Download Modul Laporan Praktikum Beton File Doc [LENGKAP]

Download Modul Laporan Praktikum Beton File Doc [LENGKAP]

Download Modul Laporan Praktikum Beton File Doc [LENGKAP]Beton adalah salah satu bahan bangunan yang diakui paling kokoh dan sangat cocok digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang besar seperti konstruksi jembatan, jalan raya, hingga bangunan bertingkat. Beton adalah material yang terbuat dari campuran agregat halus dan kasar seperti pasir serta kerikil, kemudian dicampurkan bahan lain yang bersifat mengikat salah satunya adalah air.

Download Modul Laporan Praktikum Beton File Doc [LENGKAP]
Download Modul Laporan Praktikum Beton File Doc [LENGKAP]

Campuran dari bahan-bahan berkualitas tersebut akan mengeras karena reaksi kimia antara bahan campuran dan air sehingga menghasilkan beton. Proses produksi beton adalah sulit karena selain mencampurkan material dasarnya, campuran tersebut harus dilakukan pengadukan secara konsisten dan terus-menerus.

Hal tersebut bertujuan agar beton segar yang dihasilkan lebih halus, mudah dituang, dan tidak ada residu bahan yang masih terlihat seperti pasir atau kerikil yang belum tercampur dengan baik.

Beton berkualitas baik harus tahan lama, kedap air, kokoh, tidak mudah menyusut, dan lebih tahan lama. Beton adalah material bangunan yang memiliki beberapa jenis sesuai dengan penggunaannya.

Macam-macam Jenis Beton

Berikut beberapa jenis beton yang sering digunakan:

Beton Mortar

Nama mortar pada beton adalah bahan yang dicampurkan dalam membuat beton ini yaitu mortar, pasir, dan air.

Mortar sendiri umumnya terdapat tiga jenis yang bisa digunakan sebagai campuran yakni semen, lumpur, dan kapur.

Beton mortar dikenal memiliki kekuatan tarik yang sangat baik.

Mortar beton banyak digunakan sebagai material plester dinding dan acian pada sebuah bangunan rumah maupun sebagai perekat pasangan bata merah atau hebel.

Beton Bertulang

Tulang pada beton adalah perpaduan dari beton dan juga tulangan baja atau wiremesh.

Perpaduan tersebut bertujuan agar beton yang telah memiliki gaya tekan yang baik, dapat diimbangi dengan gaya tarik yang baik pula.

Oleh karena itu, tulangan baja ditanamkan pada beton agar gaya tarik beton meningkat.

Fungsi beton bertulang yakni dipasang pada kolom bangunan, konstruksi jembatan dan kolom lantai.

Beton Prategang

Beton adalah suatu komponen bangunan yang kuat dan kokoh. Namun disisi lain tetap memiliki nilai minus yaitu mudah retak ketika harus menahan beban yang besar. Beton prategang pada dasarnya mirip dengan beton bertulang, hanya saja tulangan baja sebelum dicampurkan pada beton harus ditegangkan terlebih dahulu.

Oleh karena itu perpaduan beton dan tulangan baja yang telah di tegangkan akan menghasilkan beton yang mampu menahan tekanan beban yang besar. Beton prategang biasa digunakan sebagai penyangga struktur bangunan yang mempunyai bentang lebar.

Beton Pracetak

Beton pracetak atau yang lebih dikenal dengan sebutan beton precast adalah suatu bahan bangunan yang dicetak menggunakan bahan baku beton dengan menggunakan sebuah bekisting beton.

Proses pencetakannya dilakukan pada sebuah pabrik beton seperti halnya Asiacon yang bergerak sebagai perusahaan beton precast.

Untuk jenis produk serta fungsinya cukup banyak sekali, namun kami tidak akan mengupas materi tersebut pada halaman ini.

Download Modul Laporan Praktikum Beton File Doc [LENGKAP]

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download Modul Laporan Praktikum Beton File Doc [LENGKAP], bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
 
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
 
Baca Juga:

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.