Pulau Sumba dan Pesona Pantai Bawana (Banna) di Sumba Barat Daya

Pulau Sumba dan Pesona Pantai Bawana (Banna) di Sumba Barat Daya

Pulau Sumba dan Pesona Pantai Bawana (Banna) di Sumba Barat Daya, Jika Anda seorang traveller sejati, jangan lewatkan pantai-pantai di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tidak berlebihan jika di Pulau Sumba Anda akan menemukan surga di sepanjang pantainya.

Karena, Sumba adalah pulau yang memiliki banyak wisata, baik alam maupun budaya, dan memiliki banyak pesona. Indah dan sangat menawan, itu ungkapan yang pantas untuk dijelaskan, menggambarkan keindahan salah satu panorama alam Pulau Sumba. Panoraman alam yang dimaksud adalah sebuah pantai yang disebut dengan Pantai Bawana atau Pantai Banna.

Pulau Sumba dan Pesona Pantai Bawana (Banna) di Sumba Barat Daya
Pulau Sumba dan Pesona Pantai Bawana (Banna) di Sumba Barat Daya

Pantai Bawana Sumba atau yang biasa dikenal dengan Pantai Banna, adalah salah satu objek wisata pantai yang belum tersentuh oleh pembangunan. Pantai pasir putih yang dikelilingi oleh tebing tinggi adalah sisi lain yang menambah keindahan pantai ini.

https://www.instagram.com/p/CH13kEipNnP/

Karena merupakan daerah wisata yang masih alami, Pantai Bawana terkenal dengan lingkungannya yang bersih dan indah. Terlepas dari kenyataan bahwa pantai ini memiliki pemandangan yang tidak pernah bosan di mata, ini adalah keuntungan dari perjalanan yang melelahkan. Di pantai ini, batu tinggi dengan lingkaran menyerupai cincin yang terletak di pantai memberikan penampilan unik di pantai ini. Pantai ini juga cocok untuk peselancar dan pendaki.

https://www.instagram.com/p/CII8vz-Miba/

Pantai Banna terletak di kecamtan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dekat dengan objek wisata Pasola. Pasola adalah permainan kelincahan melempar lembing kayu di atas kuda yang dua kelompok saling berlawanan.

Daya tarik Pasola adalah bagian dari serangkaian upacara tradisional yang dilakukan oleh warga Sumba yang masih menganut agama asli mereka yang disebut Marapu. Objek wisata ini umumnya dilakukan di empat desa di Kabupaten Sumba Barat. Keempat desa tersebut diantaranya Kodi, Lamboya, Wonokaka dan Gaura. Implementasi Pasola di empat desa ini dilakukan secara bergiliran setiap tahun, antara bulan Februari dan Maret.

https://www.instagram.com/p/CPIigfcFtkT/

Untuk mencapai Pantai Bawana Sumba atau Pantai Banna, Anda akan membutuhkan waktu sekitar dua jam dari Tambolaka, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. Karena pantai ini masih cukup alami dan sedikit dikunjungi orang, jalan akses yang akan dilalui biasanya digunakan oleh masyarakat untuk pergi memancing.

Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini, Anda harus berjuang lagi: Anda harus melintasi jalur menurun yang sulit. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua, jarak yang ditempuh hanya 500 meter. Namun, jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 km untuk mencapai pantai ini.

Info sewa mobil: Harga sewa mobil sejenis Kijang ber-AC kalau hanya singgah di Tambolaka atau ke lokasi wisata yang dekat dapat Rp 500.000 sudah termasuk supir + BBM. Tapi bila jauh atau ke Bawana dapat sampai Rp 1 juta atau yang paling murah Rp 750.000.

Info tiket pesawat: Penerbangan Jakarta ke Tambolaka dilayani maskapai Garuda, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air. Tidak ada yang direct, paling tidak transit sekali. Harga tiket normal sekali jalan antara Rp 1,6 juta hingga Rp 4,2 juta.

Baca juga:

Peta Lokasi Pantai

gps coordinates finder

 

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.