Download Script AutoCAD untuk Strip Map File Excel

Download Script AutoCAD untuk Strip Map File Excel

Download Script AutoCAD untuk Strip Map File Excel – Gambar stripmap ini berfungsi untuk menggambarkan atau menginformasikan kondisi ruas jalan existing maupun yang akan dikerjakan sesuai dengan kondisi saat ini. Gambar stripmap dibuat dengan format Simple Flat dengan interval stasioner 50-100 meter dan panjangnya sesuai panjang penanganan.

Download Script AutoCAD untuk Strip Map File Excel
Download Script AutoCAD untuk Strip Map File Excel

Misalkan saja dalam contoh mengedit nilai Stasioner (Sta) atau Kilometer (Km) pada gambar stripmap penanganan jalan.

ikutilah langkah-langkah dibawah ini..

  1. Buka Ms. Excell, lalu buat format seperti petunjuk angka 1 sampai angka 6.
  1.  Pada tulisan “STA” tertulis 0 + 050, angka tersebut ditulis di cell C11, D11, E11. STA merupakan singkatan dari stationer yang nantinya akan dimasukkan ke autocad.
  2. Pada tulisan “Penggabungan” merupakan penggabungan dari cell C11, D11 dan E11. Dengan menulis rumus=C11&” “&D11&” “&E11 sehingga mendapatkan hasil 0 + 050.
  3.   Pada tulisan “Interval” terdapat nilai X = 40 dan Y=50 ini maksudnya bahwa script autocad dimulai dari koordinat (0,50) dan jarak antar text di autocad 40 cm. Nilai X dan Y ini bisa dirubah sesuai kebutuhan, Agar tau perubahannya maka rubahlah nilai X dan Y tersebut.
  4. Pada tulisan “Jarak” terdapat nilai 40, nilai tersebut merupakan penjumlahan dengan rumus =H10+$H$3.
  5.   Pada tulisan “Script Autocad” ketik tulisan ini di cell J8 tanpa tanda kurung_layer make NO-STA c WHITE NO-STA LW 0.18 NO-STA L continuous NO-STA set NO-STA (ini untuk penulisan script di layer program autocad). Dan ketik juga tulisan ini di cell J9 tanpa tanda kurung _STYLE A-01 ARIAL 3 1 0 N N (ini untuk penulisan script Style Text pada program autocad)
  6.   Untuk nomor 6 merupakan penggabungan dengan rumus=”text j bc “&H11&”,”&$H$4&” 0 “&F11&””
  1. Ulangi cara diatas untuk sta 0+100 sampai 1+950 (saya memasukkan hanya sampai 1+950 saja karena ini hanya untuk contoh, kalau anda ingin menuliskan lebih dari 1+950 juga tidak masalah)

     

  2. Apabila semua rumus sudah dselesaikan, maka langkah selanjutnya adalah mengcopy Script autocad dari atas sampai bawah. Dalam contoh kali ini yang perlu dicopy adalah tulisan dari_layer make NO-STA c WHITE NO-STA LW 0.18 NO-STA L continuous NO-STA set NO-STA sampai dengan tulisan text j bc 1560,50 0 1 + 950.

     

  3. Selanjutnya buka program Notepad dan pastekan didalamnya. Lalu simpan file notepad dengan memberi nama dan akhiri dengan format .scr pada contoh kali ini saya memberi namalatihan1.scr

  4. Buka program autocad lalu klik Tools dan pilih Run Script, lalu pilih file notepad yang disimpan.

  5. Secara otomatis stasioner yang awalnya ditulis di ms. Excel dan disimpan di notepad muncul dengan sendirinya. Sekarang tinggal copy stasioner dengan perintah copy atau pindahkan dengan perintah move dan tempelkan pada stripmap.

  6. Selesai.

Menggunakan cara ini lebih praktis dan lebih efisien dari pada menulis stasioner secara manual. Seperti yang sudah sya terangkan diatas apabila menulis stasioner secara manual untuk ruas jalan dengan panjang 60 Km dan interval jarak 50 m bisa jadi 1 minggu baru selesai.

Download Script AutoCAD untuk Strip Map File Excel

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download Script AutoCAD untuk Strip Map File Excel, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
 
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
 
Dapatkan juga kumpulan file Pagar Lainya dibawah ini:

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang