Pantai Tarimbang Sumba, Meresapi Birunya Air Laut

  • Bagikan

Pantai Tarimbang terletak di Kecamatan Tabundung, selatan Kabupaten Sumba timur, Nusa Tenggara Timur. Pantai berpasir putih begitu luas dan sangat halus dengan kombinasi air laut biru menjadi campuran yang sangat indah dan menawan.

Singkatnya, pantai Tarimbang ini terlihat seperti teluk yang diapit oleh dua tebing. Tidak hanya itu, pantai ini juga dikelilingi oleh perbukitan hijau yang membuat suasana di sekitarnya lebih lengkap dalam keindahannya. Begitu tenang, kesan pertama yang akan Anda rasakan ketika Anda berada di pantai ini.

Pantai Tarimbang Sumba, Meresapi Birunya Air Laut
Pantai Tarimbang Sumba, Meresapi Birunya Air Laut

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Waingapu untuk mencapai Pantai Tarimbang, dibutuhkan sekitar 3 hingga 4 jam dengan kendaraan bermotor.

Akses ke tempat-tempat wisata Pantai Tarimbang

Ada dua alternatif untuk mencapai Pantai Tarimbang melalui Sumba Barat (Waikabubak) atau Sumba Timur (Waingapu). Untuk Waikabubak dan Waingapu, banyak maskapai menawarkan penerbangan ke dua kota ini dengan transit pertama ke Bali. Dari Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, Pantai Tarimbang berjarak sekitar 89 km. Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Waingapu, Anda dapat menyewa sepeda motor atau mobil terlebih dahulu karena tidak ada angkutan umum di daerah Tarimbang. Tarif sewa untuk mobil dengan pengemudi adalah antara Rp.500.000 dan Rp.600.000 dan untuk sewa sepeda motor, antara Rp.100.000 hingga Rp.150.000 per hari.

Batas Wilayah Sumba Timur yang ditandai dengan keberadaan tugu patung kuda

Ketika meninggalkan Waingapu, tujuan kami adalah mengikuti Jalan Penyeberangan Sumba di sebelah barat Sumba (Waikabubak). Sekitar 10 km dari pusat kota Waingapu, pengunjung akan melintasi perbatasan Waingapu yang ditandai dengan patung kuda di kanan dan kiri jalan. Perjalanan dari batas kota masih cukup jauh, Anda akan melintasi jalan trans-Sumba, yang diaspal tanpa masalah tetapi berliku-liku seperti huruf “S”.

Di tengah perjalanan, Anda akan melewati area Bukit Wairinding, yang mengindikasikan bahwa seperempat perjalanan telah dilakukan. Sekitar 50 km dari Waingapu, ada persimpangan yang biasa disebut persimpangan Praipaha. Dari sana, arahkan ke kiri kendaraan Anda mengikuti Tarimbang. Tidak seperti kondisi jalan di Trans Sumba, di mana aspal mulus, kondisi jalan di kabupaten ini cukup berbatu, jadi Anda, yang menggunakan sepeda motor, harus sangat berhati-hati saat berkendara.

Cukup jauh untuk pergi ke Pantai Tarimbang, tetapi jangan khawatir karena selama perjalanan, pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan kontur alam Sumba, terutama perbukitan eksotis di kanan dan kiri jalan.

Baca juga:

Dalam waktu sekitar satu setengah jam, Anda akan kembali menemukan persimpangan bernama Simpang Tarimbang, kemudian menggerakkan kendaraan Anda ke depan. Perjalanan satu jam lagi akan membawa Anda ke Jalan Pantai Tarimbang, yang dikelilingi dan tersembunyi di balik hutan yang indah.

Aktivitas yang harus dilakukan di Pantai Tarimbang

Sewa skateboard adalah kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung di pantai selain bermain di air, berenang dan bersantai sambil mengobrol dengan ombak. Bagi wisatawan lokal dan mancanegara yang gemar berselancar, keberadaan Pantai Tarimbang tentu saja menjadi magnet, karena tidak hanya ombak dan pemandangan yang indah, pengunjung juga akan merasakan di lingkungan yang sunyi sulit ditemukan di pantai lain.

Harga tiket (HTM) ke Pantai Tarimbang

Ini gratis

Fasilitas di sedkitar Pantai Tarimbang

Meski wisatawan memadati keberadaan Pantai Tarimbang, masih belum ada fasilitas pendukung di kawasan pantai ini. Inilah yang menjadi spesial dari Tarimbang dibandingkan dengan pantai lain. Kesan alami, liar, dan tidak konvensional ini tepat.

Last Update: 8 Juni 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *