Cara Mudah Download Video Youtube Dengan dan Tanpa Aplikasi

  • Whatsapp

Cara Mudah Download Video Youtube Dengan dan Tanpa Aplikasi – Ada beberapa cara download video Youtube dengan mudah, baik tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi.

Tapi sebelum memulai download video Youtube, saat ini Youtube telah menjadi salah satu platform video yang sangat populer di dunia.

Bacaan Lainnya

Dalam catatan lembaga survei Statista, hingga akhir tahun lalu Youtube memiliki lebih dari 1,3 milyar video. Isinya tidak hanya film, di Youtube kamu bisa mendapatkan beragam video, mulai musik, berita hingga tutorial.

Bagi sebagian orang, YouTube saat ini menjadi pilihan utama untuk mendapatkan hiburan sekaligus berita layaknya televisi pada masa lalu, yang sejak dua tahun belakangan ini, penonton televisi sudah sangat berkurang hingga 60%.

Terlebih di masa pandemi yang masih terus berlangsung, kondisi yang membuat kita lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Tak heran, YouTube pun jadi salah satu pilihan untuk mendapatkan hiburan dengan beragam konten yang ditawarkan.

Menonton Youtube bagi sebagian orang bisa dibilang sebagai kebutuhan, tapi sayangnya untuk mendapatkan kualitas video yang bagus perlu kecepatan internet yang bagus pula, dan itu akan sangat menguras kuota internet dengan cepat. Tak perlu khawatir soal kuota, ada cara download video YouTube cepat yang bisa dilakukan dengan HP.

Apakah Ilegal Mengunduh Konten dari Yotube?

Tentu saja konten yang diunduh dari Youtube merupakan kegiatan ilegal karena tidak sesuai dengan peraturan dan kebijakan dari pihak Youtube. Ketentuan yang dibuat oleh Youtube adalah pengguna hanya dapat streaming dan banyak artis yang bergantung melalui ads.

Download Video YouTube Menggunakan TubeMate Untuk Android

TubeMate merupakan salah satu aplikasi pengunduh video Youtube terpopuler karena mudah digunakan dan memiliki banyak fitur. Sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store (Google sendiri tidak tertarik untuk mengizinkan aplikasi pengunduh). Karena itu Anda perlu mendapatkan file .apk nya dan memasang secara manual di perangkat Android.

  1. Untuk mengatur agar Anda dapat memasang aplikasi di luar Google Play Store. Silahkan pilih menu ‘Settings’ dan klik ‘Security’. Pada pilihan ‘Uknown Source’ geser untuk mengaktifkannya. Pilihan ini mengizinkan Anda memasang aplikasi secara bebas namun akan kehilangan garansi yang berlaku.
  2. Selanjutnya, para ponsel Anda download aplikasi TubeMate di laman tubemate.net. Anda akan digiring ke laman yang berisikan situs-situs yang dapat mendownload aplikasi. Pilihlah salah satu situs di kolom ‘Certified Sites’.
  3. Ketika akan menggunduh, Anda mungkin akan menerima peringatan bahwa kemungkinan aplikasi berbahaya. Klik ‘OK’ untuk mengizinkan. Ketika proses pengunduhan selesai silahkan klik ‘Install’ lalu ’Open’.
  4. Ketika TubeMate terbuka maka yang akan Anda lihat adalah halaman Youtube. Sila cari video yang ingin Anda unduh. Klik video tersebut maka pada bagian pojok atas Anda akan melihat tombol ikon panah ke bawah berwarna hijau. Itu adalah tombol download.
  5. Klik tombol tersebut maka Anda akan diberikan beragam pilihan untuk mengunduh versi video dari yang beresolusi terbesar hingga terkecil. Pilihlah yang paling cocok dengan kriteria Anda lalu klik ‘Download’. Video otomatis terdownload dan tersimpan di galeri album.

Download Video Youtube Untuk iOS

Jika Anda pengguna Apple dalam konteks ini iPhone maka ada perbedaan signifikan untuk melakukan proses unduh video di Youtube. Caranya, Anda perlu memasang aplikasi kecil bernama ‘Documents’ yang berfungsi sebagai File Manager. Namun juga bisa digunakan untuk mengunduh video.

Kemudian, temukan video yang ingin Anda unduh lalu copy tautan dan pindahkan ke dalam aplikasi ‘Documents’. Caranya dengan membuka aplikasi tersebut dan klik ikon browser di pojok kanan bawah. Secara otomatis Anda akan dibawa ke laman savefrom.net. Selanjutnya, paste tautan dan proses pengunduhan otomatis akan berjalan dan file tersimpan di galeri iPhone.

Download Video Youtube dengan KeepVid.com

Bila Anda menggunakan laptop, baik Windows maupun Mac maka buka browser Anda dan tuju halaman keepvid.com. Situs ini akan mengizinkan Anda mengunduh file dari Yotube secara gratis.

Pertama, cari video yang ingin Anda download di youtube dan copy tautannya. Lalu buka halaman KeepVid dan paste tautan tersebut kemudian tekan enter atau klik tombol dengan ikon unduh.

Kedua, Anda diberikan beragam pilihan format file, dari resolusi rendah hingga tinggi. Namun file originalnya hanya bisa didapatkan bila Anda menggunakan layanan premium. Klik ‘Download’ pada pilihan yang Anda inginkan dan file otomatis terunduh dan tersimpan di file download komputer Anda.

Cara Mudah Download Video Youtube Dengan dan Tanpa Aplikasi
Cara Mudah Download Video Youtube Dengan dan Tanpa Aplikasi

Download Video Menggunakan Savefrom.net

Ini merupakan cara download video Youtube yang paling mudah dilakukan. Wajar bila banyak yang menggunakan savefrom untuk download video Youtube.

Menariknya tidak ada tool atau aplikasi tambahan, cukup buka savefrom.net dan masukkan url video yang diinginkan. File yang tersimpan pun bisa disesuaikan, karena savefrom.net memungkinkan kita mendownload video dari Youtube dalam berbagai format.

Jadi bisa dipilih sesuai keinginan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara download video Youtube menggunakan savefrom.net :

  1. Buka Youtube dan pilih video yang akan di download.
  2. Copy link atau url video, caranya dengan memilih menu ‘share’ lalu pilih ‘copy link’
  3. Buka situs savefrom.net melalui browser (Chrome), lalu paste link atau url video Youtube tadi
  4. Pilih format dan kualitas video, lalu klik download
  5.  cara ini bisa dilakukan melalui hp Android dan juga laptop. Cukup mudah dan bisa cepat dilakukan. Bahkan hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk mendapatkan video favorit.

Download Video dengan Menambahkan SS Youtube

Untuk download video Youtube berikut adalah dengan cara menambahkan “ss” di depan url. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama di atas karena menggunakan savefrom.net.

Namun cara kedua ini digunakan jika kamu membuka Youtube menggunakan browser bukan dari aplikasi. Berikut cara download video Youtube dengan menambahkan SS :

  1. Buka Youtube menggunakan browser (menggunakan Chrome) lalu cari video yang akan di download.
  2. Tambahkan huruf ‘ss’ di depan url video yang ingin di download.
  3. Setelah menambahkan ‘ss’ lalu klik enter, dan akan dialihkan ke halaman savefrom.net.
  4. Pilih resolusi video yang ingin diunduh lalu pilih tempat penyimpannya di memori hp atau laptop dan tinggal menunggu proses unduhan selesai.
  5. Proses download video dari Youtube sudah selesai dan sudah tersimpan di dalam memori laptop atau hp kamu. Yang harus diingat adalah makin besar resolusi yang dipilih, maka semakin besar file yang harus di download.
  6. Cara ini juga bisa kamu lakukan pada laptop atau PC.

Download Video Menggunakan YouTube Downloader

Untuk download video Youtube selanjutnya, kamu dapat menggunakan YouTube Downloader yang berupa aplikasi.

Download video Youtube menggunakan aplikasi juga mudah kok. Cukup meng-copy dan paste url ke aplikasi YouTube Downloader, lalu pilih kualitas ukuran video lalu mendownloadnya.

Tapi sebelumnya, pastikan dulu kalau kamu sudah mendownload dan menginstall aplikasi YouTube downloader terlebih dahulu.

Cara Mudah Download Video & MP3 Youtube di Android dengan Snaptube

Berikut adalah cara download youtube di Android menggunakan aplikasi Snaptube:

  1. Download / unduh aplikasi snaptube di smartphone sahabat. untuk mendownloadnya sahabat bisa download di www.snaptubeapp.com
  2. Selanjutnya, install aplikasi tersebut di smartphone sahabat. Setelah terpasang, silakan sahabat buka aplikasi snaptube.
  3. Selanjutnya isikan keyword (kata kunci) yang akan sahabat cari di youtube. Dalam hal ini saya akan mencari dengan kata kunci “Video Lucu”.
  4. Kemudian pilih salah satu video yang ingin sahabat download dengan memilih tanda panah menghadap ke bawah yang dilingkari garis berwarna merah (lihat gambar di atas). Setelah sahabat pilih, maka akan tampil pilihan-pilihan.
  5. Terdapat 2 jenis unduhan (file download) yaitu berupa musik dan video. Bila sahabat memilih file dalam bentuk music, maka file download dari youtube tersebut adalah file yang berupa suara saja. Bila sahabat memilih file dalam bentuk video, maka akan muncul jebis file video dengan resolusi yang berbeda-beda. Semakin tinggi resolusi video, maka akan semakin baik kualitasnya dan tentu saja ukuran file nya akan semakin besar juga.
  6. Anda bisa mendownload beberapa video sekaligus secara bersamaan. Sebagai contoh, saya download 2 video secara bersamaan.
  7. Setelah selesai download, maka file sahabat akan tersimpan di smartphone

Keuntungan Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

Banyak alasan kenapa kita harus download video YouTubeBeberapa keuntungan mengunduh video Youtube antara lain:

  1. Alasan utama adalah untuk menghemat kuota internet kamu, sehingga bisa lebih efisien.
  2. Lebih dapat dinikmati. Bayangkan jika koneksi internet kamu tidak stabil, maka kenikmatan menonton video atau mendengarkan musik akan sangat terganggu.
  3. Tanpa iklan. Tentu sangat menyebalkan bukan ketika sedang asyik menonton, tiba-tiba iklan muncul dan membuat kamu menunggu hingga dapat men-skip iklan tersebut. Dengan mendownload video Youtube maka kamu akan terbebas dari iklan ketika memutarnya.
  4. Aplikasi gratisan biasanya menyematkan banyak iklan di dalamnya, sehingga bisa sangat mengganggu dan membuat ponsel berjalan lambat, sehingga Youtube downloader tanpa aplikasi bisa menjadi pilihan terbaik.
  5. Tanpa mendaftar dan tanpa ribet. Kamu bisa mengunduh video dari Youtube sebanyak apapun yang kamu mau tanpa harus ribet melakukan registrasi atau hal lainnya yang menyulitkan.
  6. Tanpa biaya apapun. Yah, kamu bisa memanfaatkan 9convert.com sesuka kamu tanpa dipungut biaya apapun, dan tanpa iklan yang mengganggu, dengan koneksi server yang stabil dan cepat.

Selain kemudahan cara melakukan download, resolusi yang disajikan oleh aplikasi snaptube juga bervariasi. Karena resolusi berpengaruh terhadap kualitas video dan besarnya kuota yang sahabat keluarkan, maka sahabat bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Cara Mudah Download Video Youtube Dengan dan Tanpa Aplikasi. Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *