Download Data Konstruksi Pembangunan Jalan (Gambar + Volume Kerja + KAK)

  • Whatsapp

Data Konstruksi Pembangunan Jalan (Gambar + Volume Kerja + KAK) – Menurut Soedarsono (1979) konstruksi jalan raya merupakan suatu konstruksi plat elastis yang berlapis – lapis dan terletak di atas tanah dasar.

Konstruksi jalan raya bertujuan untuk membangun sarana dan prasarana sebagai salah satu penyedia akses transportasi berupa barang maupun jasa yang menghubungkan antar wilayah dimana masyarakat mempunyai hak untuk menggunakannya serta dalam penggunaannya diatur oleh hukum yang berlaku.

Bacaan Lainnya

Data Konstruksi Pembangunan Jalan (Gambar + Volume Kerja + KAK)
Data Konstruksi Pembangunan Jalan (Gambar + Volume Kerja + KAK)

Konstruksi jalan raya sebagai salah satu kegiatan pembangunan moda transportasi darat mempunyai peranan penting dalam sebuah komponen pembangunan di dalam sektor wilayah ataupun regional yang dapat memicu pertumbuhan ekonomi sehingga menjadi salah satu unsur pengembang dari potensi – potensi sumber daya baik yang belum ada ataupun yang sudah ada agar lebih berdaya – guna.

Perkerasan jalan merupakan bagian berupa struktur susunan lapisan yang diletakkan di atas tanah dasar yang dikerjakan dari campuran bahan pengikat dan material agregat yang berfungsi memikul beban lalu lintas di atasnya. Wignall, dkk (2003) menjelaskan bahwa permukaan perkerasan jalan memikul beban statis dan dinamis kemudian terdistribusi menuju lapisan dibawahnya secara vertikal berbentuk piramida menerus sampai ke dalam lapisan tanah dasar.

Pembuatan perkerasan jalan bertujuan untuk mengurangi tegangan dan tekanan pada tanah yang dihasilkan dihasilkan oleh beban langsung (statis) serta beban roda kendaraan atau bergerak (dinamis) sehingga menjadi solusi agar tanah dapat menyokong beban di atasnya. Hal ini dapat terjadi karena arah distribusi beban yang berbentuk piramid ke arah vertikal menyebabkan peningkatan distribusi tegangan ke seluruh lapis perkerasan, kemudian tegangan diteruskan dari lapisan perkerasan menuju lapisan tanah dasar dengan nilai tegangan yang relatif kecil, menyebabkan lapisan tanah dasar tidak mengalami kerusakan.

Download Data Konstruksi Pembangunan Jalan (Gambar + Volume Kerja + KAK)

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Download Data Konstruksi Pembangunan Jalan (Gambar + Volume Kerja + KAK). Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 21 Mei 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *