Download Data Konstruksi Breakwater (RAB, Gambar, Spek Teknis) Lengkap

  • Whatsapp

Data Konstruksi Breakwater (RAB, Gambar, Spek Teknis) Lengkap – Pemecah gelombang (breakwater) adalah bagunan yang digunakan untuk melindungi daerah perairan pelabuhan dari gangguan gelombang.

Bangunan ini memisahkan daerah perairan dari laut lepas, sehingga perairan pelabuhan tidak banyak dipengaruhi oleh gelombang besar di laut. Daerah perairan dihubungkan dengan laut oleh mulut pelabuhan dengan lebar tertentu dimana kapal keluar masuk melalui celah tersebut.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya breakwater atau pemecah gelombang dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu pemecah gelombang “sambung pantai” dan “lepas pantai”.

Data Konstruksi Breakwater (RAB, Gambar, Spek Teknis) Lengkap
Data Konstruksi Breakwater (RAB, Gambar, Spek Teknis) Lengkap

Tipe pertama banyak digunakan pada perlindungan perairan pelabuhan, sedangkan tipe kedua untuk perlindungan pantai terhadap erosi. Secara umum kondisi perencanaan kedua tipe adalah sama, hanya pada tipe pertama perlu ditinjau karakteristik gelombang di beberapa lokasi di sepanjang pemecah gelombang, seperti halnya pada perencanaan  jetty.

Breakwater atau dalam hal ini pemecah gelombang lepas pantai  adalah bangunan yang dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai.

Pemecah gelombang dibangun sebagai salah satu bentuk perlindungan pantai terhadap erosi dengan menghancurkan energi gelombang sebelum sampai ke pantai, sehingga terjadi endapan dibelakang bangunan. Endapan ini dapat menghalangi transport sedimen sepanjang pantai.

Fungsi Pokok Breakwater

Secara umum  Breakwater pada pelabuhan memiliki beberapa fungsi pokok yaitu :   
  • Berfungsi  sebagai pelindungi kolam perairan pelabuhan  yang terletak dibelakangnya dari serangan gelombang yang dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas di perairan pelabuan baik pada saat pasang, badai maupun peristiwa alam lainya di laut.
  • Gelombang yang menjalar mengenai suatu bangunan peredam gelombang sebagian energinya akan dipantulkan (Refleksi), sebagian diteruskan (Transmisi) dan sebagian dihancurkan (Dissipasi) melalui pecahnya gelombang, kekentalan fluida, gesekan dasar dan lain-lainnya.
  • Pembagian besarnya energi gelombang yang dipantulkan, dihancurkan dan diteruskan tergantung karakteristik gelombang datang (periode, tinggi, kedalaman air), tipe bangunan peredam gelombang  dan geometrik bangunan peredam (kemiringan, elevasi, dan puncak bangunan).
  • Berkurangnya energi gelombang di daerah terlindung akan mengurangi pengiriman sedimen di daerah tersebut. Maka pengiriman sedimen sepanjang pantai yang berasal dari daerah di sekitarnya akan diendapkan dibelakang bangunan. Pantai di belakang struktur akan stabil dengan terbentuknya endapan sediment tersebut.

Bentuk dan Tipe Breakwater

Bentuk/tipe pemecah gelombang berdasarkan tipe bangunannya  dapat dibedakan menjadi tiga:

  1. Breakwater Sisi Miring
  2. Breakwater Sisi Tegak
  3. Breakwater Gabungan

FAKTOR-FAKTOR  PERENCANAAN  BREAKWATER

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan  Breakwater:

  1. Ukuran dan layout pelabuhan.
  2. Bahan breakwater
  3. Kedalaman perairan
  4. Kondisi tanah dasar laut
  5. Besar dan arah gelombang
  6.  Pasang surut.

Download Data Konstruksi Breakwater (RAB, Gambar, Spek Teknis) Lengkap

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Download Data Konstruksi Breakwater (RAB, Gambar, Spek Teknis) Lengkap. Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 21 Mei 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *