Kode Bank BTN dan Nomor Call Center BTN

  • Bagikan

Kode Bank BTN dan Nomor Call Center BTN – Bank BTN atau Bank Tabungan Negara memiliki aset lebih dari Rp 130 Triliun dan jumlah karyawan mencapai lebih dari 8000 orang.

Bank BTN dimiliki oleh beberapa pemegang saham yang mayoritas adalah Pemerintah Republik Indonesia sebesar 60%. Sementara sisanya 39% dimiliki publik dengan komposisi 36% Domestik dan 63% dimiliki Investor asing.

Bank BTN mempunyai jaringan pelayanan yang mencakup lebih dari 1.400 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Per Maret 2013, Bank BTN memiliki 3 kantor wilayah, 65 kantor cabang, 223 kantor cabang pembantu, 479 kantor kas, 50 unit usaha syariah, dan 2.922 gerai kantor pos online.

Penghargaan yang telah diterima antara lain :

  • The Most Trusted Companies 2013 dari Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG)
  • Indonesia Brand Champions Award 2013 untuk kategori Most Preferred Residential Property Developer Brand dan Most Preferred KPR Brand
PT Bank Tabungan Negara ( Persero ) Tbk
PT Bank Tabungan Negara ( Persero ) Tbk

Direksi:

  • Direktur Utama: Maryono
  • Direktur: Hulmansyah
  • Direktur: Rico Rizal Budidarmo
  • Direktur: Irman Alvian Zahiruddin
  • Direktur: Mansyur Syamsuri Nasution
  • Direktur: Sri Purwanto
  • Direktur: Iman Nugroho Soeko

Alamat Kantor Pusat : Menara Bank BTN, Jl. Gajah Mada No.1 , Jakarta 10130

No Telepon / Email : 1500 286

Kode Bank BTN dan Nomor Call Center BTN
Kode Bank BTN dan Nomor Call Center BTN

Biografi

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. atau biasa dikenal dengan BTN adalah sebuah perseroan terbatas yang bergerak di bidang penyedia jasa perbankan.

Bank ini merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang pertama kali didirikan pada tahun 1987.

Saat itu bank ini masih bernama Postspaar Bank yang terletak di Batavia. Selanjutnya Jepang membekukan kegiatan bank tersebut dan mengganti nama menjadi Chokin Kyoku.

Pemerintah Indonesia mengambil alih dan mengubah namanya kembali menjadi Bank Tabungan Pos sesuai dengan Undang-Undang Darurat Nomor 9 Tahun 1950.

Beberapa tahun berselang tepatnya pada tahun 1963, bank ini kembali berganti nama menjadi Bank Tabungan Negara atau biasa dikenal dengan BTN.

Lima tahun setelah itu, bank ini beralih status menjadi bank milik negara melalui Undang-Undang Nomor 20 tahun 1964. Pada tahun 1974 BTN menawarkan layanan khusus yang bernama KPR atau kredit pemilikan rumah.

Layanan ini dikhususkan pada BTN oleh Kementerian Keuangan dengan dikeluarkannya surat pada tanggal 29 Januari 1974. Layanan ini pertama kali dilakukan pada tanggal 10 Desember 1976.

Selanjutnya pada tahun 1989 BTN juga telah beroperasi menjadi bank umum dan mulai menerbitkan obligasi. Pada tahun 1992 status hukum BTN berubah menjadi perusahaan perseroan (Persero).

Selain itu, dua tahun berselang tepatnya pada tahun 1994, BTN juga memiliki izin sebagai Bank Devisa.

Keunggulan dari BTN terlihat pada tahun 2002 yang menempatkan BTN sebagai bank umum dengan fokus pinjaman tanpa subsidi untuk perumahan.

Hal ini dibuktikan dengan keluarnya surat dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tanggal 21 Agustus 2002.

Pada tahun 2003 BTN melakukan restrukturisasi perusahaan. Restrukturisasi perusahaan yang dilakukan secara menyeluruh tersebut telah tertulis dalam persetujuan RJP berdasarkan surat Menteri BUMN tanggal 31 Maret 2003 dan Ketetapan Direksi Bank BTN tanggal 3 Desember 2004.

Tak berhenti sampai di sana, pada tahun 2008 BTN juga yang telah melakukan pendaftaran transaksi Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK Eba) di Bapepam. Bank BTN merupakan  bank pertama di Indonesia yang berhasil melakukannya.

Selanjutnya pada tahun 2009, BTN melakukan pencatatan perdana dan listing transaksi di Bursa Efek Indonesia.

Dengan visi “menjadi bank yang terkemuka dalam pembiayaan perumahan” Bank BTN nyatanya telah menjadi salah satu bank terkemuka di Indonesia.

Kode Bank BTN Sekarang Ini

Kode Bank BTN

Buat kamu yang ingin melakukan transaksi finansial ke rekening BTN dari mesin ATM maka kamu akan membutuhkan kode bank untuk melangsungkan sistem transaksinya. Kode bank BTN sekarang ini adalah 200.

Call Center Bank BTN

Hubungi BCA Bank Call Center : 1500286

Kode SWIFT Bank BTN

Untuk Swift Code (BIC) Bank BTN adalah BTANIDJA.

Baca Juga:

Last Update: 8 Juni 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *