Pengertian Copywriting dan Cara Belajar Teknik Penulisanya

  • Bagikan

Pengertian Copywriting dan Cara Belajar Teknik Penulisanya – Betantt.com, copywriting ialah salah satu kegiatan yang sedang trend dan diperlukan oleh tidak sedikit perusahaan digital marketing era modern ini.

Untuk menciptakan sebuah situs yang mempunyai performa baik dan berkualitas tidak hanya perhatikan dari hal pengembangan produknya saja, namun kita dapat memperhatikan konten yang dihasilkannya dari copywriting.

Apabila kamu biasanya atau sering menyaksikan dan menyimak sebuah artikel, blog, atau landing page website, maka kamu Anda bakal melihat sekian banyak konten yang disajikan di dalamnya.

Mulai dari tulisan, gambar, video, dan sebagainya. Namun apakah kamu menyadari, bahwa dalam membuat sekian banyak konten itu ada pihak yang terlibat andil di dalamnya?

Mempelajari teknik Copywriting seperti ini sangatlah penting, terutama Anda hendak melakukan bisnis yang dapat berkembang pesat.

Jika Anda dapat menerapkannya dengan benar,ibaratnya mempunyai seorang salesman professional yang paling pintar mengambil hati para customer.

Saat ini digital marketing semakin populer dan dapat mengalahkan sistem pasaran tradisional. Jelas sekali kita dituntut untuk lebih paham dan menguasai apa itu copywriting.

Pengertian Copywriting dan Cara Belajar Teknik Penulisanya
Pengertian Copywriting dan Cara Belajar Teknik Penulisanya

Apa itu Copywriting

Copywriting berasal dari 2 suku kata, ialah COPY serta WRITING.

  • COPY maksudnya merupakan naska iklan ataupun penawaran yang digunakan buat kebutuhan pemasaran.
  • WRITING maksudnya sama semacam yang Kamu tahu tadinya, ialah menulis.

Penafsiran copywriting adalah teknik menulis suatu penawaran yang digunakan dalam pemasaran, yang mana tujuannya supaya wisatawan dapat mengambil aksi yang Kamu mau, semacam membeli, mendaftar, mendownload, ataupun aksi yang lain.

Seseorang yang membuat copywriting sering disebut dengan copywriter, yang bertugas membuat, mempersiapkan bacaan serta melaksanakan penyusunan naskah iklan secara totalitas.

Pengertian Copywriting Menurut Para Ahli/Pakar SEO

  1. Copywriting adalah teknik membujuk pembaca untuk megikuti perintah Anda. Perintahnya apapun yang bertujuan untuk menghasilkan konversi, seperti membeli, berlangganan, mendaftar, dan sebagainya. – niagahoster.co.id
  2. Copywriting yang baik akan menghipnotis calon buyer Anda dan membuka peluang yang lebih baik untuk konversi yang lebih besar. – pandagila.com
  3. Copywriting adalah teknik membuat copy yang mampu meningkatkan konversi secara drastis. – panduanim.com
  4. Copywriting juga merupakan pembuatan konten yang menarik dan tentunya punya nilai sehingga bisa mempromosikan suatu brand.dewaweb.com
  5. Copywriting sendiri banyak digunakan oleh blogger, marketing, pemiliki usaha untuk memperoleh pembaca atau target pasar yang lebih luas melalui tulisan. – pahlevi.net
  6. Copywriting adalah tentang penjualan. Dan menjual adalah tentang cara menghilangkan keberatan pelanggan agar mau membeli dari Kamu.mbahwp.com

Jenis – Jenis Copywriting

  1. SEO Copywriting, mempunyai tugas buat membuat tulisan buat bisa memaksimalkan suatu web di mesin pencari( Search Engine). Dalam prakteknya pula wajib mencermati ketentuan serta kaidah SEO yang benar.

  2. Technical Copywriting, tipe copywriting yang bertujuan membagikan uraian kepada pembaca menimpa prosedur pemakaian produk. Contoh pelaksanaannya merupakan dalam bidang kesehatan, pembelajaran, bisnis, data serta komunikasi.

  3. Direct Response Copywriting, mempunyai tugas buat membuat suatu konten yang di dalamnya bertujuan buat memperoleh reaksi secara langsung dari konsumen/ pembaca. Serta tujuan akhir direct response copywriting merupakan buat bisa menuju pada tombol CTA( Click To Action). Contohnya merupakan pada landing page, iklan media sosial, menu beranda( Homepage).

  4. Marketing Copywriting, sanggup membuat tulisan buat tingkatkan pemasaran, penjualan produk serta pemecahan dari suatu industri maupun organisasi. Contoh dari pelaksanaannya merupakan email marketing, serta konten dalam menu layanan.

  5. Brand Copywriting, Brand copywriting mempunyai tugas buat bisa mengantarkan pesan kepada pembaca bisa mengenalkan suatu brand ataupun merk industri. Tujuan dari brand copywriting merupakan lebih menuju ke arah bisnis serta bisa menghadirkan produk ataupun layanan dari suatu industri.

Perbedaan Copywriting dan Content Writing

  1. Copywriting merupakan suatu konten yang digunakan buat tujuan pemasaran dalam rangka tingkatkan engagement. Pesan yang di informasikan lebih bertabiat persuasif.

  2. Content Writing merupakan suatu konten yang tujuannya buat brand awareness dengan metode berikan data kepada pembaca. Pesan yang di informasikan lebih informatif.

Unsur-Unsur Copywriting 

Menurut Jefkins (1996), copywriting terdiri beberapa unsur, yaitu; tipografi, headline, sub headline, bodycopy dan closing word.

  • Tipografi, merupakan seni memilah berbagai tipe huruf dari ratusan desain tipe huruf yang ada setelah itu mencampurkan beberapa kata yang cocok dengan kondisi ruang yang ada serta berikutnya mencirikan naskah buat proses type setting, dimana memakai ketebalan serta dimensi huruf yang berbeda.
  • TEKS, Tidak hanya tampilan grafis yang menarik, umumnya faktor berarti lain yang dicermati dalam menghasilkan suatu iklan ialah faktor tulisan( bacaan). Pemakaian bacaan dalam iklan wajib persuasif, informatif serta komunikatif supaya sanggup menyampiakan pesan yang diartikan. Bagian- bagian teks tersebut terdiri dari headline( judul), sub headline, bodycopy( naskah/ isi) serta closing word( kata penutup).

Syarat Copywriting

Dalam tiap penyusunan copywriting, Umumnya menggunakan model AIDA, ialah: Attention, Interest, Desire, Action.

  • Attention, suatu tulisan wajib menarik atensi.
  • Interest, tulisan tersebut dapat memunculkan atensi pembaca.
  • Desire, dapat memicu kemauan pembaca.
  • Action, membuat pembaca melaksanakan aksi.

Jenis dan Gaya Copywriting 

Adapun Gaya dan jenis kata copywriting adalah sebagai berikut:

  1. Eksploratif. Mengeksplorasi atau mengkaji dengan tajam hakikat produk dan jasa dengan kata-kata yang akurat. Eksplorasi kata-kata yang dimaksud menguatkan citra dan memperlihatkan fakta-fakta sebenarnya.
  2. Naratif. Berbentuk cerita (narasi), menguraikan produk yang diiklankan layaknya bercerita. Pilihan kata mempunyai kandungan unsur imajinasi dan membuat konsumen dengan selamanya menekankan fakta.
  3. Argumentatif. Pendapat yang isinya merubah konsumen secara paham dan nyata. Bentuk tulisan argumentasi menggaris bawahi inspirasi atau pikiran penulisannya dengan pendapat atau argumen yang logis dan obyektif berdasarkan pembuktian. Gaya dan tipe kata yang digunakan menekankan berlebihan produknya sendiri agar calon konsumen dipengaruhi dengan informasi yang disampaikan.
  4. Retoris. Mengungkapkan kebenaran sejujurnya, tipe dan tipe katanya sederhana tetapi kesan yang ditimbulkan harus sanggup diiyakan tiap-tiap orang yang melihatnya.
  5. Informatif. Menginformasikan secara detil perihal produk yang ditawarkan. Sejumlah data yang membantu disampaikan komunikatif.

Cara Copywriting yang Benar

  1. Melakukan research competitor, Sebelum mengcopy, anda wajib melakukan riset dari beberapa kompetitor yang menjadi pesaing usaha anda.
  2. Memahami maksud dan obyek dari produk, Pastikan jika postingan yang anda membuat sudah sesuai dengan obyek dan konteks usaha yang menghendaki dicapai.
  3. Menentukan headline yang tepat, Headline merupakan segi mutlak yang kebanyakan dilihat oleh para pembaca. Dengan judul yang menarik, maka usaha sebisa mungkin pembeli untuk membaca postingan anda.
  4. Menulis copy yang memiliki kualitas dan sesuai fakta, jangan terlalu melebih – lebihkan produk dari sebuah copywriting.
  5. Mengakhiri copy dengan kalimat yang persuasif, Setelah anda menyampaikan produk anda secara jelas, maka langkah selanjutnya adalah membuat kalimat yang bisa mempengaruhi minat dan tindakan pembaca selanjutnya. Sehingga, pembaca tidak bakal jemu dengan konten yang disajikan.

Cara Belajar Copywriting

Semua orang pasti bisa Belajar Copywriting yang benar dan bagus,  dan Anda bisa memulainya dengan langkah-langkah yang disarankan di bawah ini:

  1. Memahami merek dan product Anda, Kesan yang paling utama bisa terlihat dari copywriter yang buruk adalah konten yang tidak paham dan terkesan tidak profesional. Copywriting mesti diisi bersama konten yang menyeluruh. Anda mesti mampu paham secara utuh, merek dan product Anda. Mulai berasal dari keistimewaan sampai kekuranganya. Memahaminya akan menjadikan Anda lebih mudah untuk menciptakan konten yang cocok sesuai serta di terima customer dan calon customer Anda. Poin pertama ini adalah tugas utama Anda sebelum memulai melatih keahlian copywriting Anda.
  2. Mengetahui apa yang sedang menjadi tren, Dunia marketing digital terutama terkait konten, erat kaitannya bersama Search Engine Optimization (SEO). Seorang copywriter mesti paham apa yang sedang menjadi tren di customer dan calon konsumennya. Keywords yang pas akan memudahkan konten untuk terlihat di halaman pertama pencarian Google.
  3. Perbanyak membaca buku atau referensi, Ada yang pernah berkata, “Memahami apa yang orang lain pikirkan adalah perihal yang amat krusial untuk pengaruhi orang.”
  4. Belajarlah menulis dari hari ini, Mintalah saran kawan-kaan Anda yang lain atau customer Anda terkait konten yang Anda publikasikan. Jadikan masukan mereka sebagai cara Anda memperbaiki konten yang di awalnya telah Anda buat.
  5. Cobalah mengfungsikan tehnik menulis “Storytelling”, marketing bukan saja soal barang yang Anda jual, namun cerita dibalik apa yang bisa Anda sampaikan.

Penutup

Copywriting merupakan cara  menciptakan naskah yang menghubungkan antara kerja intelektual bersama dengan seni untuk mampu menyampikan pesan penjualan.

Copywriting dikatakan sebagai penulis materi promosi untuk berikan pemahaman kepada si pembaca tentang produk.

Baca Juga:

+

Pengertian Copywriting, Pengertian Copywriting, Pengertian Copywriting dan Cara Belajar, Pengertian Copywriting dan Cara Belajar, Copywriting dan Cara Belajar Teknik Penulisanya, Copywriting dan Cara Belajar Teknik Penulisanya

Last Update: 8 Juni 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *