Doa Buka Puasa Ramadhan Terlengkap Beserta Artinya

  • Whatsapp

Doa Buka Puasa Ramadhan Terlengkap Beserta ArtinyaBetantt.com, Ketika hendak berbuka puasa, maka setiap umat muslim dianjurkan untuk membaca doa buka puasa Ramadhan dan artinya sebagaimana yang biasa dikerjakan oleh Rasulullah.

Sebagai bagian dari sunnah nabi, maka mengamalkan doa buka puasa itu sendiri tentunya dapat mendatangkan pahala dan keberkahan bagi umat muslim.

Bacaan Lainnya

Dalam praktik keseharian, sebenarnya terdapat beragam bacaan doa buka puasa Ramadhan dan artinya yang dapat dipanjatkan oleh umat muslim ketika hendak berbuka puasa.

Doa-doa itu sendiri umumnya mengandung ungkapan rasa syukur seorang hamba terhadap limpahan nikmat dan rezeki dari Allah SWT.

Doa Buka Puasa Ramadhan Terlengkap Beserta Artinya
Doa Buka Puasa Ramadhan Terlengkap Beserta Artinya

Doa Buka Puasa

Misalnya saja seperti bacaan doa buka puasa berikut yang dikutip lewat Fiqh Islam, Sulaiman Rasjid (2019: 239):

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu dzahabazh-zama’u, wabtalatil ‘uruuqu wa tsabata-l ajru, insyaa Allah

Artinya: “Ya Allah, karena engkau saya puasa, dan dengan rezeki pemberian engkau saya berbuka, dahaga telah lenyap dan urat-urat telah minum, serta pahala telah tetap bila Allah SWT menghendakinya”

Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya

Selain bacaan doa buka puasa di atas, umat muslim di Indonesia sendiri umumnya sudah lebih terbiasa untuk membaca doa berikut ini:

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina

Artinya : “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih.”

Adab Berbuka Puasa

Rasulullah SAW mengajarkan beberapa adab berbuka puasa yang hendaknya diamalkan agar kita mendapatkan pahala dan juga berkah, serta menyempurnakan ibadah puasa yang kita jalankan. Adab berbuka puasa adalah sebagai berikut.

Menyegerakan Berbuka

Rasulullah bersabda bahwa barangsiapa yang melaksanakan puasa maka hendaknya menyegerakan untuk membatalkan puasanya jika telah tiba waktunya, seperti tertulis dalam hadits berikut ini.

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

“Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka” (HR Bukhari 4/173 dan Muslim 1093)

Oleh karena itu, sebaiknya segera setelah mendengar adzan Maghrib berkumandang Parents dan si kecil tidak menunda-nunda dan segera membatalkan ibadah puasanya agar menjadi berkah.

Membaca Bismillah

Sebelum berbuka puasa, disunnahkan untuk mengawali dengan Bismillah agar makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita menjadi berkah. Setelah membaca Bismillah, maka lanjutkanlah dengan doa berbuka puasa. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah bersabda sebagai berikut:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).”
(HR. Abu Daud 3767 dan At Tirmidzi 1858)

Membaca Doa Buka Puasa

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ لَا تُرَدّ، دَعْوَةُ الْوَالِدِ، وَدَعْوَةُ الصّـَائِمِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ

“Dari Anas bin Malik Radhiyallahu’anhu dia berkata, nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, ‘Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak: doa orang tua kepada anaknya, doa orang yang berpuasa ketika berbuka, dan doa orang yang sedang safar (musafir)”
(HR Al-Baihaqi 3/345 dan yang lainnya)

Selain itu, ada beberapa sunnah yang dianjurkan dalam berbuka puasa. Diantaranya berbuka puasa dengan makanan manis atau kurma, dan air putih. Kemudian, selama berbuka puasa hendaknya makan secukupnya saja.

Doa Buka Puasa Beserta Artinya

Doa berbuka puasa yang lazim kita ketahui bunyinya adalah sebagai berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“Allahuma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu birrahmatika yaa arhamar roohimin.”

Artinya: “Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Doa di atas berasal dari hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim. Selain doa yang umum diketahui tersebut, ada pula doa berbuka puasa yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan dibaca setelah membatalkan puasa.

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

“Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.”

Artinya: “Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, Insya Allah.”

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Doa Buka Puasa Ramadhan Terlengkap Beserta Artinya. Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *