Cara Yang Benar Berdoa Kristen Agar Dikabulkan Tuhan

  • Bagikan

Cara Yang Benar Berdoa Kristen Agar Dikabulkan Tuhan, Ada beberapa cara doa dikabulkan menurut Kristen yang seringkali tidak dipahami oleh umat Kristen sendiri.

Hal ini karena banyak umat Kristen yang tidak memahami atau mengerti firman dan bagaimana cara terbaik supaya cara berdoa dalam Roh dapat didengarkan oleh Allah.

Oleh karena itu sering umat Kristen merasa bahwa doa yang dilakukannya tidak mendapat respon dari Allah. Nah, supaya hal tersebut dapat dihindari, berikut ini beberapa cara doa dikabulkan menurut Kristen yang sebaiknya diketahui.

Ada beberapa cara doa dikabulkan menurut Kristen. Sebagai umat yang taat kepada Tuhan, tentunya memberikan doa pasti ingin supaya didengar dan dikabulkan oleh Allah.

Akan tetapi banyak umat Tuhan yang belum menyadari bahwa apa yang menjadi kehendak Tuhan belum tentu merupakan kehendak manusia.

Cara Yang Benar Berdoa Kristen Agar Dikabulkan dan Dijawab Tuhan
Cara Yang Benar Berdoa Kristen Agar Dikabulkan dan Dijawab Tuhan

Cara Yang Benar Berdoa Kristen Agar Dikabulkan Tuhan

Sebagai anak Tuhan yang baik, tentu kita wajib mematuhi adab-adab dalam memanjatkan doa kristen, tata cara serta sopan santun karena kalimat atau kata-kata yang kita ucapkan tidak ditujukan untuk sesama manusia, melainkan Tuhan yang bertahta di kerajaan Sorga.

Cara berdoa Kristen agar dikabulkan ini meliputi bagaimana sebaiknya kita mengucapkan doa, kapan waktu yang tepat untuk berdoa kepada Tuhan serta sikap kita ketika Tuhan mengabulkan atau tidak memenuhi permintaan kita. Berikut adalah beberapa cara berdoa yang baik dalam agama Kristen.

  1. Yang pertama adalah berdoa hanya dalam nama Tuhan Yesus Kristus.
  2. Kemudian berdoa dengan penuh kepercayaan serta iman bahwa kita yakin Tuhan akan mengabulkan keiginan kita.
  3. Berdoa dengan sikap merendahkan diri di hadapan-Nya. Kita sebagai manusia mengakui bahwa tidak ada yang lebih kuasa dibanding Tuhan.
  4. Berdoalah dengan tulus dari hati yang paling dalam karena Tuhan pasti tahu mana orang yang benar-benar berdoa dan mana yang hanya main-main.
  5. Berdoa sebaiknya dilakukan sesuai dengan apa kehendak Allah, contohnya doa yang ditujukan untuk kebaikan bukan untuk perbuatan dosa.
  6. Berdoa menurut firman Tuhan karena Tuhan sangat menyukai manusia yang mengikuti firman-Nya sebagai petunjuk hidup.
  7. Berdoalah untuk mendatangkan kebaikan, bukan keburukan karena doa yang ditujukan untuk kejadian tidak baik tidak akan didengar sama sekali oleh Tuhan.

Rahasia Supaya Doa Kita Dijawab Tuhan

Ada beberapa rahasia doa yang dijawab oleh Tuhan menurut Kristen, memang tidak semua doa yang kita panjatkan akan dipenuhi oleh-Nya. Dia hanya memilih doa yang menurut-Nya baik untuk kita. Berikut adalah beberapa rahasia doa agar dijawab Tuhan.

Mazmur 1:2-3
“tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.”

1 Yohanes 5:14
“Dan kita berani menghadap Allah, karena kita yakin Ia mengabulkan doa kita, kalau kita minta apa saja yang sesuai dengan kehendak-Nya.”

Cara Yang Benar Berdoa Kristen Agar Dikabulkan dan Dijawab Tuhan
Cara Berdoa Kristen Agar Dikabulkan- Cara Yang Benar Berdoa Kristen Agar Dikabulkan dan Dijawab Tuhan

Tuhan Mengabulkan Doa Dengan Tiga Cara

Menurut Alkitab, dalam Kristen baik Katolik maupun Protestan, ketika Tuhan menyetujui untuk mengabulkan doa kita, maka ada 3 cara pengabulan doa. Harapan atau keinginan yang kita panjatkan akan dikabulkan melalui tiga cara berikut ini.

  1. Pertama, Tuhan akan menjawab “Ya” kemudian memberikan apa yang kita minta untuk kita rawat dan jaga karena Tuhan yakin kita mampu melakukannya.
  2. Kedua, Tuhan akan menjawab “Tidak” namun akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik untuk kita.
  3. Ketiga, Tuhan akan menjawab “Ya” namun ditunda pemberiannya hingga datang waktu yang tepat untuk kita menerimanya.

Cara Doa Dikabulkan Dengan Segera dan Cepat Menurut Kristen

Tulus

Hendaknya dalam mengucapkan doa ucapkanlah doa yang tulus. Karena Tuhan tentu mengetahui maksud dari doa yang kita panjatkan. Jika ada sesuatu doa yang tidak tulus, maka Tuhan bisa jadi tidak berkenan untuk mengabulkannya. Karena itu milikilah hati yang tulus dalam mengucapkan permohonan doa kepada Allah sebagai contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia.

Berserah

Hendaknya doa yang dipanjatkan merupakan doa yang berserah kepada Bapa. Karena manusia itu lemah dan tidak punya kekuatan apa-apa. Dengan berserah, maka Tuhan akan memberikan jalan keluar yang terbaik dari setiap masalah yang dihadapi. Karena itu sebaiknya pastikan cara berdoa yang benar penuh penyerahan diri kepada Allah.

Baca Juga:

Sesuai Kehendak Allah

Berikutnya, cara doa dikabulkan menurut Kristen yaitu jika doa yang dipanjatkan adalah sesuai dengan kehendak Allah di dalam hidup kita. Karena keinginan manusia bukanlah keinginan Allah. Sehingga jika doa itu pada akhirnya membawa pada awal mula dosa menurut Alkitab dan rasa tidak taat pada Allah, maka Allah akan enggan untuk mendengarkannya. Lain halnya jika berdoa sesuai dengan kehendak Allah di dalam hidup kita. Tentunya Allah akan dengan senang hati mengabulkan doa dan permohonan kita yang dipanjatkan dengan sungguh-sungguh.

Menurut Firman Tuhan

Sebaiknya panjatkan doa yang sesuai dengan firman Allah. Karena Allah menyukai mereka yang taat akan firmanNya. Sehingga tentunya doa yang demikian akan lebih mudah didengarkan oleh Allah.

Mendatangkan Kebaikan

Selanjutnya akan baik pula jika doa yang dipanjatkan mendatangkan kebaikan bagi banyak pihak. Sehingga tidak hanya memikirkan kepentingan diri sendiri. Namun memastikan bahwa jika doa itu dikabulkan maka akan membawa kebaikan bagi banyak pihak. Seperti misalnya berdoa untuk bangsa dan negara. Karena itu pastikan pokok doa yang diucapkan merupakan demi kebaikan berbagai pihak.

Doa Dan Puasa

Jika ingin doa kita didengar maka bisa saja dengan menjalankan doa dan puasa yang benar di hadapan Allah. Karena saat melakukan cara puasa orang Kristen maka Tuhan akan lebih mendengarkan apa yang menjadi keinginan kita.

Dituntun Roh Kudus

Sebaiknya doa yang dipanjatkan penuh dengan tuntunan peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya. Sehingga sesuai firman Allah bahwa Roh Kudus menyampaikan doa kepada Allah melalui kata-kata yang tidak terucapkan. Di sinilah kita lebih dekat pada Allah dan secara tidak langsung Allah berkehendak untuk mendengarkan doa dan permohonan kita.

Doa yang benar jika dengan yakin didoakan tentu akan besar kuasanya. Karena itu sebagai umat Allah tidak perlu berhenti percaya akan kekuatan Allah. Maka apa yang menjadi keinginan dan manfaat berdoa bagi orang Kristen akan segera dijawab atau dikabulkan oleh Tuhan.

Kata Kunci:

  • cara berdoa kristen agar dikabulkan
  • tuhan menjawab doa dengan 3 cara
  • rahasia doa yang dijawab tuhan
  • cara tuhan menjawab doa kita
  • kesaksian doa yang dijawab tuhan
  • doa mohon kekuatan dari tuhan yesus
  • doa permohonan dikabulkan katolik
  • doa puasa kristen untuk meminta sesuatu
  • cara berdoa dengan hati

Last Update: 27 Juni 2021

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *