Download Gambar Kerja Detail Menara Masjid+Pagar

  • Whatsapp

Gambar Detail Menara Masjid DWG AutoCAD+Pagar-Mesjid/musholla adalah bangunan spiritual yang mewadahi kegiatan dalam rangka beribadah kepada Allah. Alangkah baiknya jika bangunan tersebut juga bernilai pahala dalam arti tidak boros energi, ramah lingkungan, dan bernilai positif bagi komunitas sekitarnya.

Gambar Kerja Detail Menara Masjid DWG AutoCAD+Pagar
Gambar Kerja Detail Menara Masjid DWG AutoCAD+Pagar

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

Bacaan Lainnya

  1. Desain berdasarkan arah kiblat. Dengan demikian, orang akan dengan mudah mengetahui ke arah mana kiblatnya. Selain itu, area ruang sholat akan lebih banyak menampung jamaah. Pastikan sudah memverifikasi ke mana arah kiblat yang benar dengan yang ahli menentukan arah kiblat. Orientasi bangunan menyesuaikan arah kiblat sehingga bahkan dari google earth pun terlihat bahwa bangunan tersebut adalah sebuah mesjid.
  2. Utamakan sirkulasi udara alami.  Masjid adalah bangunan public yang berkapasitas banyak orang sehingga desain bangunan yang melancarkan sirkulasi udara alami mutlak diperlukan. Skema berikut menjelaskan beberapa prinsip mengalirkan udara. Bila lubang udara dikhawatirkan menjadi pintu masuk serangga atau tikus, gunakan kawat ram.
  3. Utamakan pencahayaan alami. Memasukkan cahaya alami, bisa dengan menggunakan genteng kaca atau jendela di atap. Bisa juga dengan menggunakan dinding dengan banyak jendela. Cara lain adalah dengan memantulkan sinar matahari melalui bidang di lantai atau bidang dinding berwarna cerah. Pilihlah teknik yang sesuai dengan daerah masjid berada, bila berada di daerah panas, utamakan cahaya matahari yang tidak langsung.

Hal lainnya adalah dengan memperhatikan ketebalan bangunan. Cahaya matahari bisa masuk hingga jangkauan sekitar 4 meter. Bila suatu ruangan tertutup dinding, gunakan dinding yang bisa tembus cahaya (tidak harus transparan). Bisa dengan menggunakan dinding dengan kaca buram atau glass block.

  1. Kamar mandi dan tempat wudhu bersih dan tidak lembab.

Agar kamar mandi dan tempat wudhu bersih, bebas bau dan tidak lembab, perhatikan sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari. Sangat dianjurkan setiap kamar WC mendapat sinar matahari langsung dan bukaan (jendela) kecil yang langsung bersentuhan dengan udara luar.

  1. Perhatikanlah penutup aurat dan pisahkanlah sirkulasi ikhwan dan akhwat

Pastikan dari awal di mana akhwat dan ikhwan berwudhu dan di mana lokasi sholatnya. Pastikan tempat wudhu akhwat tertutup dari pandangan orang di luar. Bisa dengan memainkan letak pintu dan dinding.

  1. Memfasilitasi kegiatan social lain selain kegiatan ibadah langsung kepada Allah.

Tak jarang, sebuah masjid sepi tatkala bukan waktu awal sholat. Bisa jadi sebuah masjid juga menjadi pusat pendidikan untuk warga sekitarnya, bisa dengan penambahan perpustakaan public atau sebagian ruang sholatnya dapat digunakan untuk berbagi ilmu, missal kursus bahasa arab, penyuluhan kesehatan dan lain sebagainya. Juga dengan ruang terbuka luarnya yang serbaguna untuk kebaikan.

  1. Memberi ruang untuk tanaman hidup.

Sebuah masjid baiknya memberi ruang untuk tanaman dan area resapan air agar masjid menjadi bangunan yang ramah lingkungan. Bila menanam pohon kurang memungkinkan, bisa dengan menanam tanaman perdu atau tanaman rambat yang beragam contohnya dalam blog ini. Area resapan air bisa berupa tanah biasa, batu-batu kali, grass block dan lain-lain selain perkerasan. Menyisakan ruang untuk rumput tumbuh pun sebuah ide yang bagus.

Gambar Detail Menara Masjid DWG AutoCAD+Pagar

Gambar Kerja Detail Menara Masjid DWG AutoCAD+Pagar
Gambar Detail Menara Masjid DWG AutoCAD+Pagar

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Download Gambar Kerja Detail Menara Masjid+Pagar . Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 21 Mei 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *