
  4. Santunan meninggal dunia akibat sakit Rp2,5 juta
  5. Santunan cacat tetap total dan sebagian Rp2,5 juta

Syarat Asuransi Mikro Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia (AMKKM)

  1. Minimum usia 18 tahun dan maksimum usia 60 tahun
  2. Premi dibayarkan sekaligus
  3. Masa asuransi 1 tahun

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Asuransi Kesehatan: Definisi, Jenis, Manfaat dan Perusahaan. Semoga bermanfaat. Salam.

Jenis Jenis Asuransi Kesehatan,

Last Update: 7 Juli 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *