Download Kumpulan Gambar Detail Pondasi Format Autocad DWG

  • Whatsapp

Gambar Detail Pondasi Autocad DWG Terbaru 2021 – Pondasi adalah suatu konstruksi pada bagian dasar struktur bangunan yang berfungsi untuk meneruskan beban yanga diakibatkan struktur pada bagian atas kepada lapisan tanah yang berada pada bagian bawah struktur tanpa mengakibatkan keruntuhan geser tanah, dan penurunan tanah pondasi yang berlebihan.

Gambar Detail Pondasi Format Autocad DWG
Gambar Detail Pondasi Format Autocad DWG

Tanah selalu mempunyai peranan yang penting pada suatu lokasi pekerjaan konstruksi.Tanah adalah pondasi pendukung bangunan, atau bahan konstruksi dari bangunan itu sendiri. Mengingat hampir semua bangunan itu dibuat diatas atau dibawah permukaan tanah, maka harus dibuat pondasi yang dapat memikul beban bangunan itu atau gaya yang berkerja pada bangunan itu.

Bacaan Lainnya

Pondasi sebagai struktur bawah dapat di bagi dua yaitu pondasi dalam dan pondasi dangkal.Pemilihan tipe pondasi ini tergantung kepada struktur atau beban di atasnya termasuk beban ringan atau beban berat dan bergantung terhadap kondisi tanah di sekitarnya.

Maka dari itu untuk beban ringan dan kondisi tanah baik biasanya digunakan pondasi dangkal,dan untuk beban yang berat digunakan pondasi dalam. Dalam merencanakan pondasi untuk suatu konstruksi dapat di pilih tipe pondasi untuk itu kami pemateri ingin menyampaikan jenis jenis pondasi sesuai dengan kegunaan nya.

Pengertian dan Fungsi Pondasi

Pondasi bangunan adalah kontruksi yang paling terpenting pada suatu bangunan. Karena pondasi berfungsi sebagai “penahan seluruh beban (hidup dan mati ) yang berada di atasnya dan gaya – gaya dari luar”.

Pondasi merupakan bagian dari struktur yang berfungsi meneruskan beban menuju lapisan tanah pendukung dibawahnya.Dalam struktur apapun, beban yang terjadi baik yang disebabkan oleh berat sendiri ataupun akibat beban rencana harus disalurkan ke dalam suatu lapisan pendukung dalam hal ini adalah tanah yang ada di bawah struktur tersebut.

Beton bertulang adalah material yang paling cocok sebagai pondasi untuk struktur beton bertulang maupun bangunan baja, jembatan, menara, dan struktur lainnya.Beban dari kolom yang bekerja pada pondasi ini harus disebar ke permukaan tanah yang cukup luas sehingga tanah dapat memikul beban dengan aman.Jika tegangan tekan melebihi tekanan yang diizinkan, maka dapat menggunakan bantuan tiang pancang untuk membantu memikul tegangan tekan pada dinding dan kolom pada struktur.

Persyaratan Pemasangan Pondasi

Dengan memperhatikan faktor-faktor dalam pemilihan tipe pondasi terdapat juga Syarat-syarat umum dari pondasi yaitu :

  1. Kedalaman harus memadai untuk menghindarkan pergerakan tanah lateral dari bawah pondasi khususnya untukpondasi telapak dan pondasi rakit.
  2. Kedalaman harus berada dibawah daerah perubahan volume musiman yang disebabkan oleh pembekuan, pencairan dan pertumbuhan tanaman.
  3.  Sistem harus aman terhadap penggulingan, rotasi, penggelinciran atau pergeseran tanah.
  4. Sistem harus aman terhadap korosi atau kerusakan yang disebabkan oleh bahan berbahaya yang terdapat didalam tanah.
  5.  Sistem harus mampu beradaptasi terhadap beberapa perubahan geometri konstruksi atau lapangan selama proses pelaksanaan perlu dilakukan.
  6. Metode pemasangan harus seekonomis mungkin.
  7. Pergerakan tanah keseluruhan dan pergerakan diferensial harus dapat ditolerir dan elemen pondasi dan elemen bangunan atas.
  8. Pondasi dan konstruksinya harus memenuhi syarat standar untuk perlindungan lingkungan.

Gambar Detail Pondasi Autocad DWG Terbaru 2021

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

Baca Juga:

Sekian informasi sepuatar Download Kumpulan Gambar Detail Pondasi Format Autocad DWG. Semoga bermanfaat. Salam.

Last Update: 21 Mei 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *