Download Gambar Jembatan Gantung Lengkap DWG AutoCAD

Download Gambar Jembatan Gantung Lengkap DWG AutoCAD

Download Gambar Jembatan Gantung Lengkap DWG AutoCAD – Jembatan didesain dengan mempertimbangkan aspek keadaan medan dan fungsi dari jembatan itu sendiri.

Hingga sekarang ada beberapa jenis jembatan yang sudah dibangun. Diantaranya : Jembatan Balok (Beam Bridges), Jembatan Rangka (Truss Bridges), Jembatan Lengkung/Busur (Arch Bridge),Jembatan Gantung ( Suspension Bridges), dan lain sebagainya.

Download Gambar Jembatan Gantung Lengkap DWG AutoCAD
Download Gambar Jembatan Gantung Lengkap DWG AutoCAD

Pengertian Jembatan Gantung

Jembatan gantung adalah jembatan yang berfungsi sebagai pemikul langsung beban lalu lintas yang melewati jembatan tersebut, terdiri dari lantai jembatan, gelagar pengaku, batang penggantung, kabel pemikul dan pagar pengaman.

Seluruh beban lalu lintas dan gaya-gaya yang bekerja dipikul oleh sepasang kabel pemikul yang menumpu di atas 2 pasang menara dan 2 pasang blok angkur Surat Edaran Menteri PU, 2010.

Tipe jembatan ini sering digunakan untuk jembatan bentang panjang. Pertimbangan pemakaian tipe jembatan gantung adalah dapat dibuat untuk bentang panjang tanpa pilar ditengahnya.

Jembatan gantung terdiri atas pelengkung penggantung dan batang penggantung hanger dari kabel baja, dan bagian yang lurus berfungsi mendukung lalu lintas dek jembatan.

Selain bentang utama, biasanya jembatan gantung mempunyai bentang luar side span yang berfungsi untuk mengikat dan mengangkerkan kabel utama pada blok angker.

Walaupun pada kondisi tertentu terdapat keadaan dimana kabel utama dapat langsung diangkerkan pada ujung jembatan dan tidak memungkinkan adanya bentang luar, bahkan kadangkala tidak membutuhkan dibangunnya pilar.

Jembatan Gantung merupakan salah satu tipe jembatan yang sering digunakan untuk jembatan pejalan kaki dengan bentang panjang.

Jembatan gantung pejalan kaki adalah jenis Jembatan gantung yang hanya boleh dilewati oleh lalu lintas pejalan kaki, dan kendaraan ringan seperti sepeda, gerobak, motor dan maksimum kendaraan bermotor ringan dengan roda tiga dalam keadaan darurat.

Jenis-Jenis Jembatan Gantung

Jenis Jembatan Gantung Suspension Bridge dibagi berdasarkan aspek tertentu. Berkaitan dengan bentang luar side span terdapat jenis bentuk struktur jembatan gantung sebagai berikut:

  1. Bentuk bentang War bebas side span free

Pada jenis jembatan ini bentang luardan kabel utama tidak menahan atau dihubungkan dengan lantai jembatan oleh hanger penggantung, jadi tidak ada hanger pada bentang luar. Disebut juga dengan tipe straight backstays atau kabel utama pada bentang luar berbentuk lurus.

  1. Bentuk bentang luar digantungi side span suspended

Pada jembatan gantung bentuk ini kabel utama pada bentang luar menahan struktur lantai jembatan dengan dihubungkan oleh hanger.

Sedangkan menurut Steiveman 1953 membedakan jembatan gantung menjadi 2 jenis yaitu:

a. Jembatan gantung tanpa pengaku

Jembatan gantung tanpa pengaku adalah tipe jembatan gantung dimana seluruh beban sendiri dan lalu lintas didukung penuh oleh kabel. Hal ini dikarenakan tidak terdapatnya elemen struktur kaku pada jembatan. Jembatan gantung tanpa pengaku hanya digunakan untuk struktur yang sederhana bukan untuk struktur yang rumit dan berfungsi untuk menahan beban yang terlalu berat, karena tidak adanya pendukung lantai jembatan yang kaku atau kurang memenuhi syarat untuk diperhitungkan sebagai struktur kakubalok menerus.

b. Jembatan gantung dengan pengaku

Jembatan dengan pengaku adalah tipe jembatan gantung dimana pada salah satu bagian stukturnya mempunyai bagian yang lurus yang berfungsi untuk mendukung lantai lalu lintasdek. Dek pada jembatan gantung jenis ini biasanya berupa struktur rangka, yang mempunyai kekuatan EI tertentu.

Jembatan gantung dengan pengaku mempunyai dua dasar bentuk umum, yaitu:

  • Tipe rangka batang kaku stiffening truss Pada tipe ini jembatan mempunyai bagian yang kaku atau diperkaku yaitu pada bagian lurus pendukung lantai jembatan atau dek yang dengan hanger dihubungkan dengan kabel utama.

     

  • Tipe rantai kaku braced chain Pada tipe ini bagian yang kaku atau diperkaku adalah bagian yang berfungsi sebagai kabel utama.

Keunggulan jembatan gantung dibandingkan dengan jembatan lainnya, antara lain, memiliki nilai estetika dan memiliki bentang relatif panjang untuk melewati sungai atau jurang dimana pemasangan tiang-tiang penyangga secara menerus dengan bentang pendek tidak dimungkinkanAnggraeni I.,2008.

Tipe jembatan ini mampu digunakan pada bentang 100 – 2000 m. Dimana lebar untuk jalan masuk dan lintasan untuk tipe jembatan pejalan kaki yang berbeda dan tingkat-tingkat lalu lintas terdiri dari dua lebar standar, yaitu:

a. 1 m sampai dengan 1,4 m untuk pejalan kaki,sepeda, hewan ternak,sekawanan hewan,gerobak dorong beroda satu dan beroda dua, dan motor jembatan pejalan kaki kelas II.

b. 1,4 m sampai dengan 1,8 m untuk kendaraan yang ditarik hewan dankendaraan bermotor ringan dengan maksimum roda tiga jembatan pejalan kaki kelas I. Lebar ini hanya akan memberikan akses satu arah pada beberapa tipe lalulintas danperingatan yang sesuai harus diletakkan pada setiap ujung jembatan.

Untuk jembatan kelasI dianjurkan agar lantai jembatan dibuat dengan lebar 1,8 m untuk memberikan akseskendaraan bermotor ringan dengan maksimum roda tiga, tetapi kendaraan yang lebih besarharus dicegah, misalnya dengan memasang tiang besi atau patok di ujung jembatan.

Bagian Jembatan Gantung

Struktur Atas

Terdiri atas : gelagar/ struktur jembatan, lantai borders & railing, pylon, wire rope utama/ ikatan angin dan hanger.

Struktur Bawah

Terdiri atas : abutment (pangkal jembatan) yaitu pondasi pylon, pondasi angkur utama dan pondasi ikatan angin.

Bangunan Pelengkap

Terdiri atas : oprit, retaining wall (dinding penahan tanah), slope protection (pelindung lereng), rambu-rambu dan papan perhatian.

KOMPONEN JEMBATAN GANTUNG

KOMPONEN JEMBATAN GANTUNG
KOMPONEN JEMBATAN GANTUNG
  • Lantai
  • Railing
  • Wire Rope Utama
  • Hanger
  • Roller
  • Pylon
  • Ikatan Angin
  • Gelagar/ Struktur Jembatan

Download Gambar Jembatan Gantung Lengkap DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download Gambar Jembatan Gantung Lengkap DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.