Doa Malam Natal dalam Agama Kristen dan Katolik

5+ Doa Malam Natal dalam Agama Kristen dan Katolik

5+ Doa Malam Natal dalam Agama Kristen dan Katolik – Natal dirayakan sebagai hari kelahiran Yesus Kristus di sebuah kandang domba di Bethlehem. Kelahirannya ke dunia bertujuan untuk menyelamatkan umat manusia di dunia.

Di tahun ini Natal dirayakan dalam masa pandemi Covid-19. Di masa prihatin namun sukacita menyambut Natal, umat Katolik bisa berdoa masa Natal.

Natal dirayakan dalam Misa Malam Natal pada tanggal 24 Desember dan misa Minggu Natal 25 Desember. Dan biasaya setiap umat Katolik berkumpul dan melakukan Misa di gereja.

Doa Malam Natal dalam Agama Kristen dan Katolik
Doa Malam Natal dalam Agama Kristen dan Katolik

Namun demikian, suasana Natal tahun ini mungkin bisa jadi berbeda. Hal itu lantaran pandemi yang terjadi secara global saat ini. Tetapi jangan sampai kondisi tersebut menyurutkan iman Kita untuk menyambut Natal meski mungkin sebagian dari kita di Indonesia hanya bisa ikut misa malam natal dan hari natal melalui live streaming.

Kemeriaahan Natal tak hanya terlihat secara fisik, namun juga diharapkan berkat Natal bisa membawa hati kita damai dan dapat menjadi penerus Yesus Kristus mewartakan kabar dunia hingga keseluruh bangsa

Doa untuk menyambut Natal

Bapa, persiapkan hatiku untuk menerima kedatangan PutraMu

Bantu aku untuk mendengar suaraMu dan bertobat dari dosa-dosaku,

sehingga saya dapat dengan jelas melihat jalan kebenaran untuk berkata, berbuat dalam proses kehidupan yang akan Engkau berikan.

Amin

Doa berterima kasih atas penyertaan selama satu tahun

Ya Allah Bapa kami yang ada didalam Sorga.

Di hari Natal yang kudus ini, aku mengingat akan segala kebaikanMu,

dalam hidupku di sepanjang tahun ini.

Terima kasih Tuhan untuk pimpinan dan pemeliharaanMu,

kasihMu yang tidak berkesudahan sejak dari kekekalan sampai pada kekekalan.

Betapa luar biasa kasihMu ya Bapa,

sehingga Engkau telah mengaruniakan PuteraMu yang tunggal

lahir ke dalam dunia ini untuk menebus dosa-dosaku.

Di sepanjang tahun ini aku sudah mengalami suka dan duka yang begitu banyak,

namun satu hal yang aku percaya, yaitu penyertaanMu senantiasa bersamaku.

Semua yang telah Engkau izinkan terjadi,

akan membawa kebaikan bagiku, sebab aku mengasihiMu.

Engkau adalah Bapa yang baik,

yang senantiasa memberikan yang baik dan sempurna bagiku.

Terima kasih Bapa.

Aku berdoa dan mengucap syukur

hanya ralam nama Tuhan Yesus Kristus.

Haleluya, Amin.

Doa di Malam Natal

Allah Bapa di surga,

kami memuji Engkau dan bersyukur kepada-Mu karena sabda-Mu yang menjadi mansuia dengan lahir ditengah-tengah kami.

Ia menjadi manusia lemah agar kami yang rapuh dan fana ini diurapi oleh daya ilahi yang abadi.

Dengan kelahiran-Nya di dunia ini,

Engkau yang tak dapat dilihat kini kelihatan sebagai manusia seperti kami,

dan cahaya keselamatan-Mu bersinar ditengah kami,

mengusir kegelapan yang menguasai kami.

Curahkanlah rahmat-Mu, agar kami yang kini merayakan misteri inkarnasi berani menjadi pembawa damai bagi sesama,

dan dengan demikian kami pun menjadi sarana inkarnasi-Mu ditengah-tengah mereka.

Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami,

kini dan sepanjang masa.

Amin

Doa Masa Natal untuk Umat Katolik

Allah Bapa di Surga, kami memuji Engkau dan bersyukur kepada-Mu karena sabda-Mu yang menjadi manusia dengan hadir di tengah-tengah kami. Ia menjadi manusia lemah agar kami yang rapuh dan fana ini diurapi oleh daya ilahi yang abadi.

Dengan kelahiran-Nya di dunia ini, Engkau yang tak dapat dilihat kini kelihatan sebagai manusia seperti kami, dan cahaya keselamatan Mu bersinar di tengah kami, mengusir kegelapan yang menguasai kami.

Curahkanlah rahmat Mu agar kami yang kini merayakan misteri inkarnasi berani menjadi pembawa damai bagi sesama, dan dengan demikian kami pun menjadi sarana inkarnasi Mu di tengah-tengah mereka. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan Kami, kini dan sepanjang masa.

Amin.

Doa Malam Natal dalam Agama Kristen dan Katolik
Doa Malam Natal dalam Agama Kristen dan Katolik

Doa Kelahiran Tuhan Yesus

Tuhan Yesus, betapa senangnya kami karena sebentar lagi kami akan merayakan hari kelahiran-Mu Tuhan. Di banyak gereja-Mu Tuhan mulai terlihat berbagai kesibukan dalam mempersiapkan ibadah dan perayaan Natal. Hati kami bersuka cita dan dengan penuh semangat kamipun turut ambil bagian dalam pelayanan mempersiapkan peringatan akan hari kelahiran-Mu.

Ya Tuhan Yesus, Kami mohon Engkau menolong kami semua yang terlibat dalam persiapan ibadah dan perayaan Natal, agar kami boleh saling bekerja sama dengan baik satu dengan yang lainnya, dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik – baiknya.

Dan yang paling penting adalah kami ingat bahwa ini semua adalah untuk kemuliaan nama-Mu, untuk menyenangkan hati-Mu dan bukan untuk kebanggaan ataupun kepuasan kami.

Ingatkan kami juga Tuhan di tengah krisis global yang terjadi ini, ‘tuk tidak terlalu boros dalam mengeluarkan dana ‘tuk perayaan yang besar-besaran yang dapat menjadi kecemburuan sosial ataupun batu sandungan, karena yang terpenting bukanlah meriahnya pesta dan acara, namun makna kelahiran-Mu jauh lebih penting, dan makna kelahiran-Mu itulah yang harus kami sampaikan agar menjadi berkat bagi mereka yang mendengarkannya.

Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, kini dan sepanjang masa,

Amin

DOA NATAL 1

Bapa yang penuh kasih,

tolonglah kami untuk mengingat kelahiran Yesus, supaya kami dapat mengambil bagian dalam kidung para malaikat, sukacita para gembala, dan puji-pujian orang-orang bijak. Tutuplah pintu kebencian dan bukalah pintu kasih di seluruh dunia. Biarlah kebaikan hadir melalui setiap pemberian dan keinginan-keinginan yang baik melalui setiap sapaan.

Bebaskanlah kami dari yang jahat melalui berkat yang dibawa oleh Kristus, dan ajarlah kami untuk bersukacita dengan hati yang bersih. Semoga pagi Natal membuat kami berbahagia karena menjadi anak-anakMu, dan malam Natal menyertai tidur kami dengan pikiran-pikiran yang penuh ucapan syukur, mengampuni dan diampuni, demi Yesus.

Amin!

DOA NATAL 2

Allah Bapa di surga,
kami memuji Engkau dan bersyukur kepada-Mu karena sabda-Mu yang menjadi manusia dengan lahir ditengah-tengah kami.
Ia menjadi manusia lemah agar kami yang rapuh dan fana ini diurapi oleh daya ilahi yang abadi.
Dengan kelahiran-Nya di dunia ini, Engkau yang tak dapat dilihat kini kelihatan sebagai manusia seperti kami, dan cahaya keselamatan-Mu bersinar ditengah kami, mengusir kegelapan yang menguasai kami.

Curahkanlah rahmat-Mu, agar kami yang kini merayakan misteri inkarnasi berani menjadi pembawa damai bagi sesama, dan dengan demikian kami pun menjadi sarana inkarnasi-Mu ditengah-tengah mereka.
Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, kini dan sepanjang masa (Amin).

Sumber : Puji Syukur nomer 87

Doa Malam Natal dalam Agama Kristen dan Katolik
Doa Malam Natal dalam Agama Kristen dan Katolik

Contoh Doa Syafaat Pada Hari Natal

Pujian kami kepada Tuhan, Ya Kristus sang juruselamat yang hidup. Tidak berhenti Engkau memberikan berkat bahagia untuk kami. Termasuk pada setiap kesedihan, keputusasaan, dan kebimbangan kami, Engkau selalu memberi harapan, penyertaan dan pertolongan setiap waktu.

Termasuk pada malam ini, kami mengucap syukur yang begitu besar kepada-Mu karena membiarkan kami dapat menyatakan kuasa-Mu di tengah-tengah dunia lewat kuasa pranatal pohon terang ini. Lihat kami, anak-Mu yang tulus mempersembahkan pujian dan sembahan kepada-Mu malam ini.

Ya Yesus, Bapa kami yang berada di sorga. Berkatilah kehidupan kami selaku anak-anak-Mu, berilah selalu pengharapan, kekuatan, kebijaksanaan, serta semangat untuk menjalankan tugas serta tanggung jawab kami baik dalam studi, pekerjaan, maupun pergaulan dengan sesama manusia.

Jadikanlah kami pendengar yang baik, pelaksana yang cekatan, dan karuniakan kepada kami umur yang panjang agar selalu dapat membalas jerih payah orangtua serta orang-orang yang terus mendukung kami di kala sulit.

Tuhan, berkatilah malam natal ini agar menjadi malam natal yang penuh kegembiraan, penuh sukacita, jauhkan orang-orang dari kesedihannya, berilah terang pada hati setiap orang. Bimbinglah bangsa dan negara kami agar menjadi lebih baik ke depannya.

Bapa yang baik, tidak lupa kami berdoa untuk keselamatan hingga akhir perayaan natal dan seterusnya. Masih banyak yang ingin kami sampaikan namun Engkau pasti lebih tahu pergumulan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus yang kuasa, kami berdoa. Amin.

Sekian artikel 5+ Doa Malam Natal dalam Agama Kristen dan Katolik, semoga bermanfaat. Salam.

Baca Juga:

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.