Home Kabupaten Rote Ndao Pantai Oeseli Rote, Eksotisme dari Selatan Indonesia

Pantai Oeseli Rote, Eksotisme dari Selatan Indonesia

Terletak di desa Oeseli, di Kecamatan Rote Barat Daya, pantai ini akan dikunjungi oleh muda mudi desa setempat selama liburan.

28
0
Jajaran pohon kelapa di sekitar Oeseli menambah kesan asri dan sejuk
Jajaran pohon kelapa di sekitar Oeseli menambah kesan asri dan sejuk

Semakin Anda menjelajahi sudut Rote di selatan Indonesia, semakin banyak pesona dan potensi keindahan alamnya yang akan menarik untuk dijelajahi. Dekat dengan Pantai Bo’a dan Pantai Nembrala, yang terkenal dengan ombak tingginya sampai terkenal sampai internasional, ada pantai-pantai dengan perairan yang sangat tenang, yang disebut Pantai Oeseli.

Letaknya cukup jauh dari Nemberala, yakni sekitar 20 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam
Letaknya cukup jauh dari Nemberala, yakni sekitar 20 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam

Dikelilingi dan didekorasi dengan bebatuan yang ditumpuk, pantai ini memiliki bentuk teluk pasir putih dan air yang sangat jernih, bersih dan tidak terpolusi. Lokasinya yang berada di tepi pulau membuat pantai ini sedikit tersembunyi, sehingga banyak orang mengabaikannya. Tidak banyak turis lokal dan asing di pantai ini.

Mayoritas masyarakat setempat yang berada di sekitar Oeseli, berprofesi sebagai petani rumput laut
Mayoritas masyarakat setempat yang berada di sekitar Oeseli, berprofesi sebagai petani rumput laut

Terletak di desa Oeseli, di Kecamatan Rote Barat Daya, pantai ini akan dikunjungi oleh muda mudi desa setempat selama liburan. Berbeda dengan Bo’a dan Nemberala, yang unik, Pantai Oeseli cenderung lebih tenang dengan ombak yang tidak besar, sehingga sangat nyaman untuk berenang atau hanya bermain di air.

Pantai Oeseli adalah sebuah pantai pasir putih yang dihiasi dengan banyak batu cadas
Pantai Oeseli adalah sebuah pantai pasir putih yang dihiasi dengan banyak batu cadas

Akses ke tempat-tempat wisata Pantai Oeseli

Akses ke Pulau Rote dari Kupang dapat diperoleh melalui udara atau laut, dengan penjelasan terperinci berikut:

  1. Melalui udara, pengunjung dapat menerbangkan pesawat dari Bandara El Tari Kupang ke Bandara Lekunik Rote, menggunakan maskapai penerbangan yang melayani Kupang-Rote-Kupang, Trans Nusa dan Susi Air, dengan biaya sekitar Rp.200.00 hingga Rp.300.000. Jadwal adalah 3 kali seminggu, yaitu Senin, Rabu dan Jumat / Sabtu (jadwal dapat berubah tergantung pada situasi dan kondisi cuaca).
  2. Melalui laut, ada 2 pilihan kapal alternatif, yaitu menggunakan kapal lambat (feri) dan kapal cepat (kapal motor). Jika pengunjung memilih menggunakan kapal feri, waktu keberangkatan adalah pukul 08:00 WITA dari Pelabuhan Bolok, Kupang, lalu berlabuh di Pelabuhan Pantai Baru, Rote. Penyeberangan memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam (tergantung pada kondisi cuaca dan laut). Biaya untuk menyeberangi feri reguler Kupang-Rote adalah Rp.54.000 per orang. Bagi pengunjung yang ingin membawa kendaraan bermotor dari Kupang, akan dikenakan biaya Rp.116.000 (untuk biaya seseorang dan sepeda motor). Dan bagi mereka yang memilih tempel alternatif yang berangkat dari pelabuhan Tenau, Kupang, dengan waktu keberangkatan pukul 08:00 WITA. Perjalanan dengan kapal motor memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam tergantung pada angin dan ombak di laut.Harga kapal cepat sekitar Rp. 160.000 untuk kelas ekonomi dan Rp.190.000 untuk kelas bisnis.
Pantai Oeseli cenderung lebih tenang dibandingkan dengan Nembrala dan Bo'a, sehingga sangat cocok digunakan untuk berenang
Pantai Oeseli cenderung lebih tenang dibandingkan dengan Nembrala dan Bo’a, sehingga sangat cocok digunakan untuk berenang

Setibanya di pelabuhan Pantai Baru (Rote Ndao), pengunjung dapat melanjutkan perjalanan mereka ke kota Ba’a, kota berpenduduk kecil yang dapat dianggap sebagai pusat kota Pulau Rote. Jarak dari Pelabuhan Pantai Baru ke Kota Ba’a adalah sekitar 45 menit, dengan kondisi jalan beraspal yang mulus.

Pantai Oeseli terletak di Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, NTT
Pantai Oeseli terletak di Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, NTT

Untuk sampai ke Pantai Oeseli, pengunjung dapat menggunakan layanan perjalanan atau menyewa ojek dengan harga mulai dari Rp.100.000 hingga Rp.150.000 , karena jaraknya cukup jauh dari kota Ba’a, sekitar 3 jam dengan mobil. Keadaan jalan menuju pantai cukup bervariasi. Dalam perjalanan dari Ba’a ke Desa Oenitas di Distrik Rote Barat, kondisinya ringan dan bebas masalah. Selain itu, dari kota Oenitas ke Nemberala dan Oeseli, kondisi jalannya serius dan sedikit berongga.

Untuk mencapai Teluk Pantai Oeseli, waktu tempuhnya adalah sekitar 3 jam dari Kota Ba'a
Untuk mencapai Teluk Pantai Oeseli, waktu tempuhnya adalah sekitar 3 jam dari Kota Ba’a

Terletak hanya 3 km dari pantai Bo’a, di sepanjang jalan menuju ke tempat ini, Anda akan menemukan banyak bukit karang yang ditutupi oleh pohon kerdil yang terlihat seperti bonsai. Segera Anda akan datang ke tempat yang dikelilingi oleh batu-batu seperti pintu besar. Sebelumnya, Anda akan melintasi kota yang dipenuhi alga kering di sepanjang jalan. Karena lokasinya di tepi laut.

Di sepanjang jalan menuju Oeseli, banyak dijumpai bukit karang yang ditumbuhi pepohonan kerdil
Di sepanjang jalan menuju Oeseli, banyak dijumpai bukit karang yang ditumbuhi pepohonan kerdil

Sebagian besar penduduk desa Oeseli bekerja sebagai petani rumput laut dan juga menghasilkan air gula.

Tidak ada fasilitas pendukung di pantai, hanya ada beberapa kios kecil di kampung yang menjual minuman dan makanan ringan. Akomodasi juga tidak tersedia di Oeseli. Bagi mereka yang ingin bermalam, mereka dapat pergi ke Nembrala, karena ada pilihan akomodasi lain dengan harga yang bervariasi.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Rote adalah selama musim kemarau, yang berlangsung dari Juni hingga Oktober, karena cuacanya sangat cerah bersama ombak Nembrala dan Bo’a, yang juga sangat baik, dan jadi sangat tepat untuk mengunjungi tempat wisata untuk berselancar.