Pantai Mbu’u Nanganesa Wisata Bahari di Pusat Kota Ende

  • Whatsapp

Pantai Mbu’u Nanganesa Wisata Bahari di Pusat Kota Ende – Hanya sedikit orang yang tahu pantai ini, tetapi keunikannya adalah yang mengundang tim eksplorasi Indonesia untuk datang ke pantai ini. Terletak sekitar 5 km dari pusat kota Ende dan dapat dicapai dalam 15 menit dengan transportasi umum atau kendaraan bermotor. Pantai Mbu’u terletak di belakang Bandara H. Hasan Aroeboesman di Ende. Seperti Pantai Ria, penduduk Ende umumnya menjadikan Pantai Mbu’u sebagai alternatif kunjungan di akhir pekan.

Pantai Mbu'u Nanganesa Wisata Bahari di Pusat Kota Ende
Pantai Mbu’u Nanganesa Wisata Bahari di Pusat Kota Ende

Salah satu pantai dengan pemandangan indah dan mudah diakses dari kota Ende adalah Pantai Mbu’u, Nanganesa. Satu-satunya hal tentang pantai ini adalah bahwa pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan laut dan angin sepoi-sepoi, tetapi juga dapat melihat aktivitas wanita mencari batu untuk diekstraksi dan di bebatuan.

Bacaan Lainnya

Padahal, bagi sebagian warga Ende, Pantai Mbu’u sebenarnya tidak terlalu istimewa. Sebaliknya, kegiatan sehari-hari terdiri dari penggalian batu dan pasir. Bahkan tidak jauh dari tambang pasir, ada rawa genangan di mana kerbau mencari rumput di sekitar daerah itu. Ini adalah sudut pandang yang berbeda yang biasanya tidak kita lihat di sebagian besar pantai pada umumnya.

Namun, Pantai Mbu’u dapat digunakan sebagai alternatif wisata yang cukup kondusif untuk mengadakan kegiatan rekreasi mingguan bagi masyarakat perkotaan di sekitar Ende. Pengunjung dapat memancing, berenang, atau sekadar mengobrol dengan keluarga sambil menikmati hidangan kelapa muda. Sambil menikmati angin sepoi-sepoi dari kejauhan, kesibukan nelayan mencari ikan juga menghiasi panorama yang indah dan Pantai Mbu’u yang indah.

Dari pantai ini, pulau-pulau Koa dan Gunung Meja sangat dekat dengan lokasi dan menambah pemandangan indah Pantai Mbu’u. Tidak hanya itu, dari pantai ini, pengunjung juga dapat leluasa melihat Pegunungan Iya dan Wongge, yang memiliki “sejarah unik” bagi masyarakat Ende.

Baca juga:

Menurut cerita rakyat yang dikembangkan di Ende, Meja, iya dan Wongge adalah tiga Ende muda yang terlibat dalam cinta segitiga. Singkat cerita, akhirnya ditransformasikan menjadi tiga gunung. Selain cerita legendaris, keindahan tiga lanskap gunung akan memungkinkan pengunjung untuk tidak segera melepaskan kamera dan menangkap momen paling indah yang bisa terjadi.

Salah satu atraksi lain dari Pantai Mbu’u adalah pemandangan matahari terbit di balik tepi bukit di pagi hari. Ditemani oleh arus air, pepohonan, bebatuan dan deretan bukit yang nampak sangat tinggi tentu akan menambah keindahan pemandangan pantai Mbu’u.

Sebagai lukisan sederhana yang sangat mahal, Pantai Mbu’u adalah tujuan yang dipilih oleh pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alam Ende. Suasana pantai yang tenang yang cukup jauh dari keramaian akan membuat pengunjung betah berlama-lama di Pantai Mbu’u.

Last Update: 8 Juni 2021

Artikel Menarik Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *